kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,43   8,06   0.80%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

10 Pekerjaan paling dicari tahun 2021, bisa jadi referensi bagi pencari kerja


Kamis, 15 April 2021 / 15:06 WIB
10 Pekerjaan paling dicari tahun 2021, bisa jadi referensi bagi pencari kerja
ILUSTRASI. 10 Pekerjaan paling dicari di tahun 2021, bisa jadi referensi bagi pencari kerja. KONTAN/Muradi


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Pandemi Covid-19 merubah banyak aspek kehidupan termasuk jenis pekerjaan yang dicari di tahun 2021 ini.

Pekerjaan tersebut banyak dibutuhkan mengingat banyak perusahaan yang perlu beradaptasi dengan lingkungan industri dan pekerjaan yang baru.

Di tahun 2020, banyak industri yang gulung tikar, imbas dari pandemi yang menyerang. Namun, ada beberapa sektor yang tetap bertahan, seperti sektor kesehatan, pendidikan, dan keuangan. 

Situs jaringan profesional, Linkedin merilis daftar pekerjaan apa saja yang akan banyak dicari tahun 2021. Dengan daftar tersebut, diharapkan mampu membantu masyarakat mencari pekerjaan yang memiliki kesempatan kerja tinggi. 

Linkedin menggunakan data pekerjaan yang tumbuh antara April dan Oktober 2020, guna mendapatkan profesi yang sedang banyak dicari. 

Merangkum dari Linkedin, berikut 10 pekerjaan yang banyak dibutuhkan tahun 2021:

  • Profesi di e-commerce

Selama pandemi berlangsung, industri e-commerce menjadi salah satu industri yang justru berkembang. Banyak masyarakat yang mengandalkan berbagai e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Profesi di e-commerce terutama garda depan semakin banyak dibutuhkan. Kebutuhan akan kurir, personal shopper, hingga supply chain management semakin tinggi. 

Menurut Linkedin, pertumbuhan profesi bidang ini mencapai 73% dari tahun ke tahun. 

Baca Juga: LPDP buka lowongan kerja, kesempatan bagi yang ingin bergabung dengan LPDP

  • Tenaga pendukung kesehatan

Selain tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat, tenaga pendukung kesehatan juga sangat dibutuhkan. 

Pekerjaan, seperti apoteker, asisten kesehatan, dan teknisi laboratorium, sama pentingnya dengan pekerjaan sebagai perawat dan dokter. 

Mereka membantu mendukung kesiapan kesehatan untuk masyarakat dan juga para tenaga kesehatan. 

Sejak tahun 2019, rekrutmen untuk posisi tenaga pendukung kesehatan naik menjadi lebih dari 34%. 

  • Sales dan business development

Tenaga sales dan business development menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan selanjutnya di tahun 2021. Tanpa pegawai yang ahli di bidang tersebut, sebuah perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik. 

Bidang sales dan business development bertugas untuk memastikan penjualan produk dan jasa perusahaan tetap berjalan dengan baik. 

Pekerjaan, seperti sales consultant dan penasehat strategi bisnis, makin banyak dibutuhkan di dunia kerja. 

  • Digital marketing

Perkembangan teknologi yang masif membuat transaksi jual beli juga berpindah ke dunia digital. Profesi bidang digital marketing semakin banyak dicari seiring dengan perkembangan teknologi. 

Para ahli digital marketing tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan melalui media digital. Search Engine Optimization specialist atau SEO spesialist dan digital marketing specialist makin banyak diburu oleh perusahaan. 

Baca Juga: Terbaru! Alam Sutera buka lowongan kerja, fresh graduate bisa ikut mendaftar

  • Perawat

Pandemi Covid-19 mengingatkan masyarakat bahwa tenaga kesehatan terutama perawat sangat dibutuhkan. 

Mereka membantu dokter dan masyarakat selama pandemi berlangsung dan memastikan layanan kesehatan tetap berjalan dengan baik. 

Melansir dari Linkedin, kebutuhan akan perawat meningkat hingga mencapai 30% di tahun 2020. Angka ini bisa meningkat di tahun 2021, mengingat pandemi Covid-19 masih belum selesai. 

  • Guru 

Guru merupakan pilar pendidikan. Tanpa kehadiran mereka, anak-anak tidak bisa mendapatkan akses pengetahuan yang cukup. 

Guru, baik di sekolah formal maupun nonformal, sangat penting untuk memajukan pendidikan anak-anak. 

Untuk memenuhi kebutuhan guru, pemerintah telah menyiapkan posisi hingga 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahkan menyiapkan materi yang bisa dipelajari guru agar bisa lulus seleksi PPPK 2021.

  • Content creator

Media sosial, seperti Instagram hingga TikTok, membuat kebutuhan akan content creator meningkat. Dengan unggahan yang menarik, akun media sosial bisa menarik banyak pengunjung dan pengikut. 

Imbasnya, produk atau jasa yang ditawarkan banyak dibeli masyarakat dan mendatangkan keuntungan. Profesi, seperti content writer, blogger, dan podcaster, makin diminati masyarakat terutama kalangan anak muda.

  • Profesi di bidang IT

Bidang IT selalu menjadi bidang pekerjaan yang banyak di butuhkan di dunia kerja. Kebutuhan website, aplikasi, hingga game membuat profesi bidang IT selalu dicari perusahaan. 

Profesi seperti web developer, game developer, frontend developer, Android developer, hingga UI/UX researcher makin banyak digandrungi tahun 2021. 

Kabar baiknya lagi, banyak profesi tersebut yang bisa dilakoni dari rumah atau work from home (WFH).

  • Data science

Semua instansi membutuhkan seorang ahli dalam mengolah data. Seorang data scientist menjadi posisi penting yang selalu ada di tiap perusahaan. 

Mereka mempelajari data-data seperti data konsumen kemudian menganalisanya dan membuat keputusan berdasarkan data yang dimiliki. 

Jika Anda sedang mencari kerja, profesi seperti data scientist bisa membuat Anda cepat mendapatkan pekerjaan. 

  • Ahli dalam kecerdasan buatan

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan makin banyak dilirik. Dengan adanya kecerdasan buatan, banyak perusahaan yang bisa bertahan meski pandemi masih terus berlangsung. 

Profesi yang berkaitan dengan AI seperti artificial intelligence specialist dan machine learning researcher, menjadi pekerjaan yang banyak di butuhkan di dunia kerja 2021. 

Selanjutnya: Cara menghitung THR 2021 sesuai aturan Kemenaker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×