kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,35   8,98   0.89%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Inilah 10 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia


Senin, 21 Juni 2021 / 08:54 WIB
Inilah 10 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia
ILUSTRASI. Inilah 10 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Meski sudah bukannya perang militer, setiap negara terus memperkuat kekuatan angkatan udara. Siapa negara yang memiliki angkatan udara terkuat di dunia pada 2021 ini?

Kekuatan angkatan udara merupakan elemen penting bagi militer setiap negara di dunia. Kekuatan angkatan udara dapat mendukung operasi-operasi militer atau bahkan menjadi operasi militer itu sendiri.

Melansir Air Scene, berikut 10 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia pada 2021.

10. Jerman

Di 10 besar negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Jerman. Angkatan Udara Jerman alias Luftwaffe adalah salah satu angkatan udara yang paling berpengalaman di dunia.

Dalam Perang Dunia II, Luftwaffe memainkan peran besar di bawah rezim Nazi Jerman. Kini, Luftwaffe berfokus mengembangkan armadanya. Pilot-pilotnya juga dilatih dengan baik, bahkan dikirim ke Amerika Serikat (AS) atau Kanada.

Global Firepower melaporkan, Jerman memiliki 701 pesawat militer dengan 137 unit jet tempur dan 72 pesawat angkut. Baca juga: [TRIVIA] 4 Tank Paling Ampuh di Dunia pada Era Modern

Baca juga: Libatkan F-16, TNI AU dan USAF gelar latihan militer bersama di Pekanbaru

9. Mesir

Peringkat 9 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Mesir. Angkatan Udara Mesir tak boleh dianggap remeh. Armada yang dimilikinya berasal dari negara-negara dengan industri penerbangan yang kuat seperti Perancis, AS, dan Cina.

Bahkan, Mesir adalah pelanggan internasional pertama dari jet tempur Dassault Rafale buatan Perancis. Peningkatan dan kemajuan yang konstan, membuat Mesir muncul sebagai Angkatan Udara paling kuat dari benua Afrika. Melansir Global Firepower, negara ini memiliki 1.053 pesawat militer dengan 250 jet tempur dan 59 pesawat angkut.

Simak daftar negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia di halaman selanjutnya

8. Turki

Peringkat 8 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Turki. Turki akhir-akhir muncul sebagai negara yang kuat dari segi militer. Di sisi lain, negara tersebut tengah mengembangkan pesawat tempur generasi kelima.

Global Firepower melaporkan, Turki mempunyai 1.056 pesawat militer di mana 206 unit di antaranya adalah jet tempur. Negara itu juga memiliki 80 unit pesawat angkut.

7. Prancis

Peringkat 7 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Prancis. Industri kedirgantaraan Prancis, Dassault Aviation, tumbuh sebagai perusahaan yang memperkuat angkatan udara negara tersebut.

Kini, Dassault Aviation adalah produsen pesawat terkemuka yang melayani kebutuhan pesawat di seluruh Eropa. Ada juga lonjakan permintaan untuk jet tempur Dassault Rafale dari India karena dianggap presisi dan lincah. Menurut Global Firepower, Perancis mempunyai 1.057 pesawat militer dengan 169 jet tempur dan 118 pesawat angkut.

6. Israel

Peringkat 6 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Israel. Disuplai teknologi canggih dari AS, membuat Israel memiliki angkatan udara yang kuat di kawasan Timur Tengah, atau bahkan di dunia.

Angkatan Udara Israel alias IAF telah menjadi elemen yang penting bagi angkatan bersenjata Israel untuk memuluskan operasi di kawasannya. Israel memiliki 595 jet tempur dan 128 unit helikopter menurut Global Firepower.

5. Inggris

Peringkat 5 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Inggris. Angkatan Udara Kerajaan Inggris sudah banyak makan asam-garam dan telah membuktikan kehebatannya dalam Perang Dunia II. Sejak saat itu, mereka lebih fokus meningkatkan armadanya dan mengimprovisasi kelihaiannya.

Global Firepower mencatat, negara monarki konstitusional ini mempunyai 738 pesawat militer dengan 119 jet tempur dan 45 pesawat angkut.

Simak daftar negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia di halaman selanjutnya

4. India

Peringkat 4 negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah India. Sebagian besar kebutuhan Angkatan Udara India nerupakan produk impor. Selain itu, hubungan bilateral yang kuat dengan Rusia menjamin peralatan militer India selalu mutakhir.

Di sisi lain, India telah membangun jet tempur generasi keempat di dalam negeri dan sedang bekerja sama dengan Rusia dalam mengerjakan jet tempur generasi kelima. Pesawat militer yang dimiliki “Negeri Anak Benua” ini cukup banyak yakni 2.119 unit dengan 542 jet tempur dan 251 pesawat angkut.

3. China

China menempati peringkat ketiga negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia. “Negeri Panda” juga menjadi satu-satunya negara setelah AS yang memiliki pesawat tempur generasi kelima.

Teknologi termutakhir yang dimasukkan ke dalam pesawat generasi kelimanya tersebut membuat Angkatan Udara China semakin modern nan canggih. Negara ini memiliki 3.260 pesawat militer dengan 1.200 jet tempur dan 264 pesawat angkut menurut Global Firepower.

2. Rusia

Peringkat kedua negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Rusia. Angkatan Udara Rusia menempati peringkat kedua karena armada jet tempur, pesawat angkut, helikopter serang, dan pengebomnya yang cukup besar.

Selain itu, tidak ada satu pun armada Angkatan Udara Rusia tersebut yang diimpor, semua buatan dalam negeri. Rusia memiliki sistem pengembangan infrastruktur militer dalam negeri yang kuat sehingga berhasil melahirkan mesin-mesin canggih untuk kebutuhan angkatan bersenjatanya. Tak tanggung-tanggung, Global Firepower mencatat “Negeri Beruang Putih” mempunyai 4.144 pesawat militer dengan 789 jet tempur dan 429 pesawat angkut.

1. AS

Peringkat pertama negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia adalah Amerika Serikat. Bukan hal yang mengejutkan jika Angkatan Udara AS berada dalam peringkat pertama dalam daftar ini.

Hingga saat ini, armada Angkatan Udara AS masih terus mengadopsi teknologi-teknologi termutakhir dan kuat. Dari segi kuantitas pun, “Negeri Paman Sam” belum memiliki tandingannya. AS bahkan memiliki 947 unit tempur generasi keempat F-16. Global Firepower melaporkan, AS mempunyai 13.233 pesawat militer dengan 1.956 unit jet tempur dan 945 pesawat angkut.

Itulah daftar negara dengan kekuatan angkatan udara terkuat di dunia. Meski setiap negara berlomba-lomba memperkuat kekuatan angkatan udara, semoga perdamaian selalu terjaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia",


Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru

Selanjutnya: China kerahkan 14 pesawat tempur J-16, 6 unit J-11, dan 4 pengebom nuklir ke Taiwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×