Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy
Kereta merupakan salah satu kendaraan yang bebas dari kemacetan lalu lintas. Sehingga setiap negara yang jumlah penduduknya padat, berlomba-lomba membangun sarana dan prasarana kereta api. Kini, kereta api tidak saja berfungsi sebagai sarana angkutan umum yang murah dan cepat, tapi di banyak negara di dunia, naik kereta api sungguh dijadikan arena wisata terutama pada kereta yang punya kecepatan seperti pesawat jet. Berikut ini, lima negara dengan penyediaan kereta api tercepat di dunia.
Nama kereta | : | KTX |
Negara | : | Korea Selatan |
Mulai operasi | : | Tahun 1992 |
Pengembang | : | Hyundai Rotem, sejak 2009 dioperasikan oleh Korail |
Tujuan/jarak tempuh | : | Penguhubung beberapa kota utama di Korea |
Kecepatan maksimum | : | 352 kilometer per jam |
Keterangan | : | - Mengadopsi teknologi TGV (kereta api berkecepatan tinggi dari perancis)KTX mampu mencapai kecepatan maksimal 352 kilometer per jam. Kenyataannya, demi alasan keamanan kereta KTX hanya dioperasikan pada kecepatan 250 kilometer per jam. |
- Kereta yang bisa mengangkut 363 penumpang ini didukung oleh daya listrik sebesar 25 kV/60 AC. | ||
Sumber foto | : | koreabanq.com |
Nama kereta | : | CRH 380A Maglev Shanghai |
Negara | : | China |
Mulai operasi | : | Tahun 1999 |
Pengembang | : | China South Locomotive & Rolling Stock Corporation (CSR) |
Tujuan/jarak tempuh | : | Jalur antar kota Shanghai-Hangzhou |
Kecepatan maksimum | : | 430 kilometer per jam |
Keterangan | : | - Dibangun dengan teknologi jerman, kereta ini dapat mencapai kecepatan 430km / jam dan dapat mengambil penumpang dari Pudong International Airport ke Longyang Road Station di pusat kota hanya 8 menit saja. |
- Keunggulan CRH 380A tidak hanya terletak pada kecepatannya saja. Desain interior yang bersih dan elegan sudah pasti memanjakan para penumpang kereta super cepat ini. Tak hanya itu, kereta canggih ini bahkan tidak menimbulkan goncangan sedikitpun saat melaju membawa para penumpangnya ke tempat tujuan. | ||
Sumber foto | : | vi.rfi.fr |
Nama kereta | : | ICE - Inter Citi Express |
Negara | : | Jerman |
Mulai operasi | : | Tahun 1980 |
Pengembang | : | Siemen |
Tujuan/jarak tempuh | : | Kereta penghubung antar kota di Jerman |
Kecepatan maksimum | : | 550 kilometer per jam |
Keterangan | : | - Kereta ini merupakan bagian dari program pemerintah Jerman dimana proyek untuk kereta ini telah dimulai pada tahun 1980 dan terus mengalami perkembangan. Kereta ini mampu berjalan dengan kecepatan hingga 550 kilometer per jam. Kenyataannya, walaupun bisa mencapai keepatan maksimal, kereta ini hanya dioperasikan dengan kecepatan 220 kilometer per jam saja. |
- Sayangnya, kereta yang melayani rute antara Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart ini, pada 2006 mengalami kecelakaan dan menewaskan 23 penumpangna. | ||
Sumber foto | : | kci.com |
Nama kereta | : | TGV - Train à Grande Vitesse |
Negara | : | Perancis |
Mulai operasi | : | Tahun 1981 |
Pengembang | : | Alstom dan SNCF, dan dioperasikan oleh SNCF, Perusahaan rel Nasional Perancis |
Tujuan/jarak tempuh | : | Kereta penghubung antar kota ke dan dari Paris juga ke negara tetangga |
Kecepatan maksimum | : | 574,8 kilometer per jam |
Keterangan | : | - TGV ini melayani rute Lyon dan Paris, setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom SA – perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan memiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam |
- Tak hanya cepat, bahkan dalam sistem rem, kereta Api TGV ini memiliki sistem rem terbaik. Sistem pengereman dengan rem elektrik pada bogie yang mempunyai motor traksi dan rem cakram (disc brake) pada bogie kereta/trailer, membuat para penumpang nyaman. | ||
Sumber foto | : | tgveurofrance.com |
Nama kereta | : | JR-Maglev MLX01 |
Negara | : | Jepang |
Mulai operasi | : | Tahun 2003 (Saat uji coba) |
Pengembang | : | Japan Railway Technical Research Institute (berasosiasi dengan Japan Railway Group) |
Tujuan/jarak tempuh | : | Tokyo - Osaka |
Kecepatan maksimum | : | 581 kilometer per jam |
Keterangan | : | - Tercatat di Guinness World Records sebagai kereta api listrik tercepat di dunia. Kereta api super cepat ini bentuknya mirip pesawat, menggunakan teknologi levitasi magnetik (maglev), sehingga bisa mencapai kecepatan maksimum sampai 581 kilometer per jam. |
- Menggunakan sistem superkonduktor, kereta ini melayang 10 cm di atas rel. Dorongan ke depan dilakukan melalui interaksi antara rel magnetik dengan mesin induksi yang juga menghasilkan medan magnetik di dalam kereta. | ||
Sumber foto | : | japanmarkt.de |
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News