kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Plat nomor mobil termahal di dunia


Rabu, 26 September 2018 / 07:00 WIB
5 Plat nomor mobil termahal di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID -  Bagi kebanyakan orang, mimpi indah adalah memiliki mobil eksotik yang jarang berredar di jalanan. Mimpi ini berbeda ketika pelakunya adalah para milyuner yang uangnya tidak terbatas, mereka menginginkan plat nomor yang unik seperti hanya satu nomor atau dua nomor. Maka hal paling mudah caranya adalah dengan memburu balai lelang di negara masing-masing. Ada yang dengan bangga mengumumkan pemenangnya, tapi ada pula yang jati dirinya tidak mau dibuka hingga kini. Bagaimana pun, nomor yang mereka menangkan dalam pelelangan tersebut akan dipasang pada mobil eksotik mereka. Berikut ini 5 plat nomor mobil termahal di dunia versi Kontan.

Nomor Polisi : F 1
Pemilik : Afzal Khan
Negara : Inggris
Harga  : £ 440.625 (Kurs £ 1 = Rp 19.000, maka nilainya setara dengan Rp 8,37 miliar)
Keterangan : - Kalau sudah jadi petrol head, alias pecinta mobil sejati, dan punya banyak uang, mobil-mobil eksotik pun bisa dibeli, bisa puluhan lagi. Itulah profil Afzal Khan, bos rumah modifikasi asal Inggris, Khan Design. Selain berbagai jenis mobil eksotik, Afzal Khan juga memiliki beberapa plat nomor nomor unik. Salah satunya adalah plat nomor Essex County Council “F1” yang dibeli seharga Rp 9,8 miliar memalui lelang pada 2008. Nomor unik ini dipasang pada Bugatti Veyron. Mobil dengan 10 radiator, dan kecepatannya bisa mencapai 253 mil per jam.  Menurut Kahn, perpaduan antara Bugatti Veyron dan nomor “F1”, adalah prestasi kemegahan teknik otomotif abad ini. 
Sumber foto : kahndesign.com

Nomor Polisi : 25 0
Pemilik : John Collins
Negara : Inggris
Harga  : £ 518.000 (Kurs £ 1 = Rp 19.000, maka nilainya setara dengan Rp 9,84 miliar)
Keterangan : - Jual beli plat nomor “250” ini diselenggarakan oleh DVLA, balai lelang yang sedang merayakan ulang tahunnya ke-25 di Inggris. Dibuka dengan penawaran £ 50 ribu, setiap detik penawar terus menaikan harganya. Sampai akhirnya palu digetok pada harga penawaran £518.000. Pemenangnya adalah John Collins, seorang kolektor mobil dan pemilik Talacrest, sebuah dealer Ferrari di Ascot, Berkshire di London. Rencananya, nomor tersebut akan dipasang pada Ferrari 250 SWB yang dibelinya dari Eric Clapton melalui balai lelang yang sama seharga US$ 20 juta. 
Sumber foto : carsomesg.com

Nomor Polisi : S1
Pemilik : Bold Registration
Negara : Inggris
Harga  : £ 1 juta (Kurs £ 1 = Rp 19.000, maka nilainya setara dengan Rp 19,00 miliar)
Keterangan : - Plat nomor “S1” yang legendaris kini berpindah tangan kepada seorang peserta lelang  misterius  yang diselenggaraan di Inggris. Sejak  tahun 1903, nomor ini dimiliki oleh Sir John HA MacDonald, seorang  Hakim Agung dari Skotlandia. Sir John adalah salah satu pemilik pertama mobil di perbatasan utara dan ia juga  pendiri Automobile Club of Great Britain dan Irlandia. Dalam lelang tersebut, sempat terjadi perang tawaran yang sangat seru, hingga akhirnya dimenangkan oleh seorang penelepon misterius yang mengaku dari perusahaan Bold Registrations tapi tidak mau menyebutkan namanya, berani membayar sekitar Rp 19 miliar. 
Sumber foto : flickr.com

Nomor Polisi : 5
Pemilik : Talal Ali Mohammed Khouri
Negara : Uni Emirates Arab
Harga  : 25 juta Dirham (Kurs 1 Dirham = Rp 4.000, maka nilainya setara dengan Rp 80,00 miliar)
Keterangan : - Talal Ali Mohammad Khouri, seorang pengusaha dan anggota dewan dari Kamar Dagang Abu Dhabi, membayar sekitar Rp 80 miliar untuk nomor satu digit “5” dalam lelang malam amal di Emirates Palace Hotel tahun lalu. Khouri sangat senang ketika memenangkan lelang tersebu, dia pun memenangkan plat nomor “7”. Disebut lelang amal, karena lelang yang diikuti oleh 100 orang kaya di Abu Dhabi dan berhasil menghimpun dana tidak kurang dari Rp 650 miliar ini, hasil keseluruhannya akan disumbangkan untuk membantu badan amal yang merehabilitasi orang-orang yang terluka dalam kecelakaan lalu lintas.
Sumber foto : kurdistan24.net

Nomor Polisi : 1
Pemilik : Saeed Abdul Gaffar Khauri
Negara : Uni Emirates Arab
Harga  : US$ 14,3 juta (Kurs US$ 1 = Rp 15.000, maka nilainya setara dengan Rp 210 miliar)
Keterangan : - Saeed Abdek Ghaffar Khouri menghabiskan sekitar Rp 210 miliar untuk menebus plat nomor mobil dalam sebuah lelang amal. Harga semahal itu memang sepadan dengan nomor yang didapat. Yakni “1”.  Bagi warga Abu Dabhi ini, uang sebesar itu boleh dikata tidak ada artinya. Negara super kaya dari sumber minyak bumi ini, setiap hari membagi kekayaan 2,5 juta barel dibagi rata 420 ribu penduduk.  Penduduk asli Abu Dhabi cenderung tinggal di distrik Al Bateen dengan properti besar berukuran kilometer persegi. Di sekeliling rumahnya dipagari oleh dinding berukir dan gerbang yang sulit ditembus. 
Sumber foto : autotraderuae.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×