kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

5 Negara dengan militer terkuat di dunia


Rabu, 30 Januari 2019 / 07:00 WIB

5 Negara dengan militer terkuat di dunia

KONTAN.CO.ID -  ahun lalu, pengeluaran militer dunia diperkirakan mencapai $ 1,7 triliun dan ini adalah tingkat pengeluaran militer tertinggi sejak akhir Perang Dingin. Banyak alasan pengeluaran militer sebuah negara mengalami peningkatan. Tetapi umumnya karena kebutuhan untuk mempertahankan diri terhadap kemungkinan serangan negara lain, ada peningkatan ketegangan geopolitik, ada tekanan dan untuk mengimbangi investasi militer negara tertentu atau bisa juga meningkatnya anggaran belanja militer ini karena modernisasi militer serta gaji pensiun personel. Apa pun alasannya, semakin besar sebuah negara menganggarkan biaya untuk kepentingan militer, tentu akan semakin menakutkan keberadaanya. Berikut adalah 5 negara dengan kekuatan mmiliter terbesar di dunia.

Nama Negara : Perancis
Populasi : 66.836.154 orang
Personel Militer : 387.635 orang
Pesawat tempur : 296 pesawat
Tank tempur : 406 tank
Aset Angkatan Laut : 118 (4 kapal induk)
Anggara pertahanan : US$ 35 miliar (bila kurs US$ 1  Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 490 triliun) 
Keterangan : - Kepala angkatan Bersenjata Prancis adalah Presiden Republik Prancis dalam perannya sebagai chef des armees. Namun Konstitusi menempatkan pasukan pemerintah sipil dan militer di bawah komando menteri kabinet yang diketuai oleh Perdana Menteri. Menteri Angkatan Bersenjata mengawasi pendanaan, pengadaan dan operasi militer. Semasa pemerintahan Presiden Jacques Chirac, Angkatan Bersenjata Perancis mengumumkan akhir wajib militer pada tahun 2001. Tetapi kamu mudanya tetap harus mendaftar untuk kemungkinan wajib militer jika situasi membutuhannya.
    - Unsur-unsur Angkatan Bersenjata Prancis terdiri dari Tentara Prancis, Angkata Udara, Angkatan laut, DHS, LAUT dan DGA dengan tiga layanan (medis, dukungan dan administrasi dan peroleh sistem senjata). Pasukan cadangan Angkatan Bersenjata Prancis terdiri dari cadangan operasional dan cadangan warga. Sementara itu ada lagi pasukan paramiliter dyang disebut National Gendarmerie  atau Pengawal nasional yang berfungsi sebagai pertahanan nasional dan milisi penegak hukum cadangan Angkatan Darat.
    - Prancis mempertahankan salah satu kekuatan militer paling bagus di Eropa dengan mempertahankan penangkal nuklir yang sepenuhnya independen. Kapal selam rudal balistik pribumi milik Prancis ini dirancang untuk dipersenjatai dengan hulu ledak bikinan Prancis serta pencegah nnuklir berbasis udara dan darat. Pasukan militer Konvensional Prancis tercatat tidak kurang dari 215 ribu personel tangguh, Pasukan tangguh ini juga dipersenjatai dengan tank tempur utama LeClerc, helicopter Tiger, pesawat serang Super Etendardn pesawat AWACS dan tanker dengan armada transportasi taktis.
Sumber foto : news-images.vice.com

 

Nama Negara : India
Populasi : 1.266.883.598 orang
Personel Militer : 4207250 orang
Pesawat tempur : 676 pesawat
Tank tempur : 4.426 tank
Aset Angkatan Laut : 295 (3 kapal induk)
Anggara pertahanan : US$ 51 miliar (bila kurs US$ 1  Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 714 triliun) 
Keterangan : - Angkatan Bersenjata India adalah pasukan militer Republik India yang bermarkas di New Delhi, ibu kota India. Presiden India berfungsi sebagai Panglima Tertinggi resmi Angkatan Bersenjata India. Kenyataan di lapangan, control sebenarnya ada pada ekssekutif yang dipimpin oleh Perdana Menteri India. Sedangkan Kementerian Pertahanan diberi tugas dan tanggung jawab untuk melawan pemberontakan dan memastikan keamanan eksternal India.
    - Angkatan Bersenjata India dibagi menjadi 3 layanan dengan seragam militer. Angkatan Darat, Angkatan laut dan Angkatan Udara. Selain ketiga unsur ini, Angkatan Bersenjata India juga didukung oleh Penjaga Pantai dan organisasi paramiliter serta berbagai komando dan lembaga antar-dinas seperti Komando Strategis, Komando Andaman dan Nikobar dan Staf Pertahanan Terpadu. Di India, yang dimaksud dengan pasukan Paramiliter adalah Pasukan Polisi Bersenjata  di bawah kendali Kementerian Dalam Negeri.
    - Angkatan Bersenjata India memelihara hubungan militer dengan Rusia, termasuk pengembangan program kerjasama Fighter Generation Fighter Aircraft (FGFA) dan Multirole Transport Aircraft (MTA). Angkatan Bersenjata India juga sudah dipersenjatai nuklir dan terus mengalami modernisasi dengan investasi di bidang sistem prajurit futuristic dan sistem pertahanan rudal.
Sumber foto : sohanews.sohacdn.com

Nama Negara : China
Populasi : 1.373.541.278 orang
Personel Militer : 3.712.500 orang
Pesawat tempur : 1.271 pesawat
Tank tempur : 6.457 tank
Aset Angkatan Laut : 714 (1 kapal induk)
Anggara pertahanan : US$ 161,7 miliar (bila kurs US$ 1  Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 2.263,8 triliun) 
Keterangan : - Angkatan Bersenjata Republik Rakyat Tiongkok (RRC) tergabung dalam Tentara Pembebaan Republik Rakyat Tiongkok (PLA), bersama Partai Komunis Tiongkok (CPC) sebagai partai pendiri dan penguasa. PLA terdiri dari 5 cabang layanan profesional, Angkatan Darat, Angkatan Laut, AngkatanUdara, Angkatan Roket dan Angkatan Dukungan Strategis. Selain sebagai eksportir senjata terbesar ketiga terbesar di dunia, Angkatan Bersenjata RRC  disebut-sebut sebagai salah satu kekuatan militer modern paling cepat di dunia dan telah disebut juga sebagai negara adikuasa potensial. 
    - PLA berada di bawah komando Komisi Militer Pusat (CMC) dari Partai Komunis Tiongkok. Secara hukum berkewajiban mengikuti prinsip kontrol atas militer. Pendek kata, PLA berada di bawah kendali absolute PartaiKomunis Tiongkok dengananglima Utamana adalah Ketua Komisi Militer Pusat yang biasanya Sekretaris Jenderal Partai Komunis. Sedangkan Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok yang beroperasi di bawah Dewan Negara tidak punya wewenang apa pun atas PLA.
    - Hukum di Tiongkok menetapkan adanya dinas militer. Tetapi pada kenyataannya, wajib militer di Cina tidak pernah ditegakkan karena Angkatan Bersenjata Cina sudah memiliki sejumlah besar personel militer dan paramiliter. Apabila terjadi masa darurat nasional, maka Polisi Bersenjata Rakyat dan milisi Tentara Pembebasan Rakyat akan bertindak sebagai elemen pendukung dan pendukung bagi PLAGF.
Sumber foto : s3-us-west-2.amazonaws.com

Nama Negara : Rusia
Populasi : 142.355.415 orang
Personel Militer : 3.371.027 orang
Pesawat tempur : 806 pesawat
Tank tempur : 20.216 tank
Aset Angkatan Laut : 352 (1 kapal induk)
Anggara pertahanan : US$ 44,6 miliar (bila kurs US$ 1  Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 6.244 triliun) 
Keterangan : - Pasukan militer Federasi Rusia didirikan pasca pembubaran Uni Soviet pada tahun 1992. Boris Yeltsin yang menjadi presiden Rusia saat itu, menandatangani dekrit presiden yang menetapkan Kementerian Pertahanan Rusia dan menempatkan semua pasukan Angkatan Bersenjata Soviet di wilayah Republik Sosialis Federasi Soviet. Angkatan Bersenjata Rusia merupakan kekuatanmiliter kedua terbesar di dunia. Disamping itu, militer Soviet juga dikenal sebagai eksportir senjata terbesar kedua di dunia.
    - Panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Rusia adalah Presiden Rusia. Di bawah hukum federal Rusia, Dewan Keamanan Rusia membentuk layanan militer terdiri dari PAsukan Perbatasan Layanan Keamanan Federal (FSB), Garda Nasional, Kementerian Dalam Negeri (MVD), Layanan Pelindung Federal (FSO), Layanan Intelijen Asing (SVR) dan pertahanan sipil EMERCOM.
    - Tiga puluh persen personil Angkatan Bersenjata Rusia adalah prajurit kontrak/wajib militer. Wajib militer adalah pelayanan untuk jangka waktu 12 bulan bagi warga Rusia berusia 18-27 tahun. Penangguhan wajib militer diberikan kepada mahasiswa sarjana dan pasca sarjana, warga yang memiliki gelar Ph.D., serta putra dan saudara lelaki dari prajurit yang terbunuh atau cacat selama bertugas di dinas militer. Jajaran militer Rusia juga terbuka untuk warga negara non-Rusia di Negara-negara Persemakmuran Merdeka.
Sumber foto : checkpointasia.b-cdn.net

Nama Negara : Amerika Serikat
Populasi : 323.995.528 orang
Personel Militer : 2.363.675 orang
Pesawat tempur : 2.296 pesawat
Tank tempur : 5.884 tank
Aset Angkatan Laut : 415 (19 kapal induk)
Anggara pertahanan : US$ 587,8 miliar (bila kurs US$ 1  Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 8.229,2 triliun) 
Keterangan : - Angkatan bersenjata Amerika yang menjadi kekuatan militernya terdiri dari Angkatan Darat, Korps Marinir, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Penjaga Pantai. Kebijakan militer Amerika Serikat dibentuk oleh Departemen Pertahanan (DoD) dan Departemen Keamanan Dalam Negeri (Penjaga Pantai – Coast Guard)di bawah komando Panglima Angkatan Bersenjata yakni Presiden Amerika Serikat. Ada 3 kategori militer yang berlaku di AS: Tugas aktif, pasukan cadangan dan penjaga serta veteran dan pensiunan.
    - Dilihat dari jumlah personel dan anggaran biaya, Angkatan Bersenjata AS adalah terbesar di dunia. Amerika Serikat memiliki lebih dari 2 karyawan sipil dan militer. Sedangkan rekretmen personel dilakukan melalui Sistem Layanan Selektif dan ditujukan untuk semua warga negara laki-laki dan penduduk yang tinggal di AS berusia anta 18-25 tahun.
    - Dilihat dari sisi anggaran, Angkatan Bersenjata AS menghabiskan lebih dari Rp 8.200 triliun per tahun atau 40% dari total anggaran militer seluruh dunia. Karena anggaran yang besar, Angkatan Bersenjata AS memiliki sistem pertahanan dan keamanan tercanggih, terkuat dan tersebar di seluruh dunia dengan 800 pangkalan militer. 
Sumber foto : s.hdnux.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Reporter: Deni Riaddy
Editor: Deni RIaddy
Video Pilihan

TERBARU
Terpopuler
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0606 || diagnostic_web = 0.3331

Close [X]
×