kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Sungai Terpanjang Di Indonesia? Apakah Sungai Kapuas atau Mahakam?


Senin, 24 Juli 2023 / 05:10 WIB
Apa Sungai Terpanjang Di Indonesia? Apakah Sungai Kapuas atau Mahakam?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Sungai Terpanjang Di Indonesia - Apa sungai terpanjang di Indonesia? Berikut 5 sungai terpanjang di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sungai dengan berbagai ukuran baik besar atau kecil. Ada beberapa sungai di Indonesia yang terkenal dengan terpanjangnya dan itu tersebar di sejumlah wilayah.

Dilansir dari situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia belum memiliki data jumlah danau dan sungai secara tepat. Data yang tersebar di masyarakat masih belum jelas dan akurat. Pendataan pun akan dilakukan.

Berikut sungai terpanjang di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas yang berada di Provinsi Kalimantan Barat merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Total panjang Sungai Kapuas mencapai 1.143 kilometer.

Sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller hingga Selat Karimata (Laut China). Sungai Kapuas melintasi sejumlah daerah. Masyarakat pun menjadikan jalur transportasi di sungai tersebut.

Baca Juga: Kota-Kota di China Bersiap Hadapi Banjir Saat Suhu Panas Menerpa Wilayah Pedalaman

Bahkan daerah-daerah di tepi sungai dijadikan sebagai obyek wisata menyusuri Sungai Kapuas. Banyak daerah di pinggir sungai yang disulap menarik untuk pariwisata. Hutan yang masih terlindungi dengan baik ikut menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Diberitakan Kompas.com (24/5/2019), saat menyusuri Sungai Kapuas, wisatawan bisa menikmati keindahan sungai terpanjang di Indonesia ini, fenomena dan sejarah-sejarah di tepian sungai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memuji pengembangan daerah di tepian Sungai Kapuas, yakni Kampung Nelayan Beting dan Waterfront City.

Kompas.com (5/9/2019) memberitakan, dulu rumah-rumah di sana membelakangi sungai terpanjang di Indonesia ini. Sekarang sudah menghadap ke sungai. Jokowi menyatakan setelah rumah-rumah menghadap ke sungai, tampak terlihat rapi.

Selain, Waterfront juga sejalan sengat semangat penghijauan. Waterfront City dan Kampung Nelayan Beting di Pontianak merupakan yang paling bagus dan paling panjang di Indonesia. Di sungai tersebut juga memiliki habitat ikan cukup banyak. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas cukup bagus.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang kedua. Sungai Mahakam berada di Provinsi Kalimantan Timur bermuara di Selat Makasar.

Sungai Mahakam banyak melintasi sejumlah wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

Sejak dulu hingga sekarang Sungai Mahakam memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitar sebagai sumber air, potensi perikanan maupuan saran transportasi.

Diberitakan Kompas.com (13/11/2019), pemerintah telah memanfaatkan Sungai Mahakam untuk memenuhi ketersediaan air tanah di ibu kota baru Kalimantan Timur. Aliran Sungai Mahakam yang merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur berada di sisi timur kawasan calon ibu kota baru. Jaraknya itu sekitar 60 kilometer.

Di Sungai Mahakam juga hidup spesies mamalia ikan tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam. Belum lama ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan spesies baru ikan air tawar Leiocassis Rudicula di Hulu sungai. Diberitakan Kompas.com (2/9/2019) Leiocassis Rudicula merupakan jenis ikan Lele anggota ketujuh jenis Leiocassis dari family Bagridae.

3. Sungai Barito

Sungai terpanjang di Indonesia yang ketiga adalah Sungai Barito. Sungai Barito mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan. Panjang Sungai Barito mencapai 890 kilometer.

Aliran sungai terpanjang di Indonesia yang ketiga ini mengalir dari hulu di Pegunungan Schwaner hingga bermuara di Laut Jawa. Di Sungai Barito terdapat pasar apung yang merupakan pasar tradisional di atas sungai.

Masyarakat melakukan transaksi jual beli di atas perahu. Pasar Apung mampu menarik bagi wisata. Banyak wisatawan yang datang ke Sungai Barito dan ke Pasar Apung.

Di sungai terpanjang di Indonesia yang ketiga tersebut juga hidup habitat ikan. Daerah-daerah di tepi sungai terpanjang di Indonesia ketiga ini banyak dikembangkan menjadi obyek wisata yang menjadi sumber penghidupan warga sekitar.

4. Sungai Batanghari

Sungai terpanjang di Indonesia yang keempat adalah Sungai Batanghari. Sungai Batanghari berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi.

Sungai terpanjang di Indonesia keempat ini mengalirkan air dar Gunung Rasan sampai Laut China Selatan. Sungai tersebut memiliki panjang mencapai 800 kilometer.

Sebagian area Sungai Batanghari termasuk dalam kawasan Taman Kerinci Seblat. Di sana terdapat pertambangan dan kegiatan eksploitasi hutan. Itu berdampak terhadap perubahan arus sungai, erosi di tepian sungai, pendangkalan atau sendimentasi tinggi.

5. Sungai Musi

Sungai terpanjang di Indonesia kelima adalah Sungai Musi. Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan berada di Sumatera Selatan. Sungai tersebut mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka.

Sungai terpanjang di Indonesia kelima ini membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah. Sehingga dibangun Jembatan Ampera yang menghubungkan dua wilayah tersebut.

Jempatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Sejak dulu zaman Kerajaan Sriwijaya hingga saat ini Sungai Musi terkenal dengan sarana transportasi utama bagi masyarakat.

(Sumber: Kompas.com/Hendra Cipta/Andi Hartik/Zakaria Demon Dataon | Editor: I Made Asdhiana/Aprillia Ika/Dony Aprian)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Sungai Terpanjang di Indonesia",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×