kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.577.000   13.000   0,83%
  • USD/IDR 16.375   -60,00   -0,37%
  • IDX 7.108   27,96   0,39%
  • KOMPAS100 1.052   -1,07   -0,10%
  • LQ45 828   0,75   0,09%
  • ISSI 212   -0,75   -0,35%
  • IDX30 426   0,83   0,19%
  • IDXHIDIV20 509   1,31   0,26%
  • IDX80 120   -0,25   -0,21%
  • IDXV30 124   -0,06   -0,04%
  • IDXQ30 140   0,01   0,01%

5 Logo perusahaan termahal di dunia


Rabu, 17 Juli 2019 / 07:00 WIB
5 Logo perusahaan termahal di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID - Logo perusahaan tidak hanya kumpulan warna, bentuk dan huruf tanpa makna. Ia merupakan identitas perusahaan yang mampu menembus batasan budaya dan bahasa. Perhatikan saja logo Nike, Apple, Sony Vaio atau McDonald, walaupun tanpa teks tapi semua orang di dunia mafhum siapa mereka. Memiliki logo yang tepat tentu dapat membedakan arti kesuksesan dengan kegagalan. Tidak peduli kalau harus mengeluarkan dana triliunan, yang penting logo perusahaannya bisa mewakili perusahaan dan menarik pelanggan baru. Berikut ini 5 logo perusahaan termahal di dunia versi Kontan.

Nama Perusahaan : ANZ Bank
Jenis usaha : Perbankan
Alamat : ANZ Centre 23 Albert St, Auckland 1010 - Selandia Baru
Negara : Selandia Baru
Desainer : Tanaka Ikiru
Harga Logo : US$ 210 juta (Jika kurs US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 210 miliar)
Keterangan : ANZ adalah Grup Perbankan yang berkantor pusat di Selandia Baru. Perusahaan hasil merger yang sudah berusia 68 tahun ini sudah empat kali mengubah logonya. Logo ANZ yang saat ini dipakai adalah logo buatan tahun 2009. Logo seharga Rp 210 miliar ini menampilkan huruf ANZ dibubuhi gambar lotus di belakangnya. Kesan yang ditimbulkan dari logo ini adalah gerakan bersama dengan elemen grafis. Adapun maknanya adalah melambangkan transformasi strategis ANZ untuk menjadi bank super regional dengan fokus kuat di Asia Pasifik. Lotus sendiri simbol persatuan dan pertumbuhan yang relevan bagi pelanggan mereka di seluruh wilayah tanpa memandang perbedaan bahasa dan budaya. 
Sumber foto : cnbc.com

Nama Perusahaan : Posten Norge
Jenis usaha : Layanan Pos Norwegia
Alamat : Biskop Gunnerus Gate 14 Oslo, 0185 Norway
Negara : Norwegia
Harga Logo : US$ 55 juta (Jika kurs US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 770 miliar)
Keterangan : Posten Norge adalah perusahaan layanan pos milik pemerintah Norwegia yang memiliki hak tunggal untuk mendistribusikan dan mengirim surat dengan berat kurang dari 50 gram di seluruh Negara bagian Norwegia. Pada tahun 2008, pihak perusahaan memutuskan untuk mengganti logo perusahaan agar citra yang tercipta kemudian menjadi sebuah perusahaan modern. Hasilnya, sebuah logo seharga Rp 770 miliar. Mahal tetapi menurut pihak perusahaan, membantu menciptakan citra positif merek sambil membangkitkan kesadaran di antara para pelanggan dan klien. 
Sumber foto : dagsavisen.com

Nama Perusahaan : Accenture
Jenis usaha : Layanan teknologi multinasional, konsultasi manajemen, dan perusahaan outsourcing
Alamat : Dublin, Irlandia
Negara : Irlandia
Desainer : Landor Associates
Harga Logo : US$ 100 juta (Jika kurs US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 1,40 triliun)
Keterangan : Accenture adalah layanan teknologi multinasional, konsultasi manajemen, dan perusahaan outsourcing. Pada tahun 2000, Andersen Consulting memutuskan kontrak mereka dengan grup akuntansi Andersen dan perusahaan konsultan sehingga mereka terpaksa mengubah namanya  menjadi Accenture, artinya  aksen di masa depan. Landor Associates yang ditunjuk untuk membuat logo perusahaan Accenture ini menyambutnya dengan gembira.  Logo Accenture dari Landor ini tampaknya sangat sederhana, teks murni kemudian di atas huruf (t) dibubuhi  tanda maju. Tetapi efeknya  sangat luar biasa, sehingga  mengubah logo menjadi konsep kuat dan menyenangkan. Tanda maju menandakan tanda perusahaan dalam waktu dekat.
Sumber foto : accenture.com

Nama Perusahaan : British Petroleum
Jenis usaha : Perminyakan
Alamat : 1 St James's Square, London - SW1Y 4PD
Negara : Inggris
Desainer : Landor Associates
Harga Logo : US$ 210 juta (Jika kurs US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 2,94 triliun)
Keterangan : Logo BP didesain ulang oleh Landor Associates pada tahun 2008. Landor mendesain ulang merek BP dengan sangat unik. Untuk mendapatkan proyek disain ulang logo BP ini, Landor  bersaing dengan 4 perusahaan sejenis yang  sudah berdiri di bidang yang sama.  Logo BP ini, menurut Landor dimaknai sebagai  “Tanda Helios yang  dikembangkan, artinya melambangkan perusahaan yang baru saja merger. Cerah dan berani,  identitas ini membangkitkan bentuk dan energi alami yang masing-masing mewakili posisi BP sebagai pemimpin lingkungan dan tujuannya bergerak melampaui sektor perminyakan. "
Sumber foto : midleeastmonitor.com

Nama Perusahaan : Symantec Brand & Acquisition
Jenis usaha : Perusahaan komputer dan software
Alamat : 350 Ellis Street. Mountain View, CA 94043 United States
Negara : Amerika Serikat
Desainer : Symantec Logo
Harga Logo : US$ 1.280 juta (Jika kurs US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 17,92 triliun)
Keterangan : Symantec Corp., secara resmi meluncurkan logo terbarunya pada 5 Oktober 2010. Logo ini melambangkan fokus perusahaan pada kepercayaan yang memungkinkan dan memastikan pelanggan memiliki akses sederhana dan aman ke informasi mereka dari mana saja. Logo dengan nama Symantec dan tanda centang di atas huruf “t” ini merupakan simbol dari tingkat kepercayaan 250 juta tayangan setiap hari di lebih dari 100.000 situs web  yang tersebar di 160 negara di dunia. Ini ssesuai dengan visi Symantec untuk menyatukan identitas dan keamanan perangkat, perlindungan informasi, konteks dan relevansi dan manfaat dari pengungkitan cloud - semua pemacu kepercayaan penting dalam dunia yang terhubung. Logo Symantec adalah logo termahal dalam sejarah dunia. Beberapa pihak mengklaim kalau harga logo yang Rp 17,9 triliun tersebut sebetulnya biaya rebranding yang disatukan dengan biaya akuisisi VeriSign.
Sumber foto : iluminasi.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×