kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Museum terunik di dunia


Senin, 26 Oktober 2015 / 12:00 WIB
6 Museum terunik di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Museum merupakan tempat  menyimpan benda-benda antik, unik, langka dan merupakan peninggalan sejarah yang  berharga bagi generasi berikutnya.  Karena menyimpan barang-barang dari masa lalu, umumnya museum dianggap kuno dan membosankan.  Namun, tak semua museum berupa gedung bernuansa kelabu yang dingin, dan kaku.  Sejumlah museum di dunia justru memiliki design dan arsitektur yang unik, yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri. Berikut 6 museum di dunia dengan arsitektur paling unik versi KONTAN.

Nama : Meitan Tea Museum
Alamat : Hangzhou, Propinsi Zhejiang, China
Berdiri : Tahun 2010
Arsitek : Willliam Devon
Luas bangunan : 5.000 m2
Tentang museum : - Tradisi perayaan meminum teh hijau di Provinsi Guizhou, Tiongkok, diabadikan dalam sebuah bangunan. Meniru tampilan teko lengkap dengan cangkir tehnya, bangunan ini memiliki ketinggian sekitar 73 meter. Bangunan berbentuk teko ini setara dengan 28 Juta Liter teh. Tak heran, jika bangunan ini merupakan museum teh terbesar di dunia.
    - Di dalam bangunan ini,  terdapat sebuah museum yang segala sesuatunya didedikasikan untuk semua hal tentang teh. Di dalam gedung ini juga terdapat sebuah hotel, dimaksudkan agar wisatawan bisa menikmati secangkir teh.
Sumber foto : news.cn

Nama : The Eli and Edythe Broad Art Museum
Alamat : 547 E Circle Dr, East Lansing, MI 48824, Amerika Serikat
Berdiri : Tahun 2004
Arsitek : Zaha Hadid
Luas bangunan : Tidak ada keterangan
Tentang museum : - Zaha Hadid, arsiteknya,  mendisain Eli and Edythe Broad Art Museum, seperti suatu fasad yang dilipat-lipat  dari stainless steel dan kaca, tampak kontras dengan   lingkungan sekitar, kampus utara  Collegiate Gothic yang didominasi bangunan bata merah.
    - Disain museumnya tampak aneh, mengacu pada serangkaian jalur pergerakan yang menembus dan mengelilingi lahan museum.  Jalur-jalur sirkulasi beserta koneksi visual yang terbentuk, menghasilkan bidang-bidang datar dua dimensi. Komposisi formalnya dilipat-lipat  pada bidang datar sehingga menjadi ruang tiga dimensi.  
    - Menggunakan jalur-jalur lintasan untuk menginformasikan  disain museum, maka Eli and Edythe Broad Art Museum   menyatu secara jujur dalam konteksnya yang unik di Michigan State University.
Sumber foto : evolo.us

Nama : Guggenhein Museum, Bilbao
Alamat : Abandoibarra Etorb., 2, 48009 Bilbao, Bizkaia, Spanyol
Berdiri : Tahun 1977
Arsitek : Frank Gehry
Luas bangunan : 11.000 m2
Tentang museum : - Berlapis titanium, gedung ini menjadi contoh arsitektur modern yang paling banyak dibicarakan di penjuru dunia. Bentuk bangunannya yang  mirip sebuah kapal atau ikan bersisik, menampilkan struktur bangunan asli yang mengagumkan.
    - Sepintas, bangunan ini tampak seperti susunan potongan kertas yang ditempel pada bidang datar yang tidak geometris; dinding melengkung, atap tidak simetris, dan penopang yang menggantung. 
    - Bagian dalam museum sama spektakulernya dengan eksteriornya. Di luar pintu masuk ruangan, terdapat atrium beratap tinggi, dengan elevator kaca terowongan. Ruang-ruang dengan haluan dan dinding miring yang menonjol sejajar keluar. 
Sumber foto : desktx.com

Nama : National Museum of Art, Osaka
Alamat : 4-2-55 Nakanoshima, kita-ku, Osaka, Japan Osaka Phone: +81 6-6447-4680
Berdiri : Tahun 1970, direnovasi kembali tahun 2014
Arsitek : César Pelli
Luas bangunan : Tidak ada keterangan
Tentang museum : - Pada awalnya National Museum of Art Osaka hanya merupakan bagian galeri dari Expo tahun 70, sebelum akhirnya dihancurkan dan dibangun baru di Nakanoshima pada November 2004.
    - Museum ini terlihat seperti sebuah serangga raksasa terbuat dari besi dan kaca. Sebagian besar isinya adalah karya seni dalam koleksi dari era pasca-perang, termasuk karya Paul Cézanne, Pablo Picasso, Max Ernst, Tsuguharu Foujita dan Yasuo Kuniyoshi. 
    - Bentuknya menjulang tinggi seperti sepasang sayap serangga yang posisinya sedang mengepak. Menggunakan bahan dari baja berlapis titanium pada pipa-pipanya. Memanjang sepanjang dinding yang ujungnya makin pendek hingga menyentuh tanah. Sementara dindingnya terbuat dari tembok biasa tapi menarik.
Sumber foto : xaqe.ru

Nama : Denver Art Museum
Alamat : 100 W 14th Ave Pkwy, Denver, CO 80204, Amerika Serikat
Berdiri : Tahun 1893 Direnovasi terakhir tahun 2006
Arsitek : Daniel Libeskind
Luas bangunan : 14.600 m2
Tentang museum : - Museum ini merupakan salah satu museum seni terbesar antara Pantai Barat dan Chicago, terkenal dengan koleksi seni Indian Amerika 
     - Museum ini juga menyimpan  koleksi  lebih dari 68.000 karya yang beragam dari seluruh dunia selama berabad-abad lamanya. 
     - Desainnya mencerminkan puncak gunung batu terdekat dan terdiri dari bentuk geometris besar dibalut titanium. Ekspansi dramatis, yang merupakan tempat Modern dan Kontemporer koleksi seni serta pengumpulan arsitektur dan desain, menggandakan ukuran museum dan sekarang berfungsi sebagai pintu masuk.
Sumber foto : ucdenver.edu

Nama : Royal Ontario Museum
Alamat : 100 Queens Park, Toronto, ON M5S 2C6, Kanada
Berdiri : Tahun 1912 Direnovasi tahun 2002
Arsitek : Daniel Libeskind
Luas bangunan : 18.600 m2
Tentang museum : - The Royal Ontario Museum Kanada dibangun 16 April 1912 dan resmi dibuka 19 Maret 1914 oleh Duke of Connaught dan Gubernur Kanada. 
    - Museum ini di bawah kendali dan manajemen dari Universitas Toronto hingga tahun 1968 sebelum akhirnya menjadi institusi yang independen.  
    - Museum ini merupakan museum seni, budaya dan sejarah yang merupakan salah satu dari museum terbesar yang ada di Amerika Utara dan mampu menarik pengunjung hingga lebih dari 1 juta pengunjung di setiap tahunnya.
    - Beberapa galeri yang berada di The Royal Ontario Museum Kanada, di antaranya yaitu: Natural History Galleries, Fossils and Evolution dan Earth and Space. Selain itu terdapat World Culture Galleries mengenai kebudayaan dari seluruh dunia.
    - Bangunan  Royal Ontario Museum ini unik, sebab bangunan ekstensi yang lebih modern “menempel” di bangunan museum yang lebih tua bak parasit.  Berbentuk seperti berlian dengan komposisi 25% kaca dan 75% aluminium. 
Sumber foto : canadapost.ca

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×