kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Negara produsen susu sapi terbesar di dunia


Rabu, 11 Mei 2016 / 12:00 WIB
5 Negara produsen susu sapi terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Susu sapi sudah dikonsumsi manusia sejak berabad-abad lalu. Saat ini, susu tidak hanya dikonsumsi langsung, tetapi banyak juga yang diproses dulu sebelum dimasukan ke dalam kemasan setelah sebelumnya dipastikan tidak mengandung bakteri. Susu sapi juga tidak hanya dikonsumsi langsung dalam bentuk cairan atau bubuk, tetapi juga digunakan untuk membuat sejumlah produk lainnya. Mentega, krim, yoghurt, es krim, keju, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir semua negara di dunia memiliki peternakan sapi untuk diperah susunya. Berikut 5 negara penghasil susu sapi terbesar di dunia berdasarkan data FAO tahun 2015.

Nama Negara : Jerman
Jumlah penduduk : 81,084 juta orang
Populasi sapi : 51,7 juta ekor
Produksi per tahun : 31,1 juta ton
Keterangan : Dengan lebih dari 4,2 juta sapi perah, Jerman menjadi pemuncak produsen susu sapi di Uni Eropa. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh petani susu Jerman adalah meningkat harga tanah dan kian langkanya buruh yang memiliki keterampilan memelihara ternak serta mengolah susu sapi. 
Sumber foto : sueddeutsche.de

Nama Negara : Brasil
Jumlah penduduk : 204,945 juta orang
Populasi sapi : 9,92 juta ekor
Produksi per tahun : 34,3 juta ton
Keterangan : Peningkatan dukungan dari Pemerintah dan biaya produksi yang rendah adalah beberapa alasan utama di balik ini peningkatan produksi susu sapi negara Brasil. Sebenarnya, produksi susu sapi di Brazil memiliki hubungan yang erat dengan India. Mereka banyak mendatangkan sapi yang besar yang terkenal bisa menghasilkan susu dalam jumlah besar. Sapi asli dari Gujarat, India. Di Brasil, sektor produksi susu sapi,  kontribusi terhadap perekonomian nasional secara keselurhan, mengingat bahwa sekitar satu juta orang Brasil bekerja di sektor ini. 
Sumber foto : todoelcampo.com

Nama Negara : China
Jumlah penduduk : 1,373 miliar orang
Populasi sapi : 104,1 juta ekor
Produksi per tahun : 35,7 juta ton
Keterangan : Pada statistik produksi susu sapi secara global, Benua Asia merupakan produsen terbesar dibandingkan empat benua lainnya. Salah satu negara produsen susu sapi terbesar dunia ini adalah negeri Tirai Bambu. China. Dalam berinvestasi, China memang tidak main-main. Agar bisa memenuhi kebutuhan pasar susu di Rusia, peternakan-peternakan di Cina menanamkan modalnya pada sebuah peternakan dengan 100.000 ekor sapi perah. Artinya, para peternak di China, berani berinvestasi 3 kali lebihbesar dibandingkan para peternak di Amerika Serikat. 
Sumber foto : sozcu.com

Nama Negara : India
Jumlah penduduk : 1,275 miliar orang
Populasi sapi : 329,7 juta ekor
Produksi per tahun : 60,6 juta ton
Keterangan : Secara keseluruhan, India adalah negara dengan produksi susu terbesar di dunia. Sedangkan untuk produksi susu sapi, India merupakan negara kedua terbesar di dunia, dengan menyumbang 9,5% dari total produksi susu sapi di dunia. Secara substansi, pada musim 2015 lalu, produksi susu sapi India mengalami kenaikan yang cukup besar. Berkat dukungan perencanaan yang cermat dan pendekatan ilmiah, produksi susu sapi India tiap tahun mengalami kenaikan. Di India, 80% produksi susu berasal dari petani kecil yang terhimpun dalam 130.000 koperasi susu di tingkat desa di wilayah Uttar Pradesh, Andhra Pradesh, Gujarat dan Punjab.  Selain menjadi produsen susu sapi terbesar di dunia, India juga termasuk salah satu negara yang mengonsumsi susu terbesar juga. Sementara negara yang menjadi tujuan ekspor susu sapi asal India adalah negara-negara seperti: Pakistan, Bangladesh, Uni Emirat Arab, Nepal, Bhutan, dan Afghanistan.
Sumber foto : cargil.com

Nama Negara : Amerika Serikat
Jumlah penduduk : 321,3 juta orang
Populasi sapi : 87,73 juta ekor
Produksi per tahun : 91,3 juta ton
Keterangan : Dengan peningkatan produksi 1,76 liter susu setiap ekor sapi, menempatkan Amerika Serikat menjadi negara dengan produksi susu sapi  terbesar di dunia dan urutan kedua untuk produksi susu secara keseluruhan. Negara-negara yang menjadi sentra produksi susu sapi Amerika Serikat adalah California, Wisconsin, Idaho, New York, dan Pennsylvania. Peternakan sapi yang besar  di Amerika Serikat, rata-rata memiliki 15.000 ekor sapi. Tapi tak sedikit juga peternakan kecil yang hanya memiliki 30 ekor sapi. Dan, kesemuanya memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal produksi susu sapi. Permintaan susu sapi domestik didominasi untuk kepentingan bahan baku produksi mentega, krim, yoghurt, es krim, keju dan produk susu lainnya untuk diekspor ke negara-negara lain di seluruh dunia. Diantara negara tujuan ekspor produk susu dan turunannya ini adalah: Meksiko, Arab Saudi, beberapa di Asia Tenggara, Kanada, Taiwan, dan China.
Sumber foto : lolwot.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×