kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Danau terdalam di Indonesia


Rabu, 08 Agustus 2018 / 07:00 WIB
5 Danau terdalam di Indonesia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID - Danau dengan kedalaman tertentu tercipta ketika kerak bumi tertarik karena aktivitas tektonik yang menciptakan keretakan. Keretakan ini kemudian diisi dengan air tawar. Danau juga nerupakan cekungan besar di perut bumi yang digenangi air dan diklilingi daratan yang terbentuk jutaan tahun lalu. Kini, danau dijadikan destinasi wisata atau tempat untuk berolah raga air. Berikut ini adalah 5 Danau terdalam di Indonesia versi Kontan.

Nama : Danau Singkarak
Lokasi : Kabupaten Solok dan Kabupaten Bumi Sari Natarprovinsi, Sumatera Barat
Luas : 107,8 km2
Kedalaman : 268 meter
Jenis badan air : Tektonik
Keterangan : - Danau Singkarak terletak di dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas 107,8 km2, danau ini menjadi danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Danau Singkarak adalah bagian Cekungan Singkarak-Solok, terbentuk dari sebuah amblesan yang disebabkan oleh aktivitas pergerakan Sesar Sumatera dan terbendung oleh material vulkanik dari letusan gunung sekitarnya. Danau Singkarak juga menjadi hulu sungai Batang Ombilin yang menggerakan PLTA Singkarak di Kabupaten Padang Pariaman. Ditemukan ada 19 spesies ikan yang hidup di danau ini. Tiga diantaranya memiliki populasi kepadatan tinggi, yakni ikan bilih, Asang/Nilem dan Rinuak. Hidup pula ikan gurame, gabus, sepat, mujair dan lainnya.
Sumber Foto : Zallatra.com

Nama : Danau Dibawah
Lokasi : Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.
Luas : 11,2 km2
Kedalaman : 309 meter
Jenis badan air : Tektonik
Keterangan : - Danau yang terletak di Kabupaten Solok ini sebetulnya danau kembar. Danau Atas dan Danau Dibawah. Walau pun namanya Danau Atas, tapi letaknya malah di bawah. Sedangkan Danau Dibawah berada di atas. Sebagai danau kembar, maka kedua danau ini bersebalahan. Walau pun begitu kedua danau ini tidak tersambung satu sama lainnya. Kalau Danau Atas merupakan hulu Sungai Batanghari, Danau Dibawah hingga saat ini masih misteri, karena tidak ada sungai yang menjadi tempat aliran airnya. Sebagai danau dengan ketinggian 309 meter, maka tidak ada sau pun perahu yang melintasi di Danau Dibawah.  
Sumber Foto : landscape.id

Nama : Danau Poso
Lokasi :  Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah 
Luas : 323,2 km2
Kedalaman : 450 meter
Jenis badan air : Tektonik
Keterangan : - Danau Poso tepat berada di antara Kota Pendolo dan Kota Tentena. Beberapa desa kecil berada di pesisir pantai. Hajatan rakyat Poso terkait danau ini adalah Festival Danau Poso yang diselenggarakan di Tentena, kota di pinggir danau. Ditemukan oleh van der Wyck, seorang pejabat pemerintah Karesidenan Manado pada tahun 1865. Van der Wyck tadinya hanya mendengar kabar tentang keberadaan danau besar di pedalaman Poso. Van der Wyck pun membuktikannya dan berhasil melakukan pemetaan walau pun tidak sempurna. Sebuah taman yang berisi anggrek liar ditemukan juga di desa Bancea. Sedangkan di sekitar hutan di lingkungan danau, ditemukan anoa dan babirusa, dua spesies yang hampir punah. Danau Poso juga tempat habitat sejumlah ikan termasuk belut dan 11 ikan endemic lainnya.
Sumber Foto : iklantravel.com

Nama : Danau Toba
Lokasi : Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Luas : 1.130 km2
Kedalaman : 529 meter
Jenis badan air : Vulkanik/ Tektonik
Keterangan : - Danau Toba berada di kaldera gunung berapi super massif berkekuatan VEI 8 sekitar 74.000 tahun lalu, yang memusnahkan beberapa spesies mahluk hidup dan menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu . Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer serta ketinggian mencapai 900 meter, menjadikan Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Akibat penebangan hutan yang terjadi sekitar tahun 2013, lumpur hasil erosi di atas tanah bekas penebangan tersebut menyebabkan pendangkalan sungai-sungai di sekitarnya. Di Danau Toba terdapat beberapa jenis fitoplankton, makrofita kecil, makrofita mengambang, dan makrofita terbenam, sedangkan daratan sekitarnya ditutupi hutan hujan, termasuk jenis hutan pinus tropis Sumatera. Ada pula berbagai jenis spesies ikan, 
Sumber Foto : medantoday.com

Nama : Danau Matano
Lokasi : Sorowaku, Luwu Timur, Sulawesi Selatan
Luas : 164,1 km2
Kedalaman : 600 meter
Jenis badan air : Tektonik
Keterangan : - Permukaan Danau Matano berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman 590 meter, menjadikan danau terdalam di Asia Tenggara dan danau terdalam dengan urutan ke delapan di dunia. Terbentuk dari patahan akibat aktivitas tektonik yang terjadi sekitar 1-4 juta tahun lalu. Sehingga menjadikan salah satu dari sepuluh danau purba di dunia. Danau Matano memiliki 6 spesies kerang, 3 spesies kepiting, 6 spesies udang dan 10 spesies ikan bersirip tajam. Selain itu, danau ini memiliki 7 spesies tanaman endemik. Keunikan danau, ekosistem dan keragaman hayati yang sangat endemis membuat Danau Matano dimasukkan dalam kategori Global Ecoregions oleh World Wide Fund for Nature dan tentu saja menjadi destinasi  wisata yang digemari. 
Sumber Foto : dronestagr.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×