kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,52   -7,59   -0.86%
  • EMAS928.000 -1,28%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wanita Hong Kong pecahkan rekor tercepat mendaki Gunung Everest, ini catatan waktunya


Selasa, 01 Juni 2021 / 11:50 WIB
Wanita Hong Kong pecahkan rekor tercepat mendaki Gunung Everest, ini catatan waktunya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kathmandu. Pemegang rekor wanita tercepat mendaki Gunung Everest berganti. Tsang Yin-hung, warga Hong Kong menjadi pemecah rekor wanita tercepat mendaki Gunung Everest.

Tsang Yin-hung, pendaki gunung asal Hong Kong, berhasil memecahkan rekor dunia wanita tercepat yang mendaki Gunung Everest, dengan waktu tak sampai 26 jam. Pecahnya rekor dunia mendaki Gunung Everst itu diumumkan ofisial di Nepal pada Kamis (27/5/2021).

Tsang (44) memecahkan rekor mendaki Gunung Everest setinggi 8.846,86 meter (29.031) kaki dalam catatan waktu 25 jam 50 menit pada Minggu (23/5/2021), kata petugas hubungan pemerintah di base camp Everest, Gyanendra Shrestha. "Dia beranjak dari base camp pukul 13.20 pada Sabtu dan mencapai (puncak) pada pukul 15.10 hari berikutnya," ujar Shrestha kepada AFP.

Namun Tsang masih perlu menunjukkan klaimnya kepada Guinness World Records untuk menerima sertifikasi atas prestasinya. Pemerintah Nepal hanya menyatakan pendaki sudah mencapai puncak, tetapi tidak mengeluarkan sertifikasi sebagai pemecah rekor mendaki Gunung Everest..

Tsang dan penyelenggara ekspedisinya yang saat itu dalam perjalanan ke Kathmandu belum berkomentar. Wanita tercepat yang menaklukkan Gunung Everest sebelumnya adalah Phunji Jhangmu Lama asal Nepal dengan waktu 39 jam 6 menit.

Baca juga: China cancels Everest spring climbing over coronavirus worries

Tsang pada 2017 menjadi wanita Hong Kong pertama yang mencapai puncak Himalaya, dan pendakian dengan rekor dunia ini adalah upaya ketiganya. Sementara itu Nepal untuk musim pendakian kali ini telah mengeluarkan 408 izin mendaki dan menjadi rekor terbanyak.

Tahun lalu musim pendakian ditutup karena pandemi virus corona. Departemen Pariwisata Nepal mengatakan, tak kurang dari 350 orang telah mendaki Gunung Everest musim semi ini, meski negara tersebut sedang mengalami lonjakan kasus virus corona.

Namun setidaknya dua tim membatalkan rencana ekspedisi setelah beberapa anggotanya positif Covid-19 di base camp. Peramal cuaca Nepal juga sudah memperingatkan kondisi yang memburuk akibat Topan Yaas menghantam India timur pada Rabu (26/5/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rekor Dunia Pecah, Inilah Wanita Tercepat yang Mendaki Gunung Everest, Tak sampai 26 Jam",


Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Rekor tercepat mendaki Gunung Everest dipecahkan, kurang dari 26 jam

 




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×