kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.042.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.445   2,00   0,01%
  • IDX 7.867   -18,52   -0,23%
  • KOMPAS100 1.102   -2,88   -0,26%
  • LQ45 800   1,11   0,14%
  • ISSI 269   -0,86   -0,32%
  • IDX30 415   0,50   0,12%
  • IDXHIDIV20 482   1,02   0,21%
  • IDX80 121   -0,09   -0,07%
  • IDXV30 132   -1,13   -0,85%
  • IDXQ30 134   0,17   0,13%

5 Jembatan terekstrim di dunia


Rabu, 19 Agustus 2015 / 12:05 WIB
5 Jembatan terekstrim di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Fungsi jembatan adalah untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat lainnnya. Dengan demikian orang-orang akan mudah berpindah dari suatu tempat ke tempat yang dituju tanpa harus memutar jalan. Namun, bagaimana kalau suatu jembatan yang seharusnya memudahkan seseorang untuk berpindah tempat malah berisiko membahayakan nyawa orang-orang yang melewatinya. Tak semua jembatan yang ada di dunia ini aman untuk dilewati, buktinya ada beberapa jembatan yang sangat berbahaya untuk dilewati.  Berikut ada 5 jembatan paling ekstrim di dunia yang pada perkembangannya malah dijadikan sebagai tujuan wisata...

Nama : Trift
Daerah, Negara : Pegunungan Alpen, Swiss
Desain : Jembatan suspensi khusus
Bahan : Kabel dan kayu
Panjang total : 170 meter
Tinggi : 100 meter
Uraian : - Salah satu jembatan suspensi untuk pejalan kaki terpanjang dan tertinggi Pegunungan Alpen, Trift dibangun pada tahun 2004 untuk menyambung kembali jalan ke pondok yang tak dapat diakses karena mencairnya gletser .
    - Sebuah renovasi pada tahun 2009 memberikan pegangan tangan lebih tinggi dan kabel yang menstabilkan goyangan karena terpaan angin. Tapi tetap saja memicu adrenalin.
    - Jembatan yang membentang menyeberangi danau Triftsee di Swiss ini didatangi hampir 20.000 pengunjung setiap tahunnya. Untuk melewati jembatan ini, perlu naik cable car terlebih dahulu, kemudian mendaki selama sekitar 2 jam untuk bisa sampai di jembatan ini.
Sumber foto : olshops.org

Nama : Puente de Ojuela
Daerah, Negara : Kota Ojuela, Meksiko
Desain : Jembatan Gantung
Bahan : Kayu dan kabel baja
Panjang total : 317 meter
Tinggi : 109 meter
Uraian : - Ojuela adalah pemukiman pertambangan kecil terletak di barat laut kota Durango, di Meksiko utara. penyelesaian ini sekarang dikenal sebagai kota hantu sebagai akibat dari bijih mineral yang lelah. Satu-satunya yang masih hidup dari struktur fungsional adalah jembatan gantung.Jembatan ini dikenal sebagai "Puente de Ojuela" (Ojuela Bridge) oleh penduduk setempat.
    - Puente de Ojuela atau Jembatan Mapimi adalah sebuah jembatan gantung yang terletak di Mapimi, di negara bagian Meksiko, Durango. Jembatan ini dirancang oleh Wilhelm Hildenbrand dan dibangun oleh perusahaan John A. Roebling Sons Company, New York.
    - Lantai kayu dari jembatan ini berderit dan memberi efek ngeri. Untungnya, kabel baja yang terbentang pada dua menara memiliki standar keamanan yang baik. Insinyur Jerman, Santiago Minhguin, membangun jembatan ini pada abad ke-19. Jembatan ini memiliki rentang utama 271,5 meter dan jarak antar tiang 315,5 meter. Saat ini, Puente de Ojuela hanya bisa digunakan untuk pejalan kaki. 
Sumber foto : pinterest.com

Nama : Carrick-1-Rede Rope
Daerah, Negara : Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara
Desain : Jembatan suspensi sederhana
Bahan : Tali
Panjang total : 20 meter
Tinggi : 30 meter
Uraian : - Carrick-a-Rede Rope Bridge merupakan salah satu jembatan gantung yang paling ekstrem di dunia dan saat ini menjadi salah satu destinasi yang populer di Irlandia. Dibangun di Whitepark Road, Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara, jembatan gantung ini menghubungkan daratan utama Irlandia dengan sebuah pulau bernama Carrick-a-Rede. 
    - Carrick-a-Rede Rope Bridge merupakan salah satu jembatan gantung yang paling ekstrem di dunia dan saat ini menjadi salah satu destinasi yang populer di Irlandia. Dibangun di Whitepark Road, Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara, jembatan gantung ini menghubungkan daratan utama Irlandia dengan sebuah pulau bernama Carrick-a-Rede.

Jembatan gantung yang ekstrem dan pasti menciutkan nyali siapapun yang melintasinya ini awalnya dibangun hanya untuk para nelayan yang ingin mengecek berapa ikan salmon yang berhasi mereka dapatkan dalam jaring yang mereka pasang di perairan pulau Carrick-a-Rede. Sebelum dibangunnya jembatan ini para nelayan harus melalui jurang sedalam 30 meter.
    - Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang kemudian tertarik merasakan serunya melintasi Carrick-a-Rede Rope Bridge. Tidak hanya mereka yang berasal dari Irlandia yang tertarik menjajalnya, banyak petualang dari negara-negara lain yang juga tergoda merasakan serunya menguji nyali dengan melintasi Carrick-a-Rede Rope Bridge ini.
Sumber foto : olshops.org

Nama : Royal George
Daerah, Negara : Arkansas, Colorado, Amerika
Desain : Jembatan Gantung
Bahan : Kabel baja dan balok baja
Panjang total : 384 meter
Tinggi : 321 meter
Uraian : - Jembatan ini berketinggian 321 Meter di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terutama yang gemar berwisata memacu adrenalin
    - Terletak dekat Canon City, Colorado, Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 meter,lebar 5 meter dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 meter .
    - Jembatan Royal George dibangun pada tahun 1929 dengan menghabiskan dana sekitar USD 350.000,  telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata
Sumber foto : olshops.org

Nama : Titlis Cliff Walk
Daerah, Negara : Pegunungan Alpen, Swiss
Desain : Jembatan Gantung
Bahan : Kabel baja dan balok baja
Panjang total : 500 meter
Tinggi : 3000 meter DPAL
Uraian : - Titlis Cliff Walk adalah sebuah jembatan penyeberangan di sepanjang tebing Gunung Titlis di Pegunungan Alpen Swiss. Dibangun sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut, diyakini menjadi jembatan gantung elevasi tertinggi di Dunia.  Jembatan mencakup jarak sekitar 98 m tetapi dengan lebar hanya 0,91 meter.
    - Jembatan ini dirancang untuk menahan angin yang mencapai lebih dari 120 mil/jam (190 km/jam) serta salju yang signifikan, dan dapat mengatasi sekitar 500 ton dari salju. 
    - Sebagian besar bahan yang digunakan dalam konstruksi diangkut pada mobil kabel, dengan bagian yang lebih besar yang disampaikan oleh helikopter. Pada hari yang cerah, orang-orang di jembatan dapat melihat gletser 460 m di bawah mereka bersama dengan Uri Alpen dan bagian Italia.
Sumber foto : gogirlmagz.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
BOOST YOUR DIGITAL STRATEGY: Maksimalkan AI & Google Ads untuk Bisnis Anda! Business Contract Drafting

[X]
×