kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Perayaan tahun baru terunik di dunia


Sabtu, 07 Januari 2017 / 12:00 WIB
5 Perayaan tahun baru terunik di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Bulan Januari baru beberapa hari. Saat perayaan malam pergantian tahun baru menyisakan banyak kenangan. Bukan hanya kenangan indah, tetapi juga menimbulkan harapan-harapan baru. Harapan masa depan yang lebih baik dibanding tahun kemarin. Di berbagai negara, perayaan menyambut pergantian tahun ini tentu berbeda-beda sesuai tradisinya. Nah, berikut ini ada 5 negara dengan perayaan menyambut tahun baru terunik di dunia versi Kontan.

Nama : Broken plates (Pecah piring)
Negara : Denmark
Keunikan : - Masyarakat Denmark memiliki tradisi unik dalam merayakan tahun baru, yaitu dengan memecahkan piring dengan cara melemparkannya ke pintu tetangga mereka. Tidak perlu khawatir orang yang rumahnya dilempari itu bakal marah, soalnya tradisi ini udah meluas di Denmark sehingga nggak ada orang yang mengeluh.
    - Selama satu tahun masyarakat Denmark selalu mengumpulkan piring-piring bekas. Piring-piring tersebut nantinya akan digunakan untuk melempari rumah tetangga atau teman saat perayaan malam tahun baru. 
    - Konon, rumah yang paling banyak dilempari piring berarti punya banyak teman dan disukai banyak orang. Mereka mempercayai bahwa tradisi tersebut dilakukan agar mendapat keberuntungan di tahun yang baru nanti. Semakin banyak piring yang dipecahkan, maka dialah yang dipercayai akan mendapat keberuntungan yang banyak.
Sumber foto : folwark.org

Nama : Toshi koshi (melewatkan tahun). 
Negara : Jepang
Keunikan : - Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan berbagai tradisi "toshi koshi" (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun disebut "joya" (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga. 
    - Pada malam pergantian tahun tahun baru, di Jepang terdapat tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba dan ikan sarden (toshikoshi iwashi). Selain itu, orang Jepang memiliki tradisi menyambut toshigami (dewa tahun baru) dengan cara tidak tidur hingga di pagi hari. Orang yang lekas tertidur dipercaya rambutnya menjadi beruban. 
    - Di malam pergantian tahun, kuil-kuil Buddha melakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia. Salah satu acara televisi untuk menyambut pergantian tahun adalah NHK Kōhaku Uta Gassen.
Sumber foto : toshigami.com

Nama : Véspera de Ano Novo(Malam tahun baru )
Negara : Brasil
Keunikan : - Malam tahun baru (Véspera de Ano Novo) adalah salah satu perayaan termeriah dalam setahun di Brazil. Sebagian besar kota-kota besar di Brazil, dan kota-kota berukuran sedang mengadakan pesta kembang api dan pertunjukan musik selepas tengah malam. Perayaan malam tahun baru yang terkenal adalah ritual menghormatiDewa Laut Lemanja di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro.
    -Mengenakan baju, celana, pakaian dalam dan sepatu putih-putih, saat tengah malam, masyarakat brasil berbondong-bondong menuju pantai. Mereka menabur bunga di laut, ngubur mangga, pepaya & semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa.
    - Semua itu tentu ada artinya. Warna putih sendiri mewakili energi suci. Jadi memakai baju putih bisa menghilangkan masa lalu yang gelap dan kelam. Menghapus segala keburukan dan nasib sial di tahun yang sudah dilewati dan mendatangkan segala kebaikan, hoki, nasib baik dan peruntungan di tahun baru.
Sumber foto : notitarde.com

Nama : Fin de Año (Malam Tahun baru)
Negara : Spanyol
Keunikan : - Di Spanyol terdapat tradisi malam tahun baru seperti pemberian dua belas buah anggur kepada masing-masing orang. Setiap anggur menandakan jumlah bulan pada tiap tahun. Jika anggur yang dimakan manis, itu artinya bulan baik, sedang yang asam adalah bulan yang penuh kesulitan.
    - Fin de Año adalah sebutan untuk malam tahun baru di Spanyol. Perayaan dimulai dengan makan malam bersama keluarga. Hidangan yang disajikan biasanya berupa masakan dari udang, domba, atau ayam kalkun. Pakaian dalam berwarna merah yang dipakai pada malam tahun baru dipercaya mendatangkan nasib baik.
    - Perhitungan detik-detik pergantian tahun mengikuti jam yang ada di gedung Casa de Correos dekat lapangan Puerta del Sol, Madrid. Orang Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur, satu per satu mengikuti bunyi lonceng jam. Tradisi memakan 12 buah anggur bermula dari tahun 1909. Pada waktu itu, petani anggur di Alicante membuat tradisi memakan anggur sebagai cara menghabiskan surplus produksi anggur mereka.
Sumber foto : notey.com

Nama : Año Viejos (Membakar boneka di malam tahun baru)
Negara : Ekuador
Keunikan : - Orang Ekuador memiliki tradisi unik dalam menyambut dan merayakan malam tahun baru. Mereka menyebutnya Año Viejos atau membakar boneka di malam tahun baru. 
    - Tepat pada jam 00.00 saat malam tahun baru, masyarakat Ekuador dari anak-anak sampai orang tua, membakar orang-orangan sawah atau boneka yang terbuat dari jerami, kertas koran, pakaian using,  atau bilah kayu. Kemudian kepalanya dibuatkan topeng mirip tokoh-tokoh yang tidak disukai seperti para politisi dan sebagainya. 
    - Konon, masyarakat Ekuador mempercayai bahwa dengan membakar orang-orangan sawah tersebut, hal buruk selama tahun lalu akan habis terbakar. Selain itu, orang-orangan sawah tersebut akan menakuti nasib sial di tahun yang baru, sehingga nantinya di tahun yang baru, mereka akan mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan.
Sumber foto : wadeziq.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×