kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.027,32   17,80   1.76%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Inilah 5 Sekolah Termahal di Indonesia, Biaya SPP Lebih Mahal dari Harga Avanza Baru


Sabtu, 16 April 2022 / 03:50 WIB
Inilah 5 Sekolah Termahal di Indonesia, Biaya SPP Lebih Mahal dari Harga Avanza Baru


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah daftar sekolah dengan biaya SPP termahal di Indonesia. Dalam setahun, biaya SPP di sekolah termahal di Indonesia ini bisa lebih besar dibandingkan harga mobil baru Toyota Avanza, mobil terlaris di Indonesia yang hanya sekitar Rp 250 juta.

Setiap orang tua pasti ingin mengusahakan yang terbaik untuk anak, termasuk soal pendidikan. Sebagian penghasilan dialokasikan untuk biaya pendidikan anak, bahkan sebelum mereka masuk usia sekolah.

Saat ini biaya sekolah semakin beragam, tergantung fasilitas dan kebijakan sekolah masing. Orang tua bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial, agar tak memberatkan di kemudian hari. Apabila ada yang memiliki keinginan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah internasional, sepertinya harus siap-siap untuk merogoh kocek dalam-dalam.

Sebagai gambaran, inilah lima sekolah dengan biaya SPP termahal di Indonesia.

1. Global Jaya School

Salah satu sekolah dengan biaya SPP termahal di Indonesia adalah Global Jaya School. Sekolah yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten ini memiliki jenjang sekolah mulai dari TK-A hingga IB Diploma (setara SMA).

Dilansir dari website Global Jaya School, saat ini terdapat lebih dari 600 siswa yang bersekolah di sana. Sekolah yang dibangun oleh Jaya Group milik Ciputra ini memiliki fasilitas-fasilitas berstandar internasional, seperti lapangan tenis, sepakbola, basket, gym, dan teater yang sangat luas untuk acara-acara pentas seni.

Fasilitas yang mentereng ini tentu dibarengi dengan biaya sekolah yang tinggi pula. Biaya pengembangan mencapai Rp 23 juta, dibayarkan setiap setahun sekali. Global Jaya School termasuk sekolah dengan biaya termahal di Indonesia karena SPP berkisar antara Rp 63,8 juta hingga Rp 149,6 juta setiap tahun.

Baca Juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN Ditutup Besok (15/4), Ini Universitas Terbaik Indonesia 2022

2. SMA Dwiwarna (Islamic Boarding School)

Sekolah lain dengan biaya SPP termahal di Indonesia adalah SMA Dwiwarna. Terletak di Bogor, Jawa Barat, sekolah ini berkonsep islamic school atau asrama pesantren. SMA Dwiwarna menyediakan fasilitas asrama yang nyaman dengan setiap ruangan full AC dan furnitur yang modern. Sarana olahraga seperti lapangan basket, futsal, hingga area memanah juga dapat dinikmati oleh para siswa.

SMA Dwiwarna termasuk daftar sekolah dengan biaya termahal di Indonesia. Biaya yang dipatok untuk bersekolah di sini terdiri dari uang pangkal yang mencapai Rp 60 juta, uang seragam dan buku paket senilai Rp 4,5 juta dan SPP tiap bulannya adalah Rp 6,5 juta.

3. New Zealand School Jakarta

Selanjutnya, sekolah dengan biaya termahal di Indonesia adalah New Zealand School Jakarta. Sekolah berbasis internasional yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan ini memiliki jenjang pendidikan mulai usia 18 bulan (pre-school) hingga 15 tahun (grade 9).

New Zealand School Jakarta menyediakan berbagai aktivitas, mulai dari seni seperti melukis, paduan suara, dan musik serta kegiatan-kegiatan olahraga. Setiap siswa juga bisa menggunakan fasilitas bus sekolah dan meal plan atau katering di sekolah.

New Zealand School mematok harga yang fantastis untuk biaya SPP sekolah per semester, sehingga termasuk daftar sekolah dengan biaya termahal di Indonesia. Dimulai dari playgroup dengan biaya Rp 53, 3 juta, TK di angka Rp 93,3 juta, untuk SD adalah Rp 210 juta dan jenjang SMP mencapai Rp 215 juta.

4. ACG School Jakarta

Sekolah lain yang masuk daftar termahal di Indonesia adalah ACG School Jakarta. Berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekolah ini merupakan milik Academic Colleges Group yang berbasis di New Zealand.

ACG School Jakarta menyediakan IB Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examinations. Fasilitas sekolah berstandar internasional meliputi auditorium, laboratorium, technology center, serta athletic track.

Biaya sekolah di sini sangat tinggi, sehingga ACG School Jakarta termasuk daftar sekolah biaya termahal di Indonesia. Biaya SPP untuk jenjang pendidikan SD saja mencapai Rp 235 juta hingga Rp 310 juta. Biaya ini belum termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transport Rp 19,3 juta, dan biaya untuk English Language Support (ELS) setiap semesternya sebesar Rp 37 juta.

5. British School Jakarta

Sekolah dengan biaya termahal di Indonesia selanjutnya adalah British School Jakarta. Sekolah yang terletak di Tangerang Selatan, Banten ini mengangkat kultur negara Inggris dalam pembelajaran sehari-hari.

Jenjang pendidikannya tersedia mulai dari kindergarten, primary school, dan secondary school. Fasilitasnya meliputi kolam renang yang memiliki standar olimpiade, sport centre, dance studio, serta kesempatan untuk bersekolah sepakbola yang berpartner langsung dengan Manchester City Football School.

British School Jakarta termasuk sekolah dengan biaya termahal di Indonesia karena mahal sekali. Untuk rincian biaya sekolah per tahun mulai dari jenjang pendidikan SD yang mencapai Rp 308 juta, SMP di angka Rp 353 juta, hingga International Baccalaureate dengan nominal Rp 387 juta.

Biaya-biaya yang fantastis di sekolah-sekolah internasional tersebut, tentu juga berdasarkan kualitas terbaik yang diberikan oleh para pengajar dan staf sekolah. Apakah kamu tertarik untuk memasukkan anak ke sekolah internasional?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SPP-nya Ratusan Juta, Ini 5 Sekolah di Indonesia dengan Biaya Termahal",


Penulis : Siti Maghfirah
Editor : Aprillia Ika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×