kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Negara penghasil gandum terbesar dunia


Rabu, 05 April 2017 / 12:00 WIB
4 Negara penghasil gandum terbesar dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Budidaya tanaman gandum konon awalnya berasal dari daerah subur sekitar sungai Nil, Eufrat dan Tigris. Baru 5.000 tahun lalu, gandum tanaman gandum menyebar ke daratan Eropa seperti Ingrris Raya, Irlandia, Spanyol dan Portugis. Lalu ke India dan Cina. Daftar negara produsen gandum di bawah ini menjelaskan bahwa 4 negara  dengan produksi gandum terbanyak di dunia adalah negara yang kebutuhan pokoknya gandum sejak jaman dahulu kala. Berikut daftar negara penghasil  gandum terbesar di dunia versi KONTAN. Sebagai catatan bahwa, sebetulnya menurut worldwheatproduction.com, negara terbesar adalah Uni Eropa, tetapi tidak selayaknya disejajarkan di dini, karena Uni Eropa adalah gabungan dari 27 negara penghasil gandum.

Negara : Amerika Serikat
Luas wilayah : 9.826.675 km2
Jumlah Penduduk : 321.034.355 orang (2015)
Produksi tahun 2016 : 62,85 juta metrik ton
Keterangan : - Amerika Serikat adalah salah satu negara produsen gandum  terbesar di dunia. Pertanian di Amerika Serikat sangat maju, karena pemakaian mesin-mesin serta adanya berbagai macam daerah iklim. Adapun pabrik-pabrik tepung gandum terdapat di Chicago, St. Paul dan New York.
    - Gandum di dataran Mississipi bagian tengah termasuk jenis gandum musim dingin, sedangkan di daerah utara yang ada danau-danau besar, terdapat tanaman gandum musim dingin. Sedangkan kota yang menjadi pusat industry gandum ada di kota Minneapolis .
Sumber Foto : dandrone.dk

Negara : Rusia
Luas wilayah : 17.098.242 km2
Jumlah Penduduk : 146.583.630 orang (2015)
Produksi tahun 2016 : 72,50 juta metrik ton
Keterangan : - Meksiko sebagai negara yang sangat tergantung pada gandum AS, memilih Rusia sebagai negara pengimpor gandumnya. Lalu disusul oleh Aljazair dan Maroko. Selanjutnya, Rusia pun masuk ke pasar gandum dunia dan menjadi berita buruk bagi negara pengekspor gandum lainnya di dunia. Harga gandum Rusia yang kompetitif membuat negara-negara lain berpaling dari pengimpor sebelumnya.
    - Hingga kini, Rusia terus meningkatkan ekspor gandumnya ke pasar global secara konsisten. Upaya ini tidak lain sebagai upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali pertanian negara. Apalagi sanksi sepihak dari AS dan sekutunya yang tidak membolehkan Rusia mengimpor produk pertanian dari Barat. Kenyataan tersebut memacu pemerintah Rusia dan berbagai perusahaan terkemuka Rusia untuk menutup kuota pangan dari sektor pertanian dalam negerinya.
Sumber Foto : rostavprodukt.ru

Negara : India
Luas wilayah : 3.287.590 km2
Jumlah Penduduk : 1.274.590.000 orang (2015)
Produksi tahun 2016 : 90,00 juta metrik ton
Keterangan : - Budidaya gandum di India  yang masih dikelola secara tradisional terdapat di wilayah utara India, sedangkan produsen gandum produktif ada di  daerah Punjab dan Haryana Plains. Di masa lalu, India mengerahkan tenaga ahli pertaniannya untuk meneliti tanaman rumput sereal ini, dan hasilnya memang luar biasa. Varietas unggul pun dihasilkan  lalu dikembangkan. Gandum unggulan ini disebut gandum durum.
    - Pada sepuluh tahun terakhir ini, produksi gandum India mengalami peningkatan sepuluh kali lipat. Kenyataan ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian India. Gandum dan tepung terigu memainkan peranan yang sangat penting dalam pengelolaan ekonomi pangan India. Pemerintah India pun menyediakan kereta api dan angkutan laut untuk keperluan distribusi gandum dan pangan lainnya ini. Selain itu petani juga dberi subsidi untuk listrik, air, pupuk, pinjaman bunga rendah dan jaminan apabila gagal panen.
Sumber Foto : geotalagung.com

Negara : China
Luas wilayah : 9.596.961 km2
Jumlah Penduduk : 1.372.820.000 orang (2015)
Produksi tahun 2016 : 128,85 juta metrik ton
Keterangan : - Gandum sudah dibudidayakan dan dijadikan makanan pokok di negeri Cina ini sejak tahun 2700 SM. Melihat sejarah pertanian yang sangat panjang tersebut, tidak heran kalau Cina menjadi salah satu negara produsen sekaligus konsumen gandum tertinggi di dunia. Cina juga yang memelopori perlindungan terhadap petaninya dari kerugian dan giat mempromosikan produk gandum ke seluruh dunia.
    - Lebih dari 85 persen dari konsumsi gandum China adalah untuk makanan, benih, dan keperluan industri. Sisa penggunaan gandum Cina dialokasikan untuk pakan sama seperti jagung . Maka melihat komposisi konsumsi gandum Cina yang stabil selama 30 tahun tersebut, para ahli pangan dunia menyebutkan bahwa Cina memiliki stok gandum untuk kebutuhan sepuluh tahun mendatang.
Sumber Foto : gov.cn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×