kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,92   -8,44   -0.91%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ronaldo Kalahkan Messi, Ini Atlet Gaji Terbesar Di Dunia 2023


Sabtu, 08 Juli 2023 / 08:32 WIB
Ronaldo Kalahkan Messi, Ini Atlet Gaji Terbesar Di Dunia 2023
ILUSTRASI. Ronaldo Kalahkan Messi, Ini Atlet Gaji Terbesar Di Dunia 2023


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Atlet Gaji Terbesar 2023 - Inilah daftar 5 atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023. Dua mega bintang sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali bersaing di puncak daftar atlet dengan gaji terbesar di dunia 2023.

Cristiano Ronaldo kembali menempati posisi teratas dalam daftar atlet dengan gaji terbesar versi Forbes 2023. Bagi Cristiano Ronaldo, ini adalah kali pertama dirinya kembali ke posisi pertama setelah sempat menjadi yang teratas pada edisi 2017.

Pada tahun ini, gaji Cristiano Ronaldo melebihi dua pesepak bola lain yang juga masuk dalam lima besar, yakni Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Peningkatan jumlah gaji peraih lima trofi Ballon d'Or itu tak lepas dari keputusannya bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Nassr.

Metodologi untuk tentukan daftar atlet dengan gaji tertinggi tahun 2023

Forbes menjelaskan bahwa pihaknya menentukan daftar atlet dengan gaji terbesar lewat pelacakan dan pengumpulan data pada periode 1 Mei 2022 hingga 1 Mei 2023. Selama proses pengumpulan data, mereka berkomunikasi dengan banyak pihak dari industri-industri terkait.

Baca Juga: Tips Menabung Biaya Kuliah Anak Buat Karyawan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Pihak Forbes juga melihat laporan berita serta database gaji yang semua angkanya dikonversikan ke dalam dollar AS. Lalu, Forbes menghitung jumlah bayaran seorang atlet dengan melihat semua sumber pendapatan, baik dari dalam maupun luar lapangan.

Pendapatan di dalam lapangan meliputi gaji, uang hadiah, dan bonus. Sementara, pendapatan di luar lapangan bisa datang dari kesepakatan dengan sponsor hingga bisnis yang digeluti oleh sang atlet.

Berdasarkan metodologi tersebut, berikut 5 daftar atlet dengan gaji terbesar versi Forbes 2023:

1. Cristiano Ronaldo - 136 juta dollar AS (Rp 2,05 triliun)

Atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023 yang pertama adalah Cristiano Ronaldo. Gaji Cristiano Ronaldo saat ini diperkirakan mencapai US$ 136 juta.

Megabintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, sempat berstatus tanpa klub setelah resmi meninggalkan Manchester United pada November 2022. Lalu, Ronaldo kembali memiliki tempat berkarier seusai menerima pinangan klub peserta Liga Arab Saudi, Al Nassr, pada awal Januari 2023.

Keputusan Ronaldo bergabung dengan Al Nassr sekaligus menaikkan jumlah gaji tahunan yang ia terima menjadi sekitar 75 juta dollar AS (Rp 1,13 triliun). Di samping itu, kepindahan Ronaldo ke Al Nassr juga menambah peluang pemasaran sang megabintang.

2. Lionel Messi - 130 juta dollar AS (Rp 1,96 triliun)

Atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023 yang kedua adalah Lionel Messi. Gaji Lionel Messi saat ini diperkirakan US$ 130 juta.

Lionel Messi berada di tengah arus spekulasi sebelum dirinya memutuskan hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG) dan bergabung dengan klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami. Media Spanyol El Pais melaporkan, Messi akan menerima gaji sekitar 50-60 juta dollar AS per tahun saat bermain di klub yang salah satu pemiliknya adalah David Beckham tersebut.

Selain itu, Messi punya sumber pendapatan dari beragam sponsor seperti Adidas, Budweiser, dan PepsiCo. Messi diyakini masih bisa mendapatkan banyak sponsor lainnya setelah berhasil membawa timnas Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar. Lalu, Messi juga telah meluncurkan perusahaan investasi bernama Play Time yang bergerak di bidang olahraga dan teknologi pada Oktober lalu.

3. Kylian Mbappe - 120 juta dollar AS (Rp 1,81 triliun)

Atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023 yang ketiga adalah Kylian Mbappe. Gaji Mbappe saat ini diperkirakan mencapai US$ 120 juta.

Kylian Mbappe menjadi satu-satunya atlet berusia di bawah 30 tahun yang masuk dalam lima besar penerima gaji terbesar versi Forbes 2023. Ini juga menjadi kali pertama Kylian Mbappe yang masih berusia 24 tahun, masuk ke dalam posisi lima besar. Bahkan, pada edisi sebelumnya, Kylian Mbappe hanya menduduki peringkat ke-35 dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi.

Ketenaran dan besarnya pendapatan seorang Kylian Mbappe berjalan seiring dengan prestasi yang ia ukir sebagai pesepak bola profesional. Meski belum merasakan gelar juara di tingkat Eropa bersama klubnya, PSG, Kylian Mbappe sudah dua kali membawa timnas Perancis ke final Piala Dunia.

4. LeBron James - 119,5 juta dollar AS (Rp 1,80 triliun)

Atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023 yang keempat adalah LeBron James. LeBron James diperkirakan mendapat gaji sebesar US$ 119,5 juta.

LeBron James dikenal memiliki semangat kewirausahaan yang besar hingga dirinya menjadi atlet aktif pertama yang dilabeli sebagai miliarder oleh Forbes. Selain punya portofolio endorsement yang mengesankan, LeBron James juga terlibat di balik perusahaan nutrisi olahraga Ladder dan SprinHill Company yang mengembangkan dan memprodukti konten televisi serta hiburan lainnya.

Selain itu, pemain andalan Los Angeles Lakers itu juga memegang saham di Fenway Sports Group yang merupakan pemilik dari klub Boston Red Sox, Liverpool FC, dan Pittsburgh Penguins.

5. Canelo Alvarez - 110 juta dollar AS (Rp 1,66 triliun)

Atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023 yang kelima adalah Canelo Alvarez. Canelo Alvarez diperkirakan memiliki gaji sekitar US$ 110 juta.

Petinju asal Meksiko, Canelo Alvarez, bisa mengumpulkan puluhan juta dollar setiap kali bertanding di atas ring. Dia telah melakoni dua pertarungan akbar melawan Dmitry Bivol dan Gennadiy Golovkin dalam 12 bulan terakhir sejak data dihimpun. Selain memiliki pendapatan dari pertarungan tinju, Canelo Alvarez juga memiliki sumber pemasukan dari sejumlah bisnisnya.

Itulah daftar atlet dengan gaji terbesar di dunia tahun 2023. Siapkan buah hati Anda sejak dini agar bisa menjadi atlet dan memiliki gaji yang besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Atlet dengan gaji terbesar Versi Forbes 2023, Ronaldo Teratas",


Penulis : Benediktus Agya Pradipta
Editor : Farid Firdaus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×