CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

5 Negara penghasil bawang putih terbesar di Dunia


Rabu, 21 Agustus 2019 / 07:00 WIB

5 Negara penghasil bawang putih terbesar di Dunia


KONTAN.CO.ID - Indonesia adalah importir bawang putih terbesar di dunia, tahun lalu nilainya mencapai Rp 7,1 triliun. Bawang putih yang dibudidayakan sejak tahun 2000 SM ini, pertama ditemukan di Mesir kemudian disebarluaskan ke Daratan Tiongkok dan India. Sejak pertama kali ditemukan, masyarakat di 3 negara tersebut meyakini kalau bawang putih  memiliki manfaat untuk bahan rempah dan penyedap masakan serta kesehatan. Manfaat bawang putih adalah untuk mengobati diare dan sakit perut, kulit pucat, penyakit pencernaan, batuk, rematik, obat awet muda dan keperkasaan. Siapakah 5 negara penghasil bawang putih terbesar di dunia?

Negara : Korea Selatan
Luas wilayah : 100.363 km2
Jumlah Penduduk : 51.446.201 orang
Produksi tahun 2018 : 275.549 ton
Keterangan : Bagi orag Korea, bawang putih adalah ‘manul’ yang sangat dicintainya. Diperkenalkan sejak bayi dan tidak pernah disapih. Bawang putih adalah camilan sebelum makan, setelah makan, sarapan, makan siang dan makan malam. Disajikan dalam sup, jeli dan permen. Kota Seoul yang megah dan bersih tapi berbau bawang putih. Ini bisa terdeteksi dari udara saat berada di Bandara Kimpo hingga ke tujuan paling jauh, karena bawang putih dan Korea adalah satu. Tumbuh di sepanjang semenanjung pegunungan dan bawang putih adalah sumber energy, fisik dan ekonomi Korea. Bawang putih juga banyak di bulan muda para pasangan pengantin Korea. Faktanya, setiap pasangan pengantin sebelumnya sudah dibekali ramuan bawang putih untuk melewatkan malam pengantin mereka. Pokoknya, bagi orang Korea, yang diberkahi kemakmuran dan kebanggaan, aroma bawang putih hanyalah aroma manis dari kesuksesan.
Sumber Foto : reutersmedia.net

Negara : Mesir
Luas wilayah : 1.001.450 km2
Jumlah Penduduk : 89471500 orang
Produksi tahun 2018 : 280.216 ton
Keterangan : Bawang putih adalah rahasia jamu Mesir Kuno yang diyakini selama ini sebagai obat penyembuh paling penting. Malah, hingga kini, orang Koptik Mesir masih menggunakannya. Siung bawang putih ditemukan di makam Tutankhamun di Saqqara. Sudah menjadi rahasia umum kalau di dalam piramida akan ditemukan bawang putih. Demikian pula saat orang Mesir membangun piramida, setiap pekerja akan mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih Mesir terkenal karena mengandung banyak minyak dan bebas dari pestisida serta residu tanah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan obat-obatan juga bumbu dapur. Konsumsi bawang putih masyarakat Mesir sendiri sangat tinggi terutama untuk kebutuhan bumbu penyedap masakan. Sedangkan tujuan ekspor bawang putih Mesir Brasil, Rusia, Swedia, Dubai, Arab Saudi, Oman, Pakistan dan Bangladess disamping Amerika Serikat, KAnada, Malaysia, Vietnam serta Negara-negara Eropa lainnya.
Sumber Foto : hiveminer.com

Negara : Bangladesh
Luas wilayah : 147.570 km2
Jumlah Penduduk : 156.594.962 orang
Produksi tahun 2018 : 381.851 ton
Keterangan : Bawang putih menjadi tanaman primadona buat masyarakat Bangladesh. Sebagai tanaman penting yang dibudidayakan pada musim dingin, bawang putih adalah sumber karbohidrat, protein dan fosfor serta membantu menghilangkan limbah dan radikal bebas berbahaya dalam tubuh manusia. Maka tidak heran, di hampir seluruh wilayah di Banglasdeh, para petani menanam bawang putih ini. Disamping manfaatnya untuk badan, harga bawang putih setiap tahun meningkat. Di distrik Nilphamari terdapat kebun bawah putih seluas 800 hektar. Sementara itu di desa Monirampur, Jessore, pusat pertanian paling potensial Bangladesh, tahun lalu tercatat ada 40 hektar lahan dikhususkan untuk budi daya bawang putih ini. Tahun ini diperkirakan tidak kurang dari 100 hektar lahan sudah menjadi  lading bawang putih. Kebutuhan pasar dalam negeri dan permintaan dari Negara-negara di Asia, memacu Bangladesh yang baru lepas dari predikat Negara miskin menjadi Negara berkembang sejak Maret 2018 lalu ini, untuk terus meningkatkan produksi bawang putih. 
Sumber Foto : mindggems.com

Negara : India
Luas wilayah : 3.287.590 km2
Jumlah Penduduk : 1.274.590.000 orang (2015)
Produksi tahun 2018 : 1.400.000 ton
Keterangan : Di India, bawang putih yang berasal dari Asia Tengah dan Iran ini, adalah jantungnya kuliner. Charakasamhita dan Susruta Samhita menyebut bawang putih itu sebagai lahsun.  Selain sebagai bumbu utama makanan, bawang putih juga sering digunakan sebagai obat yang mujarab.  Maka pembudidayaan bawang putih di India menyebar ke hampir seluruh pelosok negeri. Sedangkan Madhya Pradesh, Rajasthan, Uttar Pradesh, Gujarat dan Punjab adalah wilayah terbesar penghasil bawang putih India. Sebagai catatan bahwa bawang putih menyumbang 0,15% untuk total ekspor India. Tujuan ekspornya merupakan Negara-negara Asia seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia Uni Emirate Arab, Pakistan dan Amerika Serikat. Mitra ideal lain yang memiliki komplementaritas perdagangan yang tinggi dengan India adalah Brasil, Jerman, Italia dan Rusia. Negara-negara ini merupakan pasar potensial berikutnya dari bawang putih India.
Sumber Foto : livemint.com

Negara : China
Luas wilayah : 9.596.961 km2
Jumlah Penduduk : 1.372.820.000 orang (2015)
Produksi tahun 2018 : 21.197.131 ton
Keterangan : Masyarakt Tiongkok sudah mengenal dan menanam bawang putih sejak tahun 2000 SM. Orang Tiongkok kuno mengenali efek antibiotik yang kuat dari bawang putih dan menggunakannya dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk menyembuhkan sakit perut dan diare dan penyakit lainnya serta untuk bumbu penyedap masakan.  Dalam perjalanan waktu, bawang putih dari daratan Tiongkok ini penuh dengan perselisihan, terutama dengan negara tetangganya Korea Selatan dan Jepang. Pada 2016, Tiongkok adalah produsen bawang putih terbesar di dunia yang memasok 80% kebutuhan pasaran bawang putih dunia. Sebagian besar bawang putih Tiongkok diproduksi di Shandong, provinsi pantai timur, yang terletak di sebelah tenggara Beijing.  Di Tiongkok, ada 200 pengusaha bawang putih di bawah kordinasi Asosiasi Sirkulasi Sayuran Tiongkok. Setiap tahun para pengusaha bawang putih ini mengadakan konferensi dan festival dengan nama China Garlic.
Sumber Foto : cbc.ca

 

 

 

 

 


Reporter: Deni Riaddy
Editor: Deni RIaddy
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0041 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.2101

Close [X]
×