kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Universitas termahal di Indonesia


Rabu, 17 Mei 2017 / 12:00 WIB
5 Universitas termahal di Indonesia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Fakultas yang hingga kini terkenal paling mahal di Indonesia adalah kampus khusus kedokteran. Sekarang, fakultas lain pun di perguruan tinggi swasta banyak yang terkenal karena mahalnya. Universitas swasta mana sajakah yang memungut biaya kuliah paling mahal di Indonesia? Biaya yang dimaksud di sini hanya biaya kuliah per semester untuk program S1 atau sarjana bukan kelas internasional. Sedangkan biaya kuliah hingga lulus, diasumsikan selama 8 – 10 semester. Jadi biaya ini tidak meliputi biaya sumbangan sukarela dan juga bukan untuk sekolah kedokteran.

Nama : Universitas Ciputra
Berdiri : Tahun 2006
Alamat : UC Town Citraland, Jl. Citraland Utama Road, Made, Sambikerep, Made, Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Fasilitas  : Computer Laboratorium, Culinary Laboratorium, Auditorium, Interior Design Studio, Photography Studio, Library, Student Lounge, Bursa Efek, Tax Center, UC Apartment
Fakultas : International Business Management, Accounting, Marketing Communication, International Hospitality and Tourism Business, Culinary Business,  Visual Communication Design, Interior Architecture, Information & Multimedia Technology, Management Information Systems, Fashion Design Business, Psychology, Program Studi Magister Manajemen
Jumlah Pengajar : 121 orang
Jumlah Mahasiswa : 3.233 orang
Biaya   : Rp  9 - 16 juta per semester, atau Rp 83- 160 juta sampai lulus
Keterangan : - Ciputra Grup merupakan pemilik dari Universitas Ciputra ini. Sebagai universitas yang bernaung di bawah naman Ciputra, dalam perjalanannya tentu saja sudah sekali menghasilkan para enterprenuer yang sukses di dibidangnya. 
    - Kualitas dan mutu dari Universitas Ciputra memang sangat berkualitas, jadi tidak heran jika kampus ini terbilang mahal untuk ukuran biaya pendidikan tinggi di Indonesia.
Sumber foto : uc.ac.id

Nama : Universitas Trisakti
Berdiri : 29 November 1965
Alamat : Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol, RT.6/RW.16, Tomang, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440
Fasilitas  : Perpustakaan (sekitar 52.000 judul buku), Laboratorium, Lembaga Penelitian
Fakultas : Hukum, Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, Teknologi Kebumian dan Energi, Arsitektur Lansekap dan Teknologi lingkungan, seni rupa dan desain
Jumlah Pengajar : 742 orang
Jumlah Mahasiswa : 21.162 orang
Biaya   : Rp  9 - 12 juta per semester, atau Rp 90- 120 juta sampai lulus
Keterangan : - Pamor Universitas Trisakti terangkat ketika terjadi peristiwa Tragedi Mei 1998 yang pernah mengguncang bangsa Indonesia. Semenjak itulah pamor dari Universitas Trisaksi sering dikupas di banyak media. 
    - Beberapa alumni terkenal seperti Nova Eliza, Bunga Citra Lestari, Christy Jusung, Zse Zse Shahab, Nycta Gina, dan Jeng Kellin merupakan contoh alumni yang sudah memiliki popularitas di Indonesia yang sering menghiasi kaca televisi kita sehari – hari. 

Nama : Universitas Pelita Harapan
Berdiri : 17 September 1994
Alamat : UPH GLOBAL CAMPUS, Jl. M. H. Thamrin  Boulevard 1100 Lippo Vilage, Tangerang 15811 - Indonesia
Fasilitas  : Studio Foto, Museum UPH, Johannes Oentoro Library, Laboratorium Komputer iMac, Auditorium, Gymnasium, Kolam renang (Internasional), Kolam renang private, Asrama / Dormitory, Lapangan Basket, Lapangan Futsal, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Voli, Lapangan Bulu Tangkis, Student Lounge, Billiard, Muay Thai, UPH Clinic (Siloam), 3D Printing, 30 Private Music Rooms, Microsoft, IBM, Oracle, CISCO, SAS Private Labs, UPH TV, UPH Radio, UPH Hotel, UPH Restaurant, Bar and Pastry, Books and Beyond.
Fakultas : Ekonomi, Ilmu Komputer, Desain, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Hukum, Liberal Arts, Kedokteran, Ilmu Seni, Keperawatan dan Kesehatan, Psikologi, Filsafat, Sospol, Program Online Learning
Jumlah Pengajar : 484 orang
Jumlah Mahasiswa : 8.025 orang
Biaya   : Rp  9 - 15 juta per semester, atau Rp 130- 200 juta sampai lulus
Keterangan : - Universitas Pelita Harapan kami berikan peringkat keempat sebagai universitas yang termahal yang ada di Indonesia. Universitas ini juga memiliki hal yang sama seperti kedua kampus internasional yang ada di ulasan sebelumnya. 
    - Kampus ini juga dikenal memiliki kurikulum standar internasional. Para artis terkenal yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan antara lain, Marshanda, Marchel Candrawinata, dan Ben Kasyafani.
Sumber foto : uph.edu

Nama : Swiss German University
Berdiri : 17 Juli 2000
Alamat : EduTown BSDCity, Kav. II.1, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten
Fasilitas  : Kampus bertaraf internasional, Kampus yang menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, access card untuk masuk di gate way, ruangan kuliah yang ber-AC, adanya meeting room, kantin, dan juga fasilitas pendukung belajar seperti laboratorium, proyektor.
Fakultas : Teknik Mekatronoka, Bisnis atau teknik Industri, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis Internasional, Manajemen Hotel dan Pariwisata, Akuntansi, Komunikasi dan hubungan masyarakat, Rekayasa Farmasi, Teknologi Pangan, Teknik Biomedis
Jumlah Pengajar : 96 orang
Jumlah Mahasiswa : 1.278 orang
Biaya   : Rp 24-28 juta per semester, atau 223 - 247 juta sampai lulus
Keterangan : - Swiss German University adalah universitas yang berada di daerah Tangerang dimana kampus ini merupakan termahal kedua yang ada di Indonesia untuk ukuran budget finansial yang harus dikeluarkan oleh para mahasiswa untuk kuliah di tempat ini. 
    - Tenaga pengajar yang digunakan oleh kampus ini mayoritas adalah tenaga pengajar asing yang memang dipekerjakan untuk mengajar para mahasiswa yang kuliah disini. Kampus yang untuk ukuran orang Indonesia terbilang mahal dalam besaran uang SPP per semesternya.
Sumber foto : sgu.ac.id

Nama  : President University
Berdiri : Tahun 2001
Alamat : Jl. Ki Hajar Dewantara, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.
Fasilitas  : Kurikulum Standar Internasional, Lingkungan Berbahasa Inggris, Ekstrakurikuler Mahasiswa (sepeti President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan bola basket), Komunitas Multinasional dan Pengalaman Kerja melalui magang selama 2 semester.
Fakultas : Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Teknik Industri, Teknok Elektro, Teknik Mesin, Sistem Informasi, HI, Ilmu Komunikasi, Hukum
Jumlah Pengajar : 104 orang
Jumlah Mahasiswa : 4.500 orang
Biaya   : Rp 30.000.000 per semester, atau total sampai lulus Rp Rp 300.000.000
Keterangan : President University adalah universitas yang berada di daerah Cikarang, dimana universitas ini dikenal sebagai yang paling mahal di Indonesia untuk ukuran budget finansial yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di kampus ini. Kampus ini untuk jenjang sarjana saja harus mengeluarkan rata – rata Rp. 25.000.000,- per semester sehingga bisa dikatakan sebagai yang termahal di Indonesia. Kampus ini adalah milik dari Jababeka Industry yang memang merupakan kampus dengan pendidikan internasionalnya. Rata – rata yang kuliah di kampus ini adalah orang – orang kaya yang ada di Indonesia. Kampus ini memang sangat berkelas dan memiliki gengsi tersendiri bagi peminatnya.
Sumber foto : president.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×