kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Perusahaan air mineral terbesar di dunia


Rabu, 01 Februari 2017 / 19:41 WIB
5 Perusahaan air mineral terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Air sebagai salah satu sumber kehidupan penting bagi mahluk hidup, merupakan peluang usaha yang sangat menggiurkan. Karena bisa dipasarkan dimana saja di seluruh negara di dunia. Seperti berlomba-lomba, perusahaan-perusahaan dengan modal raksasa pun turut mengendalikan peredaran air di bumi ini. Jutaan galon bahkan miliaran galon air bersih dikonsumsi oleh manusia di muka bumi. Dari kebutuhan terhadap air bersih ini, kemudian melahirkan perusahaan-perusahaan raksasa dunia, hanya dari air minum saja. Berikut 5 perusahaan dengan penjualan terbesar di dunia versi Kontan.

Nama Perusahaan : Nangfu Spring Co. Ltd.
Merek : Shuirong C100, Victory Vitamin Wate, Oriental Leaf, Nongfu Spring
Negara asal : 13th Tsinghua Science Park, NO.63 Chuangqi Road Shilou Town ,Panyu District ,Guangzhou 
Penjuanan 2016 : US$ 2.217,00 juta
Keterangan : - Nongfu Spring adalah perusahaan yang mengoperasikan produk minuman botol yang bermarkas di Xihu, Hangzhou, Zhejiang. Terbentuk pada 26 September 1996, saat konsumsi rakyat Tiongkok mulai berubah pada minuman yang lebih seat. Dengan 12 produk mereka, Nongfu menjadi salah-satu perusahaan air terkemuka di Tiongkok.
    - Air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh Nangfu berasal dari Danau Qindau.  Sehingga sering disebut juga sebagai air dari “Danau Seribu Pulau”. Selain bersih, airnya terkenal bisa langsung diminum. Pada tahun 2013, perusahaan ini dijadikan sebagai penyedia air kemasan terbesar yang beroperasi di seluruh negeri. 
Sumber foto : nongfuspring.com

Nama Perusahaan : The Coca Cola Company 
Merek : Smartwater, Zico, Dasani, ciel, vio, A.Quavina,Bone Aqua, Kinley
Negara asal : Atlanta, Georgia, Amerika Serikat
Penjuanan 2016 : US$ 3.900, 00 juta
Keterangan : -Berkantor pusat di Altanta, Georgia, Amerika Serikat. Coca cola adalah merek minuman yang sudah sangat akrab di telinga orang Indonesia sejak dahulu. Selanjutnya produk minuman bersoda dari Coca Cola menggunakan merek Fanta, Sprite, Minute Maid, Georgia, dan sebagainya selain merek coca cola itu sendiri. Sedangkan produk air mineral damal kemasan yang diproduksi coca cola adalah Ciel, Valpre, Dasani, Vitamin Water ZERO serta Glaceau Smartwater. Merek Aquafina dan Ciel adalah minuman murni tanpa karbonasi paling laris dari coca cola yang dijual di negara Meksiko, Angola dan Moroko. 
    - Tahun 2002, Coca Cola mengakuisisi brand milik Panamerican Beverages atau sering disebut Panamco, yaitu Risco, dan mengubahnya jadi merk Ciel. Tak ayal, Ciel kembali berekspansi dan bisa menguasai Puebla, Guanajuato dan Michoacan. Di tahun 2014 kemarin, merk ini berhasil mendapatkan 35% pasar minuman Meksiko. 
Sumber foto : coca-colacompany.com

Nama Perusahaan : Danone
Merek : Aqua, evian, mizone, Bonafont, Villa del Sur, badoit, Volvic, Font Vella, Zywiec Zdrój, sirma
Negara asal : Boulevard Haussmann, Arondisemen ke-9, Paris, Perancis
Penjuanan 2016 : US$ 4.652,32 juta
Keterangan : - Perusahaan asal Prancis ini berbasis di Kota Paris. Mereka memiliki 4 bisnis utama; air, susu segar, nutrisi dini dan nutrisi medis. Dua dari merk air andalan Danone yaitu Bonafont dan Aqua. Bonafont sebagai merk internasional dikenal sebagai minuman dengan standar kualitas tinggi, serta rasa yang menakjubkan. Palomar Mountain Premium Spring Water yang mengemas dan mendistribusikan merk ini. Dulu di tahun 1992, keluarga Fontanet di Toluca-Meksiko yang menemukan Bonafont, hasil dari proyek investor. Di tahun 1994, Danone membeli perusahaan Bonafont. Merk itu pun berkembang dan merajai pasar Meksiko.
    - Selanjutnya, Aqua. Berdasarkan volume penjualan, merk ini jadi minuman mineral nomor 1 di dunia. Merk inilah yang dipasarkan di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan, Aqua menempati tahta tertinggi di negara ini. PT Aqua Golden Mississippi didirikan tahun 1973 oleh Tirto Utomoto, kemudian beraliansi dengan Danone pada 1998. Pada saat merayakan ulang tahunnya yang ke 40, Aqua merilis logo baru. Iklah terbaru Aqua yang menarik dan kreatif, menunjukkan bahwa pangsa pasar yang dikejar Aqua adalah semua kalangan. 
Sumber foto : dok.kontan

Nama Perusahaan : Hangzhou Wahaha Group Co. Ltd.
Merek : Wahaha, 
Negara asal : No.14 St, Jianggan Qu, Hangzhou Shi, Zhejiang Sheng, China
Penjuanan 2016 : US$ 5.074,00 juta
Keterangan : - Walau namanya terdengar aneh, namun di Tiongkok, nama Wahaha adalah merek yang sangat popular. Adalah perusahaan Hangzhou Wahaha Group Co. Ltd yang memilikinya. Perusahaan milik Zong Qing Hou ini memang jadi produsen air dalam kemasan terbesar  di negeri tersebut. Tagline-nya yang popular yaitu “Healthy Living, Healthy Water” atau “Hidup Sehat, Air Sehat”. Sumber mata air yang dipakai oleh Grup usaha Mahaha ini diambil dari Pegunungan Changbai.
    - Awalnya, yang menjadi target pasar mereka yaitu orang tua dengan satu anak. Dengan keistimewaan airnya yang bebas bakteri, murni dan bebas kandungan metal, Wahaha pun menempati ruang istimewa di hati konsumennya. Selain memproduksi air mineral, produk lain yang dimiliki Wahaha ini minuman susu, soft drink, jus buah, teh botol, bubur dan minuman yoghurt. Pendapatan mereka mencapai 5074 juta dollar atau 68,5 trilyun rupiah.
Sumber foto : en.wahaha.com.cn

Nama Perusahaan : Nestle Waters
Merek : Acqua Panna, Arrowhead, Deer Park, Ice Mountain, Nestea, Nestlé Pure Life, Nestlé Splash, Ozarka, Perrier, Poland Spring, Resource, S. Pellegrino, Sanpellegrino Fruit Beverages, Sweet Leaf Tea, Tradewinds Tea, Zephyrhills
Negara asal : Nestlé S.A. Avenue Nestlé 55, 1800 Vevey, Switzerland
Penjuanan 2016 : US$ 7.364,72 juta
Keterangan : - Nestle terkenal di dunia karena produk makanan dan minumannya. Seperti makanan bayi, teh, serel, makanan instan, air kemasan dan lainnya. Sedangkan khusus untuk air mineral, Nestle memiliki brand Nestle Water, yang tersebar sebanyak 64 merk di berbagai negara. Beberapa merk terkenal mereka yaitu PureLife, Poland Spring, Acqua Panna, Deer Park, springs, Water Park, San Pellegrino, Perrier dan Waterline. 
    - Di Amerika, Nestle PureLife merupakan air murni yang disaring. Merk ini sempat menjadi andalan utama perusahaan. Selanjutnya Nestle PureLife pun menjadi merk paling terkemuka di dunia. Penjualannya mencapai 5 juta air. Hal yang paling menjual dari produk ini yaitu proses pemurnian airnya dan botol-botolnya dengan melalui 12 langkah pemurnian dan peningkatan kualitas, serta mineral campurannya yang unik.
Sumber foto : nestle-watersna.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×