kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.029,14   19,63   1.94%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Inilah Universitas Tertua Di Dunia, Masih Eksis dan Berhasil Menjadi yang Terbaik


Jumat, 28 Januari 2022 / 08:37 WIB
Inilah Universitas Tertua Di Dunia, Masih Eksis dan Berhasil Menjadi yang Terbaik
ILUSTRASI. Inilah Universitas Tertua Di Dunia, Masih Eksis dan Berhasil Menjadi yang Terbaik


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar universitas tertua di dunia. Sejumlah universitas tertua di dunia tersebut tetap mampu mempertahankan kualitasnya sehingga menjadi universitas terbaik di dunia.

Institusi pendidikan tinggi telah ada sejak abad pertengahan. Institusi pendidikan tinggi pertama yang menggunakan kata universitas didirikan di Kerajaan Italia.

Sebagian besar universitas yang didirikan pada zaman dahulu kini berevolusi mengikuti tuntutan zaman. Sebagian universitas-universitas tertua di dunia mampu mempertahankan kebesaran dalam sejarah panjang.

Universitas-universitas tertua di dunia sebagian memiliki reputasi yang sangat baik sekaligus menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan bagi umat manusia hingga kini.

Melansir Oldest.org, berikut tujuh universitas tertua di dunia.

7. University of Cambridge

Universitas Cambridge, Inggris adalah salah satu universitas tertua di dunia. Universitas Cambridge, Inggris juga merupakan salah satu universitas terbaik di dunia.

Jika membicarakan mengenai salah satu universitas paling bergengsi dan tertua di seluruh dunia, University of Cambridge adalah salah satunya. Didirikan pada 1209, University of Cambridge awalnya didirikan sebagai alternatif dari University of Oxford, terutama karena konflik politik.

Menurut Oldest.org, universitas yang terletak di Cambridge, Inggris, ini merupakan universitas tertua ketujuh di dunia. Selain itu, menurut QS World University Rankings 2022, University of Cambridge menempati peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di dunia. University of Cambridge tidak memiliki satu kampus utama. Sebaliknya, universitas ini memiliki beberapa college yang tersebar di seluruh kota.

Baca Juga: 25 Kampus Terbaik di Jawa Tengah Versi UniRank, Pilihan buat PMB 2022

6. University of Paris (Sorbonne)

University of Paris atau lebih dikenal sebagai Sorbonne adalah salah satu universitas tertua di dunia. Sorbonne juga termasuk universitas terbaik di dunia.

University of Paris, atau lebih dikenal sebagai Sorbonne, merupakan sebagai ikon pendidikan tinggi sejak abad ke-12. Konon, University of Paris dijuluki Sorbonne karena didirikan oleh Robert de Sorbon.

Universitas tertua di dunia ini terletak di Paris, Perancis. Menurut Oldest.org, universitas ini telah aktif sejak 1160 dan menjadi universitas tertua nomor enam di dunia.

University of Paris memiliki asal-usul yang sederhana. Awalnya dilembagakan sebagai pusat pendidikan untuk seratus anak sekolah. Tetapi berkat reputasinya yang luar biasa di seluruh Eropa, University of Paris berkembang pesat hingga Revolusi Perancis.

University of Paris juga selamat dari Perang Seratus Tahun, Revolusi, dan banyak masa kekacauan selama 860 tahun. Hari ini, Sorbonne masih menarik mahasiswa dari seluruh dunia.

Daoed Joesoef, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dari 1978 sampai 1983 dalam Kabinet Pembangunan III merupakan salah satu alumnus Sorbonne. Daoed Joesoef meraih dua gelar doktor, yakni Ilmu Keuangan Internasional dan Hubungan Internasional (1967) serta Ilmu Ekonomi (1973) dari Sorbonne.

5. University of Salamanca

University of Salamanca, Spanyol adalah salah satu universitas tertua di dunia. Terletak tepat di sebelah barat Madrid, Spanyol, University of Salamanca adalah universitas tertua nomor lima di dunia menurut Oldest.org. Bahkan, University of Salamanca juga merupakan universitas tertua di Spanyol.

Didirikan oleh Raja Alfonso IX, University of Salamanca secara teknis didirikan pada 1134, tetapi baru diberi Piagam Kerajaan pada 1218. Sejak saat itu, institusi tersebut telah tumbuh menjadi pusat pendidikan yang berkembang sampai sekarang. University of Salamanca juga terkenal karena reputasinya yang luar biasa dalam mengajar Bahasa Spanyol.

4. University of Oxford

Universitas Oxford, Inggris adalah salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Salah satu universitas paling tersohor, paling terkenal, dan paling tua di dunia: University of Oxford.

Universitas yang terletak di Oxford, Inggris, ini didirikan sekitar tahun 1096 oleh Alfred the Great of England. Menurut Oldest.org University of Oxford menempati peringkat ketiga sebagai unversitas tertua di dunia.

Menurut QS World University Rankings 2022, University of Oxford menduduki ranking kedua sebagai universitas terbaik di dunia. Institusi ini mencetak orang-orang hebat selama bertahun-tahun.

Salah satu alumnus University of Oxford yang terkenal adalah Stephen Hawking. Dia mulai kuliah di University of Oxford pada Oktober 1959.

3. University of Bologna

University of Bologna adalah salah satu universitas tertua di dunia. Universitas tertua nomor tiga di dunia adalah University of Bologna menurut Oldest.org.

Didirikan di Bologna, Italia, pada 1088, University of Bologna merupakan “surga” bagi pendidikan tinggi kala itu. University of Bologna menjadi saksi sekaligus bertahan hampir di setiap era dunia modern dari Abad Pertengahan, Renaisans, hingga zaman kontemporer. Di antara jebolan-jebolan University of Bologna yang terkenal antara lain Copernicus, Cassini, dan Petrarch.

2. Al-Azhar University

Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir adalah salah satu universitas tertua dan terbaik di dunia. Al-Azhar University terletak di Kairo, Mesir dan dinobatkan sebagai universitas tertua kedua di dunia menurut Oldest.org.

Universitas tertua di dunia nomor 2 ini didirikan sejak 970 Masehi, tapi baru diakui sebagai universitas di tahun 1961. Mulanya, Al-Azhar University merupakan madrasah dan pusat pembelajaran ilmu Islam. Tapi seiring waktu, universitas ini mulai mengaplikasikan kurikulum modern dengan mengajarkan berbagai bidang ilmu lainnya, seperti bisnis, ekonomi, sains, hingga teknik.

Al-Azhar University adalah satu-satunya universitas di dunia Arab yang bertahan hingga menjadi universitas modern. Saat ini, Al-Azhar University menjadi pusat studi sastra Arab dan pembelajaran Islam di dunia.

1. University of Al-Qarawiyyin

University of Al-Qarawiyyin di Maroko dinobatkan sebagai universitas tertua di dunia. University of Al-Qarawiyyin atau Universitas Al Karaouine di Maroko dinobatkan sebagai universitas tertua di dunia Oldest.org.

Universitas tertua di dunia ini berdiri pada 859 Masehi di Kota Fez. Awal berdiri, universitas ini diperuntukkan untuk ilmu alam. Pada 1957 Al-Qarawiyyin resmi menjadi universitas dan menambah jurusan-jurusan lain seperti matematika dan bahasa asing.

Universitas tertua di dunia ini juga diberikan penghargaan oleh Guinness Book of World Records sebagai universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Itulah daftar universitas tertua di dunia yang beberapa diantaranya menjadi yang terbaik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Universitas Tertua di Dunia",


Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×