kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Menara tertinggi di dunia


Sabtu, 28 Januari 2017 / 12:00 WIB
5 Menara tertinggi di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Pembangunan menara di banyak tempat di dunia kian berkembang. Banyak negara berlomba-lomba membangun menara tinggi yang menjulang ke angkasa. Menara listrik, menara telekomunikasi, menara siaran (broadcasting), menara observasi, menara mercusuar dan berbagai jenis menara lainnya. Selain fungsi tersebut, beberapa menara ada juga yang dilengkapi restoran dan tempat khusus bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitarnya. Beberapa negara bahkan menjadikan menara ini sebagai ikon kota yang menjadi obyek wisata. Berikut ini 5 menara tertinggi di dunia versi Kontan.

Nama : Menara Oriental Pearl
Lokasi : Century Ave, LuJiaZui, Pudong Xinqu, Shanghai Shi, China, 200120
Negara : Republik Rakyat Tiongkok
Dibuka : Tahun 1994
Tinggi : 468 meter
keterangan : Menara ini didesain oleh Jia Huan Cheng dari Shanghai Modern Architectural Design Co. Ltd. konstruksinya dimulai tahun 1991 dan selesai tahun 1995. Menara ini memiliki ketinggian 468 m dan merupakan menara tertinggi kedua di Asia. Oriental Pearl TV Tower merupakan menara tertinggi di Asia.  Menara ini adalah menara terpanjang ketiga di dunia. Dari atas menara ini  dapat menikmati pemandangan kota Shanghai yang begitu indah.
Sumber foto : saosang.net

Nama : Menara Ostankino
Lokasi : Moskwa, Moskow
Negara : Rusia
Dibuka : Tahun 1967
Tinggi : 540.1 meter
keterangan : Menara Ostankino adalah sebuah menara televisi dan radio yang berada di Moskwa, Rusia. Menara setinggi 540 m ini dirancang oleh Nikolai Nikitin. Pembangunannya dimulai tahun 1963 dan selesai pada tahun 1967 untuk memperingati 50 tahun Revolusi Oktober. Menara ini memegang rekor struktur bangunan tertinggi di dunia untuk satu dekade, sampai Menara CN selesai dibangun di Toronto, Kanada. Walau begitu, sampai tahun 2005 Menara Ostankino masih memegang rekor yang sama untuk daerah Eurasia dan kini menjadi menara tertinggi keempat di dunia.
Sumber foto : ru.sputnik.kq

Nama : Menara CN
Lokasi : Toronto
Negara : Kanada
Dibuka : 26 Juni 1976
Tinggi : 553,3 meter
keterangan : Pembangunan Menara CN dimulai pada 6 Februari 1973 oleh Canadian National Railway yang ingin membangun pemancar televisi dan komunikasi radio untuk melayani Greater Toronto Area dan menunjukkan kekuatan industri Kanada. Proyek ini dibangun selama 24 jam sehari, 5 hari dalam seminggu, selama 40 bulan oleh 1.537 pekerja. Menara ini akhirnya dibuka untuk umum pada 26 Juni 1976. Biaya pembangunannya mencapai sekitar 330 juta dolar Kanada (untuk ukuran tahun 2005) dan dilunasi dalam 15 tahun. CN adalah singkatan resmi dari Canadian National Railway (Kereta Api Nasional Kanada), namun setelah perusahaan itu memutuskan untuk mecabut investasinya dalam aset jalur kereta api barang yang bukan merupakan inti usahanya dalam langkah-langkah yang menyebabkan swastanisasi perusahaan tersebut pada 1995, Menara CN dialihkan kepada Canada Lands Company (CLC), sebuah Crown corporation federal yang bertanggung jawab atas pembangunan real estate. Karena warga kota Toronto ingin mempertahankan nama Menara CN, singkatan CN itu kini diubah artinya menjadi Canada's National dan bukan namanya semula, Canadian National. Menara CN dianggap sebagai ikon kota tersebut, dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang setiap tahunnya. Menara Ostankino mengalami kebakaran pada 27 Agustus 2000, menewaskan tiga orang. Selain itu, sinyal televisi dan radio untuk lebih dari 18 juta orang di Moskow dan sekitarnya terganggu. Api muncul pertama kali sekitar 98 m di atas dek pengamatan dan restoran Seventh Heaven. Kebakaran ini menyebabkan dievakuasinya seluruh pengunjung dan staf dari lokasi, yang selesai dalam waktu 90 menit dari munculnya api. Karena alat-alat elektronik di dalam sudah cukup tua dan kurang terawat, kerusakan yang terjadi sangat parah. Satu-satunya stasiun televisi yang tidak terganggu adalah stasiun swasta NTV namun pemerintah menyatakan prioritas diberikan bagi televisi pemerintah, dan karena itu saluran TV RTR mulai melakukan siaran ke sejumlah distrik Moskwa.
Sumber foto : notable.ca

Nama : Menara Kanton
Lokasi : Chigang Pagoda, Distrik Haizhu, Guangzhou
Negara : Republik Rakyat Tiongkok
Dibuka : 29 September 2010
Tinggi : 610 meter
keterangan : Menara Kanton, sebelumnya dikenal dengan nama Menara Guangzhou TV & Sightseeing, adalah sebuah menara yang dibangun di daerah Chigang Pagoda, Distrik Haizhu, Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok. Menara mencapai topped-out pada tahun 2009 dan dibuka pada 29 September 2010 untuk Asian Games 2010. Menara ini menjadi menara tertinggi di dunia selama setahun, menggeser kedudukan Menara CN sebagai menara tertinggi di dunia, sebelum digeser oleh Tokyo Sky Tower pada tahun 2011. Menara ini juga merupakan bangunan tertinggi di Cina sampai saat ini.
Sumber foto : hujiawang.cc

Nama : Tokyo Sky Tree
Lokasi : Sumida, Tokyo
Negara : Jepang
Dibuka : 22 Mei 2012
Tinggi : 634 meter
keterangan : sebelumnya disebut New Tokyo Tower, Menara Tokyo Baru adalah menara siaran, observasi, dan rumah makan di Sumida, Tokyo, Jepang. Menara ini telah menjadi struktur tertinggi di Jepang sejak tahun 2010,[2] dan mencapai ketinggian akhir 634 m pada bulan Maret 2011, sekaligus menjadikannya sebagai menara tertinggi di dunia. Pembangunan menara ini dipimpin oleh Tobu Railway dibantu oleh konsorsium enam stasiun penyiaran terestrial yang dikepalai oleh NHK. Menara ini berada di tengah-tengah proyek pengembangan kawasan di antara Stasiun Tokyo Skytree dan Stasiun Oshiage, sekitar 7 km timur laut Stasiun Tokyo. Salah satu dari fungsi utama menara ini untuk merelai sinyal siaran radio dan televisi. Fasilitas yang ada sekarang ini di Menara Tokyo (tinggi 333 m) tidak cukup tinggi untuk menyiarkan televisi terrestrial digital karena dikelilingi oleh banyak bangunan-bangunan tinggi. Proyek pembangunan menara ini selesai pada 29 Februari 2012, dan dibuka untuk umum pada 22 Mei 2012
Sumber foto : hk.on.cc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×