kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

5 Jam Termahal di dunia Tahun 2019


Selasa, 17 September 2019 / 07:00 WIB

5 Jam Termahal di dunia Tahun 2019


KONTAN.CO.ID - Jam tangan bukan hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga sebagai perhiasan yang bisa mewakili keberadaan jati diri si pemakainya. Karena pada akhirnya jam tangan ini multi fungsi, maka selain harus sedap dipandang mata dan mempesona, juga harus memiliki akurasi tinggi. Agar fungsi jam nya bisa mengimbangi nilai keindahan secara keseluruhan. Berikut ini 5 jam tangan termahal di dunia yang memadukan cita rasa seni yang menawan dengan teknologi tinggi versi Kontan.

Nama : Chopard 201-carat Watch
Desainer : Rich Glare 
Pembuat : Chopard, Swiss
Kelebihan : Seperti namanya, Chopard 201 Carat Watch, jam tangan ini secara keseluruhan memiliki bobot 201 karat. Berlian yang tertanam pada jam ini semuaya ada 874 butir, terdiri dari 26 berlian berbentuk lonjong dengan berat 17.07 karat, juga 260 butir berlian berbentuk bulat kecil aneka warna seberat 60 karat. Serta ratusan berlian dan jenis batu permata lainnya. Sedangkan 3 berlian berbentuk hati mengitari bagian utama jam yang masing-masing berbobot15 karat berlian berwarna pink, 12 karat berwarna biru dan 11 karat berwarna putih. Jika ditekan salah satu bagiannya, tiga berlian berbentuk hati tersebut akan bergeser dan memperlihatkan bagian utama jam tangan yang berwarna emas. Dengan desain yang unik seperti itu, tentu saja mekanisme pembuatan jam tangan ini sangat rumit. Tetapi Chopard berhasil membuat jam tangan ini dan beritanya menghiasi head line berita Koran dan majalah di dunia.
Harga : US$ 24 juta  (Jika US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 350 miliar)
Sumber Foto : stitchfit.com

Nama : Jaeger-LeCoultre Joaillerie 101 Manchette
Desainer : Jaeger Le Coultre
Pembuat : Haute Joaillerie Horlogerie (Swiss) 
Kelebihan : Haute Joaillerie mendesain jam tangan ini dengan konsep menyatukan seni dan teknologi tinggi.  Hasilnya bisa diduga, sebuah jam tangan yang sangat indah dengan tingkat akurasi sempurna. Seni dan teknologi saling melengkapi sehingga menghasilkan perhiasan yang menakjubkan. Manchette dibangun dengan 576 butir berlian dan alas emas putih, disusun dalam pengaturan menarik sehingga memberikan daya tarik visual artistic. Alas berbentuk ubin yang tersusun sehingga menjadi rantai pengikatnya dengan bertatahkan berlian ini berbeda satu sama lainnya. Ada alas yang ditaburi 16 butir berlian dengan pola klasik 4-4, ada pula yang berbentuk salib diagonal dengan 3 berlian di setiap bidang. Jam tangannya sendiri memiliki gerakan mekanis yang sangat kecil. Tediri dari 98 bagian dengan berat hanya 1 gram.
Harga : US$ 26 juta  (Jika US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 364 miliar)
Sumber Foto : thejewelleryeditor.com

Nama : Breguet Grande Compilation Maria Antoniette
Desainer : Abraham-Louis Breguet 
Pembuat : Abraham-Louis Breguet 
Kelebihan : Jam tangan saku atau lebih tepatnya disebut arloji saku ini dibuat oleh Abraham-Louis Breguet pada tahun 1782 dan baru selesai pada tahun 1827 (45 tahun), atas pesanan seorang pria untuk diberikan kepada Ratu Prancis saat itu, Marie Antoinette. Breguet Grande Compilation Maria Antoniette, adalah jam saku yang dibungkus emas dengan mekanisme yang rumit untuk menjalankannya. Sedangkan untuk mengurangi gesekan maka digunakan safir. Sangat disayangkan, Marie Antoinette sendiri tidak bisa melihat atau memiliki jam yang pada saat itu, tentu saja jam saku ini memiliki desain, teknologi dan fungsi yang menakjubkan, karena 34 tahun sebelum jam ini selesai dibuat, Marie sudah dieksekusi. Kerumitan ekstrim dan takdirnya yang luar biasa, memesona para pembuat jam dan menghantui imajinasi para kolektor. Dicuri pada tahun 1983 dari sebuah museum di Yerusalem dan kembali pada bulan Desember 2007.  
Harga : US$ 30 juta  (Jika US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 420 miliar)
Sumber Foto : breguet.com

Nama : Graff Diamonds The Fascinaion
Desainer : Laurence Graff
Pembuat : Graff Design And Manufactures, London, Inggris
Kelebihan : Daya tarik jam tangan buatan Laurence Graff ini terletak pada fungsinya. Jam tangan ini bisa berubah bentuk menjadi sebuah geleng berlian putih yang mewah dan sangat indah, bisa juga berubah fungsinya menjadi sebuah cincin yang luar biasa indahnya, serta tentu saja fungsi utamanya adalah sebuah jam tangan. Graff Diamonds The Fascinaion terdiri dari 152, 96 karat berlian putih dengan batu mewah yang sangat indah seberat 38,13 karat D, berbentuk pear sempurna. Menurut desainernya, Graff, karya indah ini dimaksudkan untuk menunjukkan ikatan erat antara merek jam ini dengan rumah berlian yang berbasis di London dan atelier pembuatan jam di Swiss. Pertanyaannya kemudian, dengan harga sedemikian mahal ini apakah pemiliknya akan memakai  perhiasan ini sebagai  Jam tangan, gelang atau cincin? 
Harga : US$ 40 juta (Jika US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 560 miliar)
Sumber Foto : ft.com

Nama : Graff Diamonds Hallucination
Desainer : Laurence Graff
Pembuat : Graff Design And Manufactures, London, Inggris
Kelebihan : Graff Diamonds Hallucination, seperti namanya Graff mempersembahkan arloji halusinasi ini untuk wanita yang ketika menerima jam tangan ini, kekayaannya dijamin akan bertambah. Disebut halusinasi karena jam tangan yang sebetulnya lebih mirip gelang dengan taburan berlian langka multi warna seberat 110 karat (Beberapa warna berlian langka adalah Fancy Vivid Yellow, Fancy Intense Pink, Fancy Intense Blue, Fancy Light Pink, Fancy Light Grey Blue, Fancy Intense Blue, Fancy Green dan Fancy Orange. Selain itu, ada juga berlian dengan bentuk unik seperti bentuk hati, pir, marquise, zamrud dan bulat). Sedangkan jam nya sendiri terlihat kecil dibalut berlian berwarna  merah muda. Graff bersama timnya yang terdiri dari tim perancang, ahli gemology dan pengrajin ahli bekerja selama ribuan jam agar bisa menghasilkan jam yang menakjubkan dan sangat mempesona ini. Seperti halusinasi.
Harga : US$ 55 juta (Jika US$ 1 = Rp 14.000, nilainya setara dengan Rp 770 miliar)
Sumber Foto : forbes.com

 

 

 

 


Reporter: Deni Riaddy
Editor: Deni RIaddy

Video Pilihan


Close [X]
×