kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Toko buku online terbesar di dunia


Sabtu, 21 Mei 2016 / 12:00 WIB
5 Toko buku online terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Kesibukan seringkali  membuat orang tidak lagi punya waktu untuk sekedar membaca buku, karena tidak punya waktu untuk pergi ke toko buku. Kehadiran toko buku online tentu saja  disambut baik oleh segenap masyarakat yang ada di muka bumi ini, tidak terkecuali di Indonesia.  Di Amerika bahkan kehadiran toko buku online ini bisa mengalahkan toko buku tradisional (fisik) yang terkenal paling besar di dunia pada saat itu. Apakah ke depannya toko buku yang berwujud fisik dan harus memiliki gedung akan lenyap dari muka bumi ini dan digantikan oleh toko buku online? Hanya waktu kelak yang akan membuktikannya. Berikut adalah 5 toko buku online terbesar di dunia

Nama : McNally Robinson
Alamat : 52 Prince Street  New York City, NY 10012-3325
Berdiri sejak : Tahun 1981
Pendiri : Paul, Holly, Victoria McNally
Keterangan : - McNally Robinson toko buku yang dikelola oleh keluarga Mcnally (Paul, Holly dan anaknya Victoria) dengan rekannya Ron Robinson pada tahun 1981 di Manitoba, Canada. Mempunyai 3 toko yang tersebar di Canada dan New York yang akhirnya melebarkan sistem penjualan mereka melalui penjualan online.
    - McNally mempunyai penghargaan tahunan, yang mungkin dijadikan ajang promosi perusahaan. Di antaranya McNally Robinson Book of the Year, Mcnally Robinson Book for Young People dan McNally Robinson Aboriginal Book of the Year.
Sumber foto : mcnallyrobinson.com

Nama : ABE Books
Alamat : 655 Tyee Road. Suite 500. Victoria, BC V9A 6X5. Kanada
Berdiri sejak : Tahun 1995
Pendiri : Rick dan Vivian Pura dan Keith dan Cathy Waters
Keterangan : - Singakatan dari Advanced Books Exchange yang merupakan tempat penjualan buku online terluas dalam industry buku. Buku yang ditawarkan oleh Abe Books adalah buku bekas yang kadang sulit dicari. Banyak penjual independen yang menawarkan harga  buku di website ini, dan persaingan pun berlaku di sini, penjual akan menawarkan harga buku yang miring agar bukunya bisa terjual. Tak hanya penjual independen, ABE Books pun mengijinkan toko buku kecil untuk berkompetisi di pasar yang luas. Pilihan yang tidak terbatas yang ditawarkan oleh AbE Books.
    - Didirikan pada tahun 1995 oleh Rick Pura, Vivian Pura Keith Waters dan Cathy Waters, website ini resmi diluncurkan pada tahun 1996. Beberapa kali sempat digandeng oleh toko buku online lainnya, yang berakhir dengan pembelian saham oleh Amazon untuk anak perusahaan ABE Books, yaitu LibraryThings.
    - ABE Books Tidak hanya menjual buku bekas biasa, tetapi juga buku bekas yang memiliki nilai lebih, seperti buku bekas yang ditandatangani penulisnya sendiri. Sebuah toko buku online yang menjadi salah satu tempat harta karun untuk para penggemar buku.
Sumber foto : abebooks.com

Nama : Barnes & Noble
Alamat : 122 5th Ave, New York City, U.S.
Berdiri sejak : Tahun 1917
Pendiri : Charles M. Barnes, William Barnes, G. Clifford Noble
Aset  : US$3,60 miliar
Laba per tahun : US$-73,9 juta
Keterangan : - Barnes & Noble merupakan toko buku terbesar di Amerika Serikat yang juga memperluas sistem penjualannya melalui penjualan online. Pertama didirikan pada tahun 1917  oleh Charles M. BArnes dan G. Clifford Nobles di New York. Memiliki lebih dari 700 toko dengan 637 toko buku yang tersebar di berbagai universitas. Pada tahun 1971, toko ini dibeli oleh Leonard Riggio, yang sampai sekarang menjadi chairman Barnes & Nobles.
    - Barnes & Noble juga mengoperasikan toko-toko B. Dalton Booksellers kecil di sejumlah mal sampai mereka melikuidasi jaringan tersebut. Perusahaan ini terkenal karena tokonya yang besar dan mewah, beberapa di antaranya memiliki kafe yang menyediakan Starbucks Coffee, serta diskon untuk buku laris. Sebagian toko bukunya juga menjual majalah, surat kabar, DVD, novel grafis, hadiah, permainan, dan musik.
Sumber foto : barnesandnoble.com

Nama : Indigo Books & Music
Alamat : 468 King Street West. Suite 500. Toronto, Ontario, Kanada M5V 1L8
Berdiri sejak : Tahun 1996
Pendiri : Heather Reisman
Total Aset  : CAD 538,4 miliar (Bila kurs CAD$ 1 = Rp 10.500, maka setara dengan Rp 5,653 triliun) 
Laba per tahun : CAD$ -3,2 juta (Bila kurs US$ 1 = Rp 10.500, maka setara dengan Rp 33,6 miliar) 
Keterangan : - Indigo adalah toko buku di Canada yang berekpansi menjadi toko buku online. Indigo Books & Music digagas oleh Heather Reisman pada tahun 1996. Dengan dana yang terkumpul Heather menggandeng dua toko buku besar di Canada yaitu Chapters dan Coles pada tahun 2001. Berkantor pusat di Toronto, Indigo mempunyai 6500 pegawai. Tak hanya menjual buku tentunya, tetapi juga CD, DVD, berbagai macam hadiah dan juga mainan.
    - Indigo Buku & Musik Inc ( " Indigo " ) ( TSX : IDG ) adalah terbesar di Kanada buku , hadiah dan mainan khusus pengecer , beroperasi toko di sepuluh provinsi dan satu wilayah dan menawarkan pilihan yang kuat dari buku , mainan , dekorasi rumah , alat tulis dan hadiah online di indigo.ca . Pada 2 Februari 2016 , Perseroan mengoperasikan 90 superstore di bawah Bab spanduk dan Indigo dan 126 toko format kecil , di bawah spanduk Coles , Indigospirit , SmithBooks , dan The Book Company . Indigo berkantor pusat di Toronto , Ontario dan mempekerjakan lebih dari 6.200 orang di seluruh Kanada . Setelah serangkaian merger dan akuisisi di industri toko buku Kanada, Indigo berdiri sebagai sisa rantai toko buku nasional terakhir Kanada .
Sumber foto : indigo.ca

Nama : Amazon.com
Alamat : Seattle, Washington, Amerika Serikat 
Berdiri sejak : 05 Juli 1994
Pendiri : Jeff Bezos
Omset Tahun 2015 : US$ 107 miliar  (Bila kurs US$ 1 = Rp 13.000, maka setara dengan Rp 1.391 triliun) 
Laba per tahun : US$ 407 juta (Bila kurs US$ 1 = Rp 13.000, maka setara dengan Rp 5, 291 triliun)
Keterangan : - Berawal dari keinginan untuk memberi nama toko onlinenya dengan huruf awal A, akhirnya Bezos menemukan kata yang tepat, yaitu Amazon yang menurutnya berarti tempat yang eksotis dan berbeda, lalu ia menampilkan filosofi yang lebih detail pada logo perusahaannya, huruf A dan Z pada tulisan Amazon yang dihubungkan dengan garis lengkung menyerupai senyum. Kepuasan konsumen (senyum) yang dihasilkan oleh proses yang detail dan lengkap, seperti urutan alphabet.
    - Pengagasnya adalah Jeff Bezos, seorang pekerja  pada perusahaan investasi dan tekonologi di Manhattan, di tahun 1994. Kantor Pusat Amazon terletak di Seattle, USA. Berjalan dengan kesuksesannya di bidang buku, kini Amazon menjadi toko online terbesar, tak hanya buku tetapi juga barang elektronik, software computer, DVD dan CD.
    - Pada perkembangan tempatnya pun menyebar, tak hanya ada di Amerika Serikat, tetapi juga berada di Inggris Raya, Jerman, Prancis, Italy, Austria, Jepang dan China. Tak hanya menjual buku baru saja, tetapi juga menjual buku bekas dengan sangat murah.
Sumber foto : Amazon.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×