kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Mushaf Al Quran tertua di dunia


Sabtu, 27 Mei 2017 / 12:00 WIB
5 Mushaf Al Quran tertua di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Al-Qur’an adalah pegangan hidup bagi umat Islam di dunia, dalam menjalankan perintah dan larangan Allah SWT. Sebagai kitab suci, Al Qur’an menjadi teks seperti yang kita baca sekarang ini baru dimulai pada awal abad 9 Masehi atau 200 tahun setelah Al-Qur’an dibukukan yakni pada masa Khalifah Abubakar Ash-Shiddiq dan kemudian disempurnakan pada masa Pemerintahan Utsman ibn Affan.  Penemuan-penemuan Al-Qur’an tertua baik di Jazirah Timur Tengah maupun di Eropa, bukan merupakan Al-Qur’an secara utuh, akan tetapi hanya beberapa lembar manuskrip saja. Berikut ini 5 manuskrip Al-Qur’an tertua di dunia versi Kontan.

Nama : Mushaf Sana'a
Media : Perkamen berkualitas tinggi
Dibuat  : 671 Masehi
Pemilik : Darul Makhtutah (Gedung naskah) Kota Yaman
Keterangan : - Lembar-lembar Al Qur’an tua ini ditemukan pada tahun 1972 dari sebuah loteng di Masjid Besar kota Sana’a saat salah satu dinding masjidnya roboh karena hujan yang amat deras.
    - Mushaf Al Qur’an tersebut ditulis dalam huruf gaya Hijaz yang populer pada abad ke-7 masehi. Berdasarkan penanggalan radioaktif karbon pada tinta yang digunakan dipastikan bahwa Al Qur’an tersebut ditulis sebelum tahun 671 M (40 tahun sejak meninggalnya Nabi Muhammad SAW).
    - Isi dan susunan Al Qur’an tertua dari Sana’a ini bersesuain sekali dengan Mushhaf Utsmani yang menjadi standar hingga sekarang. Hal ini menunjukkan bagaimana proses standarisasi Al Qur’an yang dilakukan oleh Khalifah Utsman bin Affan di masa pemerintahannya sangat berhasil dan dipatuhi hingga ke wilayah Sana’a, di Yaman.
Sumber foto : quora.com

Nama : Mushaf Turki
Media : Kulit hewan
Dibuat  : Tahun 651 Masehi
Pemilik : Museum Topkapi Sarayi, Istambul, Turki
Keterangan : - Mushaf Al Quran ini berukuran 46 x 41 cm dengan ketebalan sekitar 11 cm, terdiri dari 408 lembar dengan setiap halamannya terdiri dari 18 baris. Tempat penyimpanannya ditutup dengan selendang Nabi Muhammad SAW dan setiap bulan Ramadhan dipamerkan kepada pengunjung museum.
    - Penggunaan tinta merah untuk penanda bacaan, bulatan berwarna sebagai awal ayat, dan tanda lain setiap 5,10,100 dan duaratus ayat berikutnya.
    - Berdasarkan penelitian, mushaf Al Qur'an ini diyakini sebagai salah satu mushaf Usman Bin Affan, yang pada tahun 1811 M. dihadiahkan dari gubernur mesir Muhammad Ali Basya kepada Sultan Mahmud 2.
Sumber foto : wadishaeer.com

Nama : Mushaf Tashkent
Media : Kulit rusa
Dibuat  : Tahun 651 Masehi
Pemilik : Kompleks makam di kawasan Hast-Imam, Tashkent, Uzbekistan
Keterangan : - Mushaf Alquran tertua tersimpan di Tashkent, Uzbekistan. Disusun oleh Khalifah Utsman bin Affan pada abad ketujuh. Masih terdapat bekas tetesan darah sang Khalifah ketika ditusuk pedang saat membaca Surat Al Baqarah.
    - Mushaf Alquran tertua itu di kawasan Hast-Imam, Tashkent, Uzbekistan, satu kompleks dengan makam ilmuwan Islam abad 10, Kaffel Sashi. Di kompleks ini pula pusat aktivitas Mufti Uzbekistan atau pimpinan keagamaan tertinggi negara dilakukan.
    - Mushaf yang tersimpan di Tashkent terdiri dari 338 lembar dan merupakan sepertiga dari isi Alquran seluruhnya. UNESCO mengakuinya sebagai peninggalan bersejarah bagi ummat Islam.
Sumber foto : muslim.kz

Nama : MA VI 165 Jerman
Media : Perkamen berkualitas tinggi
Dibuat  : Tahun 649 - 675 Masehi
Pemilik : Universitas Tubingen/Perpustakaan Berlin, Jerman
Keterangan : - Mushaf Al Qur'an dari naskah Kufi yang terkenal ini, dsebut-sebut berasal dari jaman Imam Ali Bin Abu Thalib, sekitar tahun 656 Masehi. 
    - Mushaf Al Qur'an yang memuat surat Al Isra ayat 37 dan surat Yaa Sin ayat 57 ini, dibuat dengan tujuan resmi yang kemungkinan berkaitan erat dengan pekerjaan dalam pemerintaha kekhalifahan Ali.
    - Gagasan naskah ini terkait dengan sosok Ali, karena Sayidina Ali merupakan salah seorang hafiz atau penghapal Al Qur'an dan ia juga melek huruf.
Sumber foto : iqna.ir

Nama : Manuskrip Birmingham
Media : Kulit domba atau kambing
Dibuat  : Tahun 568 - 645 Masehi
Pemilik : Birmingham University
Keterangan : - Penemuan Al Quran yang diberitakan media-media internasionalini menggemparkan dunia, karena dianggap sebagai penemuan penting untuk dunia Islam.
    - Analisa karbon dengan tingkat keakurasian lebih dari 95% ini menyebutkan bahwa manuscript Al Qur'an memuat ayat pada surat ke 18 hingga 20.
    - Teksnya ditulis dalam bahasa Arab Hijaz. Menurut dugaan, Manuskrip ini dimiliki oleh Khalifah pertama  yakni Khalifah Abu Bakar (tahu n632 M). 
Sumber foto : bbc.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×