kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Set alat permainan catur termahal di dunia


Rabu, 18 Oktober 2017 / 12:00 WIB
5 Set alat permainan catur termahal di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID -  Catur menjadi permainan strategi  terpopuler di dunia sejak 1500 tahun lalu. Cina dan India disebut-sebut sebagai akar permainan catur ini.  Untuk bermain catur, tidak perlu repot dengan kebutuhan peralatan. Cukup menyediakan papan serta buah caturnya. Kemudahan alat dan penguasaan permainannyalah,  catur dinikmati oleh kalangan pemain profesional hingga pemain amatiran pinggir jalan. Tentu saja, ada juga orang yang ingin memiliki set permainan catur ini dengan kualitas tidak asal-asalan. Walau pun sebenarnya titik tolak bermain catur ini ada pada permainannya, bukan pada alatnya. Berikut ini 5 set  permainan catur termahal di dunia versi Kontan.

Nama : Baccarat Crystal Chess Set
Pembuat : Oki Sato (pemilik studio Nendo Jepang untuk Baccarat Perancis)
Tahun Pembuatan : Tahun 2014
Harga : US$ 500.000 (Jika US$ 1 = Rp 13.000, maka nilainya setara dengan Rp 6,5 miliar)
Keterangan : - Baccarat telah mengubah keajaiban kristal menjadi karya abadi sejak 250 tahun terakhir. Produsen barang mewah kristal  dari Perancis ini merayakan ulang tahun ke 250 sehingga menjadi legenda abadi, dengan meluncurkan set catur kristal edisi terbatas. Dalam proyek ini, Baccarat menugaskan Oki Sato, pendiri studio desain Jepang Nendo, untuk merancang  50 set alat permainan catur mewah. Dibutuhkan waktu 200 jam untuk memahat 32 buah catur dari kristal bening. Potongan catur dari edisi peringatan permainan ini benar-benar menyerupai kacamata Harcourt Baccarat. Set catur ini hanya dirancang untuk melakukan beberapa langkah lawan saja. 
Sumber Foto : pursuitist.com

Nama : Hollander Royal Diamond Chess Set
Pembuat : Bernard Maquin untuk Charles Holander
Tahun Pembuatan : Tahun 2005
Harga : US$ 600.000 (Jika US$ 1 = Rp 13.000, maka nilainya setara dengan Rp 7,8 miliar)
Keterangan : - Charles Hollander adalah perusahaan yang dikenal untuk menjual barang-barang yang luar biasa mewah, termasuk diantaranya  set catur Royal Diamond. Perancang dan pembuat perhiasan Prancis Bernard Maquin merancang seperangkat Charles Hollander ini dengan mengomindasikan keindahan dan kemewahan sehingga hasilnya sangat menawan.  Dalam merancang dan membuat  papan catur dan potongannya  ini, Bernard memerlukan waktu tidak kurang dari 4500 jam. Menggunakan bahan emas putih 14 karat yang dihiasi 9.900 butir berlian putih dan hitam seberat 186,09 karat, menjadikan satu set alat permainan catur ini salah satu yang termahal di dunia.   
Sumber Foto : charleshollandercollection.com

Nama : J. Grahl Chees Set
Pembuat : Jim Grahl
Tahun Pembuatan : Tahun 1972
Harga : US$ 700.000 (Jika US$ 1 = Rp 13.000, maka nilainya setara dengan Rp 9,1 miliar)
Keterangan : - Set catur J. Grahl Chess Set ini beda dari set catur yang lain. Dirancang oleh Jim Grahl untuk keluarga Cole pada tahun 1972. J. Grahl Chess Set ini salah satu set catur terberat di dunia dengan berat total 450 gram.  Terbuat dari emas 14 karat dan perak solid, dengan buah catur yang dirancang khusus untuk mewakili estetika Eropa Abad Pertengahan abad ke-14. Grahl menggunakan teknik yang disebut metode 'lost wax' untuk membuat gambar, yang memungkinkannya mendesain masing-masing bagian secara terpisah dengan perhatian besar pada detail terkecil. Papan permainan buatan tangan dari kayu ceri dan kayu eboni, dan disematkan perak sterling. Penutup papan terbuat kaca buatan tangan.
Sumber Foto : jgrahldesign.com

Nama : Art of War Chess Set
Pembuat : Victor F. Scharstein
Tahun Pembuatan : tidak ada
Harga : US$ 750.000 (Jika US$ 1 = Rp 13.000, maka nilainya setara dengan Rp 9,75 miliar)
Keterangan : - Seni Perang Sun Tzu secara luas dianggap sebagai risalah utama strategi militer, yang menjadikannya tema sempurna untuk rangkaian permainan catur. Victor F. Scharstein pun merancang mahakarya set permainan catur ini. Terbuat dari emas murni dan permata bernilai tinggi. Raja, ratu dan menteri  masing-masing dihiasi rubi, zamrud, safir, dan berlian. Sedangkan papan caturnya terbuat dari kayu eboni. Kaki papan, engsel, pegangan dan kunci yang diukir terbuat dari emas bertatahkan permata.
Sumber Foto : luxuo.com

Nama : Jewel Royale Chess Set
Pembuat : Boodles and Jewel Royale, perusahaan desain perhiasan Inggris
Tahun Pembuatan : Tahun 2005
Harga : US$ 1.327.515 (Jika US$ 1 = Rp 13.000, maka nilainya setara dengan Rp 17, 257 miliar)
Keterangan : - Jewel Royale Chesse Set  terbuat dari  emas kuning 18 karat dan platinum padat yang dihiasi 748  butir berlian, 73 butir rubi, 146 buah batu mirah, zamrud,s afir dan mutiara hitam serta putih.  Dan setiap bagian kecuali kuda memiliki spiral berlapis permata di tengahnya. Pertama dilaunching, para pecinta permainan catur merasa kaget dengan harganya. Untuk satu buah raja yakni merupakan potongan terbesarnya dengan bobot 165,2 gram dijual dengan harga US 130.000. Tetapi kemudian Boodle yang bekerja sama perusahaan desain perhiasan Jewel Royale  mengumumkan harganya  US$ 1.327.515. 
Sumber Foto : chees.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×