kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Perayaan imlek termegah di dunia


Rabu, 03 Februari 2016 / 12:00 WIB
5 Perayaan imlek termegah di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Perayaan Lunar New Year atau biasa dikenal dengan Tahun Baru Cina alias Imlek merupakan tradisi adat Tionghoa yang setiap tahun dirayakan oleh masyarakat Cina. Perayaan Imlek terbesar di dunia, tentu saja diselenggarakan di negeri para leluhurnya, yakni di China. Tetapi, imlek ini dalam perkembangannya, tidak hanya dirayakan di China, perayaan besar-besaran ini pun diselenggarakan di berbagai penjuru dunia dengan sangat meriah. Festifal jajanan, pameran seni Tiongkok, tarian, seni bela diri, akrobat, barongsai dan kembang api menjadi ciri khas dari perayaan Imlek ini. Berikut ini 5 negara dengan perayaan Imlek termegah di dunia di luar negeri China versi Kontan.

Negara : Sydney, Australia
Rangkaian kegiatan : Festival jajanan, parade lampu, lomba perahu naga, tarian dan barongsai 
Pengunjung : Ratusan ribu pengunjung
Keunikan perayaan : - Perayaan Imlek tahun ini menampilkan sejumlah atraksi baru. Untuk pertama kalinya, prajurit Terracotta menjadi bagian dari Festival Tahun Baru China di Sydney.
    - Lunar Streets juga merupakan tambahan baru dalam perayaan Imlek kali ini di jalanan Chinatown, Thaitown, dan Koreatown. Di tempat itu, banyak berbagai jenis makanan yang ditawarkan di bawah sinar lentera di seluruh kota.
    - Standar Tahun Baru seperti Parade Twilight, Lomba Perahu Naga, dan Pesta Lunar di restoran-restoran yang menambah suasana imlek makin meriah. 
Sumber foto : atalaya.com

Negara : London, Inggris
Rangkaian kegiatan : Festival jajanan, tarian, akrobat, seni bela diri, musisi, dan barongsai
Pengunjung : 500 ribu pengunjung
Keunikan perayaan : - Parade Imlek di London berpusat di Trafalgar Square, tempat wisata terkenal kota ini. Pesta ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pecinan London dan komunitas China lokal. Diharapkan lebih dari 500 ribu orang datang ke sini. 
    - Pembukaan pesta Imlek di Trafalgar Square ini akan diisi dengan pertunjukan akrobat, barongsai, kembang api, serta petasan di pagi hingga siang hari. Kemudian, menjelang malam, perayaan Imlek beralih ke Pecinan. Dengan lampion warna-warni dan dekorasi khas Imlek, jalanan ini menjadi lebih meriah.
    - Lebih dari 100 restoran di London menyediakan menu khusus dan  unik untuk menghormati Imlek, disamping tentunya restoran tersebut juga menyajikan pertunjuk khas masayarakat China yang mencakup lebih dari enam jam pertunjukan. Pada setiap imlek, di seluruh kota London pasti ada warung yang menyediakan makanan dan kerajinan khas Cina. 
Sumber foto : rmol.co.uk

Negara : Singapura
Rangkaian kegiatan :  Festival makanan, buah-buahan, bunga, karnaval,  bazaar jalanan, dan bahkan Kompetisi Dance Internasional
Pengunjung : Lima ratus ribu orang
Keunikan perayaan : - Singapura adalah tempat bertemunya etnis-etnis dunia, mulai dari Tionghoa, India, Melayu, Eropa, dan masih banyak lagi. Tak heran, perayaan hari besar suatu etnis menjadi perayaan besar-besaran di negara ini. Saat Imlek, jalanan-jalanan kota menjadi bernuansa merah, emas, dan kuning, dengan ornamen simbol hewan yang menjadi tahun tersebut. Pasar-pasar malam pun turut memeriahkan Tahun Baru China di Singapura. 
    -  Perayaan Imlek di Singapura  dipusatkan di area Chinatown.  Di sini, ditawarkan makanan, buah-buahan, bunga, dan dekorasi rumah untuk memeriahkan Imlek. Saat Imlek, Istana Presiden Singapura pun dibuka untuk umum, pada pukul 08.30 hingga 18.00. Gratis, serta di dalam istana dapat melihat pertunjukan barongsai.  
    - Imlek di Singapura juga dirayakan dengan Festival Sungai Hongbao, yang diselenggarakan di Marina Bay dan di depan Esplanade. Festival ini menampilkan makanan khas China dan hiasan-hiasan bertema Imlek dalam ukuran besar.
Sumber foto : yoursingapore.com

Negara : New York, Amerika Serikat
Rangkaian kegiatan : Festival jajanan, akrobat, barongsai dan pameran seniTiongkok
Pengunjung : Satu juta orang
Keunikan perayaan : - Pada tanggal 8 Februari 2016 digelar festival budaya dan pembakaran petasan serta Pameran Bunga Imlek. Sementara pada 14 Februari, tepatnya di pecinan yang terletak di Manhattan akan digelar sebuah parade besar. Namun sebelumnya ada pesta kembang api yang digelar di atas Sungai Hudson pada 6 Februari dan light show di Gedung Empire State pada 9 Februari mendatang.
    - Agar perayaan Imlek tambah meriah, Javits Center juga akan mengadakan pameran seni Tiongkok “Fantastic Art China” yang menampilkan seni kontemporer Tiongkok tanggal 6 hingga 10 Februari mendatang. Pameran ini merupakan kerja sama antara siswa dan guru dari Beijing dan New York. Sementara pada tanggal 28 Februari, akan digelar festival lampion di kawasan Sunset Park di Brooklyn yang merupakan kawasan populasi Asia terbesar di New York.
    - Puncak acara Tahun Baru Imlek adalah Golden Dragon dan untuk menghormati perayaan Imlek tersebut, bahkan pada 8 Februari 2016, sekolah-sekolah umum di New York City akan ditutup. Sehingga masyarakat dapat merayakan atau menyaksikan perayaan Imlek secara seksama
Sumber foto : skanaa.com

Negara : Hongkong
Rangkaian kegiatan : Mengunjungi kuil, pasar bunga, parade malam dan barongsai serta pesta kembang api.
Pengunjung : Jutaan orang
Keunikan perayaan : - Bagi Hong Kong, Imlek adalah salah satu momen paling penting dalam agendanya setiap tahun. Tahun Baru Imlek yang lebih dikenal sebagai Festival Musim Semi di Hong Kong mengombinasikan tradisi asli Kanton, seperti mengunjungi kuil dan pasar bunga serta parade malam dan pesta kembang api. 
    - Di Hong Kong ada sekitar 600 kuil tradisional. Biasanya yang ramai dikunjungi saat perayaan Imlek adalah Kuil Wong Tai Sin dan Biara Polin. Saat Imlek di Hong Kong, salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi adalah Festival Sumur Permohonan. Dalam festival ini, pengunjung akan pergi ke Lam Tsuen untuk menerbangkan lampion permohonan yang berisi permohonan di tahun yang baru.
    - Acara terbesar saat Tahun Baru China adalah Parade Malam Tahun Baru yang dilakukan di Tsim Sha Tsui, area tepi sungai di Hong Kong yang terkenal dengan panorama gedung-gedung pencakar langit kota ini. Parade ini akan diramaikan dengan tari barongsai, liong, dan pesta kembang api yang meriah saat malam Tahun Baru.
Sumber foto : hawkgo.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×