kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Negara dengan Jaminan Kesehatan Nasional terbaik


Sabtu, 14 Oktober 2017 / 12:00 WIB
5 Negara dengan Jaminan Kesehatan Nasional terbaik


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID - Pemerintah harus memenuhi hak warga negaranya untuk memperoleh layanan kesehatan yang baik. Maka sudah seharusnya apabila negara menyelenggarakan sistem layanan kesehatan yang layak untuk rakyatnya. Rakyat yang sehat dapat beraktivitas dan bekerja dengan baik sehingga hasilnya pun baik. Perekonomian negara meningkat dan kemajuan negara akan merata di seluruh negeri. Banyak negara di dunia yang menggratiskan biaya kesehatan rakyatnya ini, agar setiap masyarakat berobat tidak perlu memikirkan biayanya. Di negara lain, bahkan bukan hanya menggratiskan biaya kesehatan rakyatnya, tetapi sistem pelayanan kesehatannya benar-benar dijaga dengan baik. Berikut adalah 5 negara dengan jaminan kesehatan masyarakat terbaik di dunia versi Kontan.

Negara : Perancis
Pembentukan : 10 Agustus 843 
Jumlah Penduduk : 67.012.000 orang (2015)
PDB per kapita : $44.538
Nama Program : The French healthcare system
Keterangan : - Sistem kesehatan di Perancis didominasi oleh praktik swasta atau buka praktek sendiri untuk layanan rawat jalan dan rumah sakit umum untuk perawatan akut. Semua penduduk secara otomatis terdaftar sebagai anggota National Health Insurance (NHI) dengan dana asuransi berdasarkan status pekerjaan mereka. Selain itu, 90% penduduknya berlangganan asuransi kesehatan tambahan untuk menutupi manfaat lain yang tidak tercakup dalam NHI. Setiap warga Perancis yang diasuransikan dapat mengakses rumah sakit dalam jaringan NHI yang tersebar di Eropa. 
    - Warga Perancis juga bisa berobat ke dokter yang berpraktek sendiri, sistem pembiayaannya menggunakan reimbursement. Pasien membayar dahulu, selanjutnya diganti oleh pihak asuransi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Apabila berobat ke rumah sakit umum (termasuk rumah sakit nirlaba swasta yang bekerja dalam kemitraan dengan mereka) dibayar oleh pihak asuransi. Sedangkan untuk obat resep, harga satuan yang diperbolehkan untuk penggantian di bawah NHI ditetapkan oleh komisi yang mencakup perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Keuangan, dan Industri.
    - NHI merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem jaminan sisoal Perancis yang terdiri dari 3 hal. Tunjangan pensiun, tunjangan keluarga dan asuransi kesehatan. Sementara itu, khusus untuk asuransi kesehatan, NHI Perancis mencakup layanan mulai dari perawatan di rumah sakit, layanan rawat jalan, obat resep (termasuk produk homeopati), pengobatan termal di spa, perawatan di rumah, manfaat tunai, dan perawatan gigi dan penglihatan yang lebih rendah. 
Sumber foto : renestance.com

Negara : Jerman
Pembentukan : 2 Februari 962 
Jumlah Penduduk : 81.083.600 orang (2015)
PDB per kapita : $41.955
Nama Program : Krankenkassen Und Private Krankenversicherung
Keterangan : - Sistem perawatan kesehatan di Jerman dimulai sejak Abad Pertengahan, saat pengrajin menjadi anggota serikat pekerja. Serikat pekerja kemudian menyediakan jaminan kesehatan dalam bentuk asuransi. Sistem layanan kesehatan masyarakat melalui asuranasi ini dimasyarakatkan sejak revolusi industry melalui kebijakan Otto von Bismarck. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan asuransi bagi pekerja yang terlibat dalam produksi industri dan non-industri. 
    - Sitem perawatan kesehatan di Jerman terbagi ke dalam tiga jenis. Rawat jalan, rawat inap dan fasilitas rehabilitasi.  Institusi yang bertanggungjawab untuk menjalankan sistem perawatan kesehatan ini adalah Badan Pengatur dan Kementerian Kesehatan Federal, asosiasi dan perwakilan penyedia jasa kesehatan dan profesi medis dan perusahaan asuransi kesehatan.
    - Warga Jerman diwajibkan memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah, terutama warga dengan pendapatan kurang dari  batas upah minimum. Pendanaan kesehatan diambil dari premi ditambah dari pendapatan pajak.  Jadi setiap warga saling menanggung risiko kehilangan biaya perawatan medis jika terjadi penyakit. Semua orang yang dilindungi oleh undang-undangan perasuransian dan memiliki hak yang sama untuk menerima perawatan.  Saat ini 97% masyarakat di Jerman memiliki asuransi kesehatan. 
Sumber foto : german-way.com

Negara : Swedia
Pembentukan : Awal abad ke-12
Jumlah Penduduk : 9.816.666 orang (2015)
PDB per kapita : $48.966
Nama Program : The Swedish Health System
Keterangan : - Secara proporsional Swedia memiliki populasi lansia terbesar di Eropa, dengan rentang usia rata-rata 81,4 tahun untuk wanita dan 80,3 tahun untuk kaum pria. Di satu sisi lainnya, jumlah kelahiran anak tiap tahun terus meningkat.  Apakah semua itu berkah dari tingkat kesehatan yang sangat baik? Yang jelas, perawatan kesehatan di Swedia sebagian besar merupakan dana yang didanai oleh pajak, sebuah sistem yang memastikan setiap orang memiliki akses yang sama terhadap layanan perawatan kesehatan. Disamping sistem pendanaan, Pemerintah Sewdia juga sangat memperhatikan kualitas dan efisiensi layanan perawatan kesehatan warganya. 
    - Swedia terbagi menjadi 290 kotamadya dan 20 dewan daerah.  Tidak ada hubungan hierarkis antara kotamadya, dewan daerah dan daerah. Pekerjaan dewan daerah Swedia menyangkut perawatan kesehatan, budaya dan infrastruktur.  Sedangkan Kotamadya Swedia bertanggung jawab untuk merawat orang tua yang cacat fisik atau gangguan psikologis di rumah atau di akomodasi khusus, penyakit kronis yang memerlukan pemantauan dan pengobatan, dan seringkali pengobatan seumur hidup serta memberikan dukungan dan layanan untuk  perawatan kesehatan sekolah.
    - Kebijakan Swedia menyatakan bahwa setiap dewan daerah harus menyediakan perawatan kesehatan dan medis berkualitas baik kepada masyarakat, dan bekerja untuk mempromosikan kesehatan yang baik bagi seluruh penduduk. Dewan daerah juga bertanggung jawab untuk perawatan gigi bagi penduduk setempat sampai usia 21 tahun.
Sumber foto : hotboard.com.au

Negara : Swiss
Pembentukan : 1 Agustus 1291 
Jumlah Penduduk : 8.279.700 orang (2015)
PDB per kapita : $84.070
Nama Program : Swiss health insurance
Keterangan : - Perawatan kesehatan di Swiss bersifat universal dan diatur oleh Undang-Undang Federal Swiss mengenai Asuransi Kesehatan . Tidak ada layanan kesehatan gratis yang disediakan pemerintah. Sebagai gantinya asuransi kesehatan swasta diwajibkan bagi semua orang yang tinggal di Swiss (dalam waktu tiga bulan tinggal atau tinggal di negara tersebut). Pegawa Negeri, kedutaan dan anggota keluarga mereka dikecualikan dari asuransi kesehatan wajib.
    - Seluruh sistem kesehatan diarahkan pada tujuan umum menjaga sistem tetap kompetitif melintasi garis-garis batas perusahaan, mempromosikan kesehatan masyarakat secara umum dan mengurangi biaya sambil mendorong tanggung jawab individu. 
    - Asuransi kesehatan mencakup biaya perawatan medis dan rawat inap tertanggung. Namun, orang yang diasuransikan membayar sebagian biaya pengobatan. Hal ini dilakukan dengan cara dikurangkan setiap tahun yang berkisar dari US $ 184 sampai maksimum US$ 1,534 untuk orang dewasa seperti yang dipilih oleh Tertanggung  dengan premi disesuaikan.
Sumber foto : leukerbadclinic.ch

Negara : Inggris
Pembentukan : 1 Mei 1707
Jumlah Penduduk : 69.945.000 orang (2015)
PDB per kapita : US$ 45.653 
Nama Program : National Health Services (NHS)
Keterangan : - Sistem jaminan kesehatan di Inggris dikenal dengan National Health Service (NHS), yaitu sistem kesehatan yang didanai publik dengan target semua orang yang bermukim di Inggris atau Comparison Health Insurance.
    - Menteri kesehatan Inggris membentuk  pelayanan kesehatan nasional, NHS, sebagai pelayanan kesehatan gratis komprehensif, dan sudah tersedia untuk seluruh penduduk sejak  tahun 1984. Saat ini, NHS dibagi menjadi dua bagian: bagian yang mengatur strategi, kebijakan dan isu-isu manajerial, dan yang mengatur semua aspek lain peralatan klinis terbagi menjadi peralatan utama yangmelibatkan dokter, apoteker, dokter gigi, perawatan sekunder (rumah sakit berbasis, diaksesmelalui rujukan) dan perawatan tersier (melibatkan dokter yang sangat khusus menghadapikondisi sangat sulit atau jarang).
    - Sistem NHS ini tidak sepenuhnya sistem asuransi karena tidak ada premi yangdikumpulkan,  biaya tidak dibebankan pada tingkat. Meskipun begitu, sistem ini mencapai tujuan utama dari asuransi yaitu menyebarkan risiko keuangan yang timbul dari sakit-kesehatan.
Sumber foto : nursingtimes.net

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×