kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Patung tertinggi di dunia


Rabu, 23 November 2016 / 18:20 WIB
7 Patung tertinggi di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Patung termasuk golongan seni tiga dimensi yang sudah diwariskan dari jaman dahulu kala. Biasanya  patung dibangun sebagai monument sejarah atau peringatan tentang peristiwa bersejarah yang pernah terjadi, atau berupa lambang, simbol, ikon dari sebuah destinasi. Tidak heran kalau pada perkembangannya, patung dibuat bukan saja besar tetapi juga megah. Apalagi kalau patung ini dikaitkan dengan sebuah ritual keagamaan tertentu. Berikut ini ada 7 patung tertinggi di dunia, tidak termasuk penyangga, tiang atau alasnya, jadi murni ukuran tinggi patungnya, versi KONTAN.

Nama Patung : The Merlion of Santosa
Lokasi : Sentosa, Singapore
Makna Patung : Mahluk melambangkan kemakmuran dan Singapura
Tinggi Patung : 37 meter
Keterangan : Patung merlion ini sangatlah ikonik untuk negaranya. Khususnya untuk patung The Merlion of Sentosa, patung ini telah menjadi patung yang menarik perhatian berbagai turis dunia karena juga terletak pulau resort popular Singapure yaitu Sentosa. Patung ini menggambarkan seekor Merlion. patung Merlion lainnya yang berukuran lebih kecil juga dapat ditemukan di berbagai kota di Singapura. Merlion, adalah mahluk mitologi yang digambarkan memiliki bentuk setengah singa dan setengah ikan. Mereka dipercaya sebagai mahluk yang melambangkan kemakmuran dan Singapura menjadikan mereka sebagai ikon pelindung kemakmuran negara Singapura. Legenda mengatakan bahwa Merlion akan mengunjungi Sentosa setiap tahunnya dan dikatakan pada suatu malam tiba-tiba badai besar menyambar pulau tersebut. Untungnya Merlion melawan badai besar itu dengan kekuatan magis dan hingga sekarang menjaga pulau tersebut.
Sumber Foto : airbnb.co.uk

Nama Patung : Statue of Liberty
Lokasi : New York, Amerika Serikat
Makna Patung : Perayaan deklarasi kemerdekaan Amerika
Tinggi Patung : 46 meter
Keterangan : The Statue of Liberty atau Patung Liberty, hadiah dari Perancis untuk merayakan deklarasi kemerdekaan Amerika adalah salah satu patung di dunia yang paling terkenal dan simbolik. Berdiri di Liberty Island, New York, USA, ia melambangkan seorang wanita mengenakan sejenis garmen bergaya Roma, dengan mahkota dan sandal, menginjak sebuah rantai yang telah rusak, dan juga membawa obor ikonik di tangan kanannya dengan tablet hukum (tablet ansata). Patung Liberty ini diselesaikan di Perancis pada tahun 1884 dan tiba di New York 1 tahun sesudahnya. Hingga sekarang patung setinggi 46 m (jika ditambahkan dengan tempat berdirinya maka adalah 93 m) ini adalah patung yang melambangkan USA, dikenal tidak hanya oleh bangsa Amerika namun juga seluruh belahan dunia.
Sumber Foto : libertyellisfoundation.org

Nama Patung : Guan Yu of Yuncheng
Lokasi : Shanxi, Chinna
Makna Patung : simbol kesetiaan, moral, serta kebenaran bangsa China
Tinggi Patung : 61 meter
Keterangan : Nama Guan Yu atau Guan Gong adalah nama seorang Jenderal ternama Cina dari novel Zaman Tiga Kerajaan (Romance of The Three Kingdom). Lahir di Yuncheng, Ia juga merupakan saudara angkat Kaisar Liu Bei dari kerajaan Shu dan dirinya sering dikaitkan sebagai perlambangan kesetiaan, moral, serta kebenaran. Terlepas dari kisah tersebut, patung ini juga sangat ikonik untuk negaranya karena dengan melihat gambarnya saja, sudah dapat diperkirakan bahwa lokasinya ada di Cina.  Dibangun pada tahun 2010, patung dengan tinggi 61 meter ini dikatakan melambangkan umuranya saat ia meninggal dan podium tempat ia berdiri (19 m) melambangkan umurnya saat ia meninggalkan Yuncheng.
Sumber Foto : sfw.so

Nama Patung : Leshan Giant Budha
Lokasi : Leshan, China
Makna Patung : Tempat spiritual
Tinggi Patung : 71 meter
Keterangan : Telah ada sejak abad ke-8, Leshan Giant Buddha adalah patung batu Buddha terbesar di dunia. Yang menakjubkan adalah patung ini dipahat dari sebuah tebing raksasa oleh seorang biksu pada abad tersebut. Mengahadap ke tiga sungai serta Gunung Emei, salah satu warisan dunia yang juga adalah tempat spiritual para kaum Buddha. Dikatakan pada awal patung ini dipahat, ada struktur kayu berlapis emas yang melapisi patung ini hingga 13 lantai namun sayangnya sejak abad ke-8 hingga sekarang telah diarampas oleh serangan Mongol. Patung ini sangatlah besar dimana digambarkan hanya di bahunya saja, sebuah lapangan basket dapat dibangun di sana. Tidak hanya itu saja, bayangan akan patung ini dibuat di abad ke-8 oleh seorang biksu sudah cukup mengagumkan disertai lagi dengan sistem perairan yang matang agar air hujan tidak merusak patung ini.
Sumber Foto : imqur.com

Nama Patung : Motherland Calls
Lokasi : Volgograd, Rusia
Makna Patung : Penghormatan terhadap Pertempuran Stalingrad
Tinggi Patung : 87 meter
Keterangan : Patung The Motherland atau The Motherland Calls adalah patung raksasa di Rusia yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas Pertempuran Stalingrad, yakni perperangan antara Nazi Jerman dengan Uni Soviet untuk memperebutkan kota Stalingrad (sekarang adalah Volgograd). Volgograd sendiri adalah kota pusat industri dan administratif Rusia. Pernah menjabat sebagai patung tertinggi di dunia pada tahun 1967. Walaupun begitu jika dibandingkan dengan patung-patung tinggi lainnya di dunia, melihat posturnya maka pembangunan patung ini tetap adalah salah satu pembangunan paling inspiratif dan kompleks hingga sekarang. 
Sumber Foto : 1zoom.com

Nama Patung : Laykyun Setkyar
Lokasi : Monywa, Myanmar
Makna Patung : Tempat spiritual
Tinggi Patung : 116 meter
Keterangan : Dengan tinggi patung 116 meter, Laykyun Setkyar adalah patung tertinggi kedua di dunia dan jika ditambahkan dengan tempat singasana ia berdiri (13,5 m) maka patung ini memiliki tinggi sekitar 129 meter. Dibangun di atas bukit Po Kaung dekat desa Khatakan Taung, Monywa, Myanmar. Turis dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat patung raksasa yang membutuhkan waktu 11 tahun untuk dibangun ini. Di dalam patung ini berisikan atas 31 lantai yang menggambarkan 31 alam kehidupan. Jika Laykyun Setykar dikenal sebagai patung Buddha berdiri maka di depannya juga ada patung Buddha lain yang juga tidak kalah ikonik yaitu patung Buddha berbaring. Rencananya dalam waktu dekat patung Budha Duduk juga akan dibangun di tempat ini.
Sumber Foto : internaute.com

Nama Patung : Spring Temple Budha
Lokasi : Henan, China
Makna Patung : Tempat spiritual
Tinggi Patung : 128 meter
Keterangan : Inilah patung yang ikonik karena tingginya, yaitu Spring Temple Buddha. Bagaimana tidak? Patung ini memiliki tinggi total 128 m dimana sudah termasuk lotus di bawahnya namun jika ditambahkan lagi dengan semua sanggaan tempat berdirinya maka total tinggi patung ini adalah 153 meter. Secara resmi adalah patung tertinggi yang ada di dunia. Patung Spring Temple Buddha adalah patung ikonik yang sudah menjadi markah tanah (landmark) terkenal di Cina dan banyak pengunjung baik turis ataupun non-turis datang untuk melihat betapa menakjubkannya patung ini.
Sumber Foto : hunsa.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×