kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.027,25   17,74   1.76%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Ini NFT Termahal Di Dunia Tahun 2022 & Cara Membuat, Menjual Serta Membeli NFT


Jumat, 14 Januari 2022 / 09:16 WIB
Ini NFT Termahal Di Dunia Tahun 2022 & Cara Membuat, Menjual Serta Membeli NFT
ILUSTRASI. Ini NFT Termahal Di Dunia Tahun 2022 & Cara Membuat, Menjual Serta Membeli NFT


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar NFT termahal di dunia sepanjang tahun 2021. Jika Anda ingin mengikuti tren investasi NFT, simak cara membuat, menjual dan membeli NFT berikut ini.

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. NFT adalah produk investasi turunan dari kripto.

Penjualan NFT mencapai sekitar US$ 25 miliar atau sekitar Rp 357 triliun pada tahun 2021 ketika aset kripto spekulatif meledak dalam popularitas. Meskipun, ada tanda-tanda pertumbuhan NFT melambat menjelang akhir tahun.

Berdasarkan data DappRadar, volume penjualan NFT mencapai US$ 24,9 miliar pada tahun 2021, dibandingkan dengan hanya US$ 94,9 juta pada tahun sebelumnya. DappRadar mengumpulkan data di sepuluh blockchain yang berbeda, yang digunakan untuk merekam siapa yang memiliki NFT.

“Sekitar 28,6 juta dompet memperdagangkan NFT pada tahun 2021, naik dari sekitar 545.000 pada tahun 2020,” kata DappRadar dikutip dari Reuters, Selasa (11/1).

Harga beberapa aset kripto yang mewakili barang digital seperti gambar, video, atau bahkan tanah di dunia virtual, naik begitu cepat tahun lalu sehingga spekulan terkadang 'membaliknya' untuk mendapatkan keuntungan dalam beberapa hari.

Baca Juga: 5 NFT Teratas dan Terlaris Minggu Ini, Yuk Intip Daftarnya!

Kompas.com memberitakan, berikut lima NFT termahal yang pernal terjual sepanjang 2021.

1. The Merge

The Merge adalah NFT termahal yang pernah terjual sepanjang 2021. The Merge dibuat oleh seniman digital Pak. Di jagad per-NFT-an, Pak adalah salah satu jawaranya karena menciptakan beberapa karya seni yang paling ikonik. The Merge terjual 91,8 juta dollar AS atau setara Rp 1,31 triliun.

2. Everydays: The First 5000 Days

NFT termahal kedua sepanjang 2022 adalah Everydays: The First 5000 Days. NFT ini merupakan kolase gambar yang dibuat oleh Mike Winklemann sejak 2007 dan selesai pada 2020 atau selama 13 tahun.

Everydays: The First 5000 Days menjadi NFT termahal nomor dua yang terjual pada 2021. NFT bernama Everydays: The First 5000 Days ini terjual senilai 69,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 991 miliar pada 11 Maret 2021. Everydays: The First 5000 Days dibeli oleh investor cryptocurrency yang berbasis di Singapura melalui rumah lelang Christie's.

3. Human One

Human One menempati peringkat ketiga sebagai NFT termahal yang pernah terjual pada 2021 dengan harga 28,9 juta dollar AS (Rp 426 miliar) di rumah lelang Christie's. NFT ini merupakan potret bergerak yang menampilkan gambaran manusia pertama yang lahir di metaverse.

Pembuat Human One adalah Winklemann, orang yang sama yang membuat Everydays: The First 5000 Days.

4. CryptoPunk #752

NFT termahal keempat di dunia sepanjang tahun 2021 adalah CryptoPunk #752. CryptoPunk #752 adalah salah satu avatar digital yang "dihasilkan secara unik" di blockchain Ethereum oleh duo pengembang yang berbasis di Kanada yang menjalankan Larva Labs.

Sejauh ini, ada 1.000 Cryptopunk dibuat atau dihasilkan secara algoritmik dengan sejak Juni 2017. CryptoPunk #752 terjual seharga 11,75 juta dollar AS atau setara Rp 168,02 miliar dan dilelang di Sotheby. CryptoPunk #7523 dianggap langka dan menjadi salah satu kreasi digital paling ikonik sekaligus NFT paling mahal nomor empat sepanjang 2021.

5. CryptoPunk #3100

NFT termahal kelima di dunia sepanjang tahun 2021 adalah CryptoPunk #3100. Keluarga CryptoPunk mengambil dua tempat sebagai NFT termahal sepanjang 2021.

Di peringkat kelima, ada CryptoPunk #3100 yang terjual 7,58 juta dollar AS (Rp 108 miliar). Terjual pada 11 Maret 2021, CryptoPunk #3100 awalnya hanya terjual senilai 76 dollar AS (Rp 1 juta) pada 2017.

Baca Juga: Penjualan NFT Mencapai US$ 25 Miliar Sepanjang 2021

 

Cara membuat, membeli dan menjual NFT

 

Dilansir dari Kompas.com, NFT biasanya diperdagangkan melalui skema lelang yang dapat dijumpai pada beberapa situs online, salah satunya yakni OpenSea. Secara sederhana, OpenSea adalah marketplace atau pasar dimana pemilik NFT atau penjual dan kolektor atau pembeli dapat bertransaksi.

OpenSea adalah tempat jual-beli NFT pertama dan terbesar di dunia. OpenSea memiliki 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT, yang terdiri dari berbagai macam barang, seperti foto, video, dan sebagainya. Mayoritas penjual dan pembeli di OpenSea menggunakan mata uang kripto berjenis Ethereum untuk bertransaksi.

Untuk mulai bertransaksi di OpenSea, baik itu menjual atau membeli, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu, dan sebelum bisa mendaftarkan akun di OpenSea, Anda harus memiliki dompet digital mata uang kripto. Fungsi dompet digital itu hampir mirip dengan layanan Gopay, Shopeepay, atau OVO. Dompet digital mata uang kripto berfungsi untuk mengonversi uang Anda menjadi uang kripto.

 

Cara membuat akun OpenSea untuk transaksi NFT

Sebelum mulai bertransaksi, Anda harus mendaftarkan akun dulu di OpenSea. Berikut cara daftar akun OpenSea:

  1. Buka tautan berikut ini https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah menginstall dompet digital. Kali ini, OpenSea dibuka melalui browser Google Chrome di laptop
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, Klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  3. Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan, misalnya MetaMask
  4. Kemudian, buka extension MetaMask yang telah Anda install di Google Chrome dengan klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs.
  5. Lalu, klik opsi “Connect Wallet” Kemudian, dompet digital MetaMask Anda bakal terhubung ke OpenSea
  6. Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  7. Masukkan username, alamat e-mail Anda, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”
  8. OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail Anda Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.
  9. Anda kini telah memiliki akun OpenSea dan siap untuk menjual serta membeli NFT di marketplace ini.

Cara membuat dan menjaul NFT

Untuk bisa menjual NFT, Anda perlu memiliki NFT terlebih dahulu. Apabila belum memilikinya Anda bisa membuat NFT dengan cara sebagai berikut:

Cara membuat NFT di OpenSea

  1. Pertama pada halaman awal OpenSea, klik opsi “Create” Masukkan atau unggah file yang ingin Anda jadikan NFT, bisa berupa gambar, foto, video, dan sebagainya.
  2. Masukkan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya, seperti pengaturan sebagai konten dengan muatan sensitif dan pengaturan blockchain yang bakal Anda gunakan.
  3. Apabila telah selesai mengatur klik opsi “Create” yang berada di bagian bawah halaman OpenSea.
  4. Dengan begitu, NFT Anda sudah siap untuk dijual.

Cara menjual NFT di OpenSea

  1. Buka opsi “My Collection” dengan mengetuk ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea
  2. Pilih NFT Anda, kemudian klik opsi “Sell”
  3. Pilih skema penjualan yang bakal Anda gunakan. Apabila ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk skema lelang klik opsi “Time Auction”
  4. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang Anda inginkan
  5. Anda juga bisa mengatur berapa lama Anda bakal menjual NFT tersebut di kolom “Duration”
  6. Setelah selesai mengatur, klik opsi “Complete Listing”.
  7. Kemudian, OpenSea bakal membuka extension MetaMask Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT.

Perlu diketahui, untuk bisa mengkonfirmasi penjualan NFT, Anda harus memiliki setidaknya saldo sebesar 0,05 Ethereum di MetaMask. Kemudian, setiap transaksi di OpenSea bakal ada biayanya sebesar 2,5 persen yang diambil dari hasil penjualan NFT. Anda juga bisa memperoleh royalti dari hasil penjualan NFT hingga maksimal 10 persen.

Cara membeli NFT di OpenSea

Selain menjual, Anda juga bisa membeli NFT yang tersedia di OpenSea. NFT tersebut dapat Anda simpan dan dijual lagi dikemudian hari.

Beberapa orang juga menganggap bahwa membeli NFT sama dengan investasi, mengingat harganya bisa melambung. Cara membeli NFT di OpenSea sangat mudah. Apabila Anda berminat, simak cara membeli NFT di OpenSea berikut ini:

Cara Membeli NFT di OpenSea

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki saldo dompet digital mata uang kripto dan telah terhubung dengan OpenSea
  2. Buka tautan berikut ini https://opensea.io
  3. Pastikan bahwa Anda telah login ke akun OpenSea Anda
  4. Kemudian, cari NFT yang ingin Anda beli Klik opsi “Explore” yang ada di halaman awal OpenSea
  5. Setelah menemukan NFT yang cocok, apabila NFT menggunakan skema lelang klik opsi “Place Bid” kemudian masukkan penawaran harga Ethereum Anda
  6. Tunggu hingga waktu lelang selesai apabila mendapatkannya silahkan klik opsi “Checkout” dan konfirmasi pembayaran Anda melalui dompet digital mata uang kripto
  7. Apabila menggunakan skema jual langsung, klik opsi “Buy Now” kemudian klik opsi “Checkout” dan lakukan konfirmasi pembayaran lewat dompet digital mata uang kripto milik Anda.

Itulah daftar NFT termahal di dunia sepanjang tahun 2021 dan cara membuat, menjual serta membeli NFT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×