kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Benarkah Indonesia Teramah Di Dunia? Ini 10 Negara Paling Ramah dan Tidak Ramah 2023


Selasa, 12 September 2023 / 13:01 WIB
Benarkah Indonesia Teramah Di Dunia? Ini 10 Negara Paling Ramah dan Tidak Ramah 2023
ILUSTRASI. Benarkah Indonesia Teramah Di Dunia? Ini 10 Negara Paling Ramah dan Tidak Ramah 2023


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Negara Teramah Di Dunia - Jakarta. Negara Indonesia menjadi buah bibir sebagai negara teramah di dunia tahun 2023. Benarkah Indonesia negara teramah di dunia?

Media sosial X (dulu Twitter), ramai membahas soal unggahan yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara teramah di dunia. Salah satu pengunggah postingan tersebut adalah akun @recehtapisayng pada Minggu (10/9/2023).

Keterangan dalam unggahan itu menyebutkan bahwa sebuah acara reality show di Jepang melakukan survei internasional untuk menemukan negara dengan penduduk teramah di dunia. Hasilnya, Indonesia berada di peringkat pertama.

“Indonesia memang negara teramah di dunia, sudah dibuktikan langsung oleh acara TV di Jepang,” tulis keterangan unggahan tersebut. Sejumah warganet mengaku sepakat dengan postingan tersebut.

Baca Juga: Intip 5 Ide Tak Biasa untuk Liburan yang Lebih Berwarna

Namun, beberapa lainnya tidak demikian. “Sehari dua hari ramah. Coba 1th,” tulis akun @ayuk****. “Kebetulan aja nemu yang sabar,” kata pemilik akun @cado****.

Lantas, benarkah Indonesia termasuk negara teramah di dunia?

Negara teramah di dunia

Situs yang berfokus pada tenaga kerja asing (ekspatriat), InterNations melakukan survei tahunan terhadap ekspatriat untuk mengetahui negara mana saja yang ramah terhadap ekspatriat dan pelancong asing.

Survei ini mengukur beberapa hal, yaitu kemudahan mempelajari bahasa, kualitas lingkungan dan sistem perawatan kesehatan, serta seberapa ramah masyarakat masing-masing negara terhadap ekspatriat.

Survei dilakukan dengan mengumpulkan data dari lebih dari 12.000 responden yang mewakili 174 kebangsaan dan tinggal di 186 negara.

Dilansir dari World Population Review, berikut daftar 10 negara teramah di dunia:

  1. Taiwan
  2. Meksiko
  3. Kosta Rika
  4. Oman
  5. Kolombia
  6. Portugal
  7. Indonesia
  8. Yunani
  9. Filipina
  10. Brasil.

Beberapa negara tujuan wisata populer seperti Inggris, Prancis, dan Amerika Serikat justru masuk ke dalam jajaran negara yang tidak ramah atau tidak sopan dalam survei ini. Masing-masing negara tersebut berada di urutan ke-34, ke-42, dan ke-29 dari 59 negara.

Kendati demikian, peringkat dalam survei ini berubah secara dramatis dalam beberapa tahun karena berbagai faktor.

Negara paling tidak ramah di dunia

Mengacu pada survei di atas, negara Kuwait menduduki peringkat buncit sebagai negara teramah di dunia. Kuwait berada di urutan ke-59 dari 59 negara dalam hal keramahan dan kemudahan untuk menetap.

Sebanyak 46 persen ekspatriat mengatakan, mereka tidak betah dengan budaya lokal di Kuwait. Menyusul Kuwait, di posisi terbawah lainnya adalah Jepang.

Jepang mendapatkan nilai buruk dari para ekspatriat yang menyebutkan bahwa bahasanya sulit dipelajari dan orang-orangnya ramah, namun tidak menyambut orang asing dengan baik.

Selain Jepang, Denmark juga memiliki reputasi yang sama, yaitu ramah terhadap orang asing, tetapi menjaga jarak dengan mereka yang hendak berinteraksi dengan budaya setempat.

Itulah daftar negara teramah di dunia. Semoga Indonesia selalu menjadi negara teramah di dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Negara Teramah di Dunia 2023, Ada Indonesia",

Penulis : Alinda Hardiantoro
Editor : Farid Firdaus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×