Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.238
  • SUN95,68 0,05%
  • EMAS669.500 0,53%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

5 Investor paling legendaris di dunia

Sabtu, 09 Februari 2019 / 07:00 WIB

5 Investor paling legendaris di dunia

KONTAN.CO.ID -  Sektor industri keuangan tidak ada bedanya dengan sektor busnis lainnya, ia juga memiliki peran dan tokoh super hero di bidangnya masing-masing. Pemikiran dan tindakan investasi para investor legendaris ini mampu menggelembungkan dana investasinya berlipat-lipat, walau pun pasar modern seperti sekarang ini terkenal karena kecanggihan teknologinya. Pemikiran dan teknik menumpuk uang yang mereka terapkan pada jamannya ini terasa masih relevan untuk diterapkan. Berikut 5 investor paling legendaris di dunia versi Kontan.

Nama : Bill Miller 
Lahir : Laurinburg, Carolina Utara, Amerika, 23 Januari 1955
Kekayaan : Tidak diketahui persis, tetapi dana di LLM, perusahaan miliknya, tercatat ada US$ 2 miliar
Aset dikelola : US$ 752,3 miliar 
Perusahaan : Miller Value Partners.
Keterangan : - Ketika sampai pada kemenangan beruntun, Mr. Miller adalah salah satu keberhasilan yang paling dikenal luas dalam komunitas investasi. Selama 15 tahun yang solid, antara 1991 dan 2005, Legg Mason Value Trust-nya mengalahkan pengembalian tahunan S&P500. Kembali pada tahun 1999, ia dinobatkan sebagai "Manajer Dana Dekade" oleh Morningstar.com. 
    - Miller berhasil menumbuhkan dananya dari $ 750 juta menjadi lebih dari $ 20 miliar (aset yang dikelola) hingga 2006. Bahkan tahun lalu ia berhasil meraih kesuksesan serupa: Opportunity Trust-nya mengalahkan S&P500 dengan hampir dua kali lipat pada poin-poin tertentu tahun lalu. Dia dianggap sebagai investor nilai, tetapi sangat percaya bahwa setiap saham memiliki potensi untuk menjadi nilai saham "jika diperdagangkan dengan diskon ke nilai intrinsiknya."  Miller adalah pemegang saham mayoritas di Amazon.com, Apple Inc., JP Morgan Chase & Co. dan Restoration Hardware serta memiliki 30% saham Bitcoin. 
Sumber foto : trbimg.com

 

Nama : John “Jack” Bogle 
Lahir : Montclair, New Jersey, Amerika, 8 Mei 1929
Kekayaan : Meniggal pada 16 Januari 2019  di Pensylvania, Amerika Serikat
Aset dikelola : US$ 5,1 triliun 
Perusahaan : Founder Grup Vanguard 
Keterangan : - Jack Bogle adalah legenda mutlak karena ia mendirikan perusahaan yang pada dasarnya adalah institusi rumah tangga pada saat ini: Grup Vanguard. Orang mengenali namanya sebagai sumber investasi reksa dana berbiaya rendah, tetapi John "Jack" Bogle dikenal untuk lebih dari itu. Bahkan, majalah Fortune menamainya sebagai salah satu dari "empat raksasa investasi abad ke-20" pada tahun 1999, dan bukunya "Common Sense on Mutual Funds: Imperatif Baru untuk Investor Cerdas" adalah bacaan klasik yang banyak dibaca dan sangat dihormati dalam komunitas investasi. 
    - Bogle mungkin paling terkenal karena mendirikan reksa dana indeks pertama yang tersedia untuk masyarakat umum - yang terjadi pada tahun 1976 ketika ia mendirikan Vanguard Investment Trust, yang kemudian menjadi Dana Indeks Vanguard 500. 
Sumber foto : cbsnews1.cbsistatic.com

 

Nama : Warren Buffett 
Lahir : Omaha, Nebraska, Amerika, 30 Agustus 1930 
Kekayaan : US$ 83,4 miliar 
Aset dikelola : US$ 702,1 miliar 
Perusahaan : CEO Berkshire Hathaway 
Keterangan : - Nama Warren Buffet sudah tidak asing lagi di telinga para investor, pengusaha atau para penentu kebijakan negara di dunia. Namanya dikenal luas sebagai investor paling sukses dalam sejarah investasi di dunia. Buffet memulai usahanya dengan jumlah uang yang kecil, dan saat ini nilai investasinya mencapai US$ 85 miliar. Buffett terus-menerus direferensikan dalam semua jenis publikasi keuangan, dan para investor yang menaruh harapan menerima nasihatnya dengan sangat serius. 
    - Mendapat julukan sebagai "Penyihir dari Omaha", sesederhana apapun komentar Buffet di media (terutama di majalah Forbes dan Business Insider), membuat pasar bergerak liar ke dua arah. Tangan dingin Buffet dalam berinvestasi, mengantarkan ia sebagai salah satu orang terkaya di Amerika dan dunia. Sumbangan amalnya ke 5 Yayasan senilai Rp 48 triliun pada akhir tahun lalu, menurunkan urutan nya menjadi orang terkaya keempat di Amerika. Sedangkan jumlah sumbangan amal yang dilakukannya sejak tahun 2006, tercatat tidak kurang dari  Rp 400 triliun yang disalurkan ke 5 Yayasan. 
Sumber foto : thegriffingroupe.com

 

Nama : Peter Lynch
Lahir : Newton, Massachusetts, Amerika, 19 Januari 1944 
Kekayaan : US$352 miliar
Aset dikelola : US$ 2,4 triliun 
Perusahaan : Fidelity Magellan Fund
Keterangan : - Peter Lynch adalah seorang investor Amerika, manajer reksa dana , dan dermawan. Sebagai manajer Dana Magellan  di Fidelity Investments antara 1977 dan 1990, Rata-rata pengembalian tahunan Lynch sebesar 29,2%. Artinya, secara konsisten ini dua kali lipat melebihi indeks pasar S&P 500 dan menjadikannya reksa dana berkinerja terbaik di dunia.  Selama masa jabatannya, aset yang dikelola Lynch meningkat dari $ 18 juta menjadi $ 14 miliar. 
    - Lynch juga menulis sejumlah buku dan makalah tentang investasi dan menciptakan sejumlah mantra terkenal dari strategi investasi individu modern, seperti Investasikan pada apa yang Anda ketahui dan sepuluh bagger . Lynch secara konsisten digambarkan sebagai "legenda" oleh media keuangan untuk catatan kinerjanya. Jason Zweig dalam bukunya Benjamin Graham tahun 2003 dan The Intelligent Investor, menyebutkan bahwa Lynch adalah seorang investor legendaris sepanjang jaman. 
Sumber foto : baton.s3.amazonaws.com

 

Nama : Bill Gross 
Lahir : Middletown, Ohio, Amerik, 13 April 1944 
Kekayaan : US$1.5 miliar (October 2018)
Aset dikelola : US$ 1,75 triliun 
Perusahaan : Cofounder dari PIMCO 
Keterangan : - Bill Gross dikenal juga sebagai "Raja Obligasi", karena keberhasilannya dalam investasi pendapatan tetap yang membuatnya dikenal sebagai salah satu investor terbaik sepanjang masa. Bill Gross mendirikan perusahaan manajemen investasi kecil bernama PIMCO, yang saat ini memiliki aset dalam pengelolaan (AUM) senilai $ 1,77 triliun. Gross adalah manajer dana obligasi terbesar (berdasarkan nilai) pada satu masa tertentu, dan PIMCO benar-benar tenggelam ketika ia pindah bekerja untuk Janus Capital Group kembali pada tahun 2014. 
    -Bill Gross adalah seorang investor besar pada waktunya. Ia pun memperingatkan para calon kapitalis agar tidak berinvestasi di "korporasi zombie", tidak menginvestasikan uangnya pada bisnis riil saat perusahaan finansialnya memberikan rasa aman dan nyaman. Dia juga selalu menekankan diversifikasi dan mengambil peluang bisnis berdasarkan penelitian mendalam, serta selalu mempertahankan cukup uang tunai dalam genggamannya.

 


Reporter: Deni Riaddy
Editor: Deni RIaddy
Video Pilihan

TERBARU
Rumah Pemilu
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0650 || diagnostic_web = 0.5001

Close [X]
×