kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,72   6,12   0.62%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Kota tertua di Dunia


Rabu, 23 Mei 2018 / 06:00 WIB
5 Kota tertua di Dunia
ILUSTRASI.


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID -  Dalam kurun waktu tertentu, peradaban dunia akan mengalami perubahan. Peninggalan-peninggalan yang menjadi bukti sejarah dan peradaban akibat perubahan tersebut tentu akan meninggalkan jejaknya. Salah satunya  adalah kota. Kota dengan arsitektur yang indah serta artefak unik dapat menceritakan sejarah dan kehidupan masa lalunya. Kota tua berusia ribuan tahun ini juga diyakini menyimpan kisah dan legenda masing-masing. Berikut ini 5 kota tertua di dunia versi KONTAN. Kota tua yang masih cantik dan tetap berdiri kokoh sehingga menjadi destinasi para turis.

Kota  : Athena 
Negara : Yunani
Dihuni pertama : 2.776 SM
Luas wilayah : 2929 km2
Jumlah Penduduk  : 3.500.000 jiwa
Keterangan : - Athena atau Atena disebut juga Athina adalah ibu kota negara Yunani yang diambil dari nama Dewi Athena. Menurut Plato, filusuf yang hidup pada abad ke 5 SM, nama Athena berasal dari Atheonóa  yang berasal dari kata theos ("dewa") dan nous ("pikiran").  Etimologi tersebut menunjukkan asal-usulnya sebagai dewi kebijaksanaan yang selalu menggunakan pikiran. Dalam bahasa Yunani modern, Athena berasal dari kata Athina yakni nama seorang Dewi Yunani yakni Dewi Athena.
    - Sebagai kota tertua di benua Eropa, Athena sering disebut sebagai muasal peradaban barat karena pencapaian kebudayaannya pada abad ke-4 dan abad ke-5. Karena pencapaian budaya ini pula, kota Athena  memiliki kekayaan fisik seperti bangunan, monument dan karya seni kuno. Salah satunya adalah Akropolis yang menjadi salah satu bukti seni Yunani klasik.  Semua warisan budaya tersebut direnovasi pada awal tahun 2000-an agar Kota Athena bisa bersolek menerima para tamu dalam hajatan Olimpiade Athena 2004.
    - Bagi seorang Greek (orang Yunani) makanan dan anggur (wine) adalah dua aspek penting di dalam budaya Yunani. Bahkan negara ini terkenal dengan makanan dan anggur yang sangat lezat dan memiliki kualitas yang baik. Beberapa makanan tradisionalnya bisa ditemui di seluruh Yunani termasuk tentu saja Athena.  Disamping makanan dan anggur, Kota tertua ini juga dikenal sebagai tempat lahirnya paham demokrasi, filosofi barat, Olympic Games, politik ilmiah, sastra barat, historiography, prinsip matematika yang sampai sekarang masih digunakan hingga teori barat tentang drama tragedi dan komedi. 
Sumber foto : ermakvagus.com

Kota  : Damaskus
Negara : Suriah (Syria)
Dihuni pertama : 3.000 SM
Luas wilayah : 105 km2
Jumlah Penduduk  : 3.711.000 jiwa
Keterangan : - Damaskus, dikenal juga sebagai Negeri Syam, adalah ibu kota Suriah. Kota terbesar di negeri Suriah ini sudah dihuni sejak abad 15 SM hingga saat ini, dengan populasi terakhir sekitar 3,67 juta jiwa. Nama Damaskus sendiri diambil dari dari bahasa Yunani, akar katanya diambil dari nama Aram Damascus yang artinya tempat yang diairi dengan baik. Penduduk Damsyik serta negara Arab lainnya menyebutnya sebagai Dimashqu-Sh-Sham. As-Sham artinya utara. Suriah sendiri disebut Biladu-sh-Sham atau tanah utara.
    - Bagi ummat Islam, kota Damaskus mempunyai arti tersendiri. Dalam sejarah Islam, Damaskus jatuh ke tangan Islam pada tahun 635 M, pada era Khalifah Umar bin Khatab. Pada tahun 661 M, Mu’awiyah bin Abu  Sufyan, pendiri Dinasti Umayyah, memindahkan pusat pemerintahan dari Madinah ke Damaskus, dan menjadi kota pertama yang menjadi pusat pemerintahan di luar Jazirah Arab. Pada 704, Khalifah Khalid bin Yazid, cucu pendiri Dinasti Umayyah, menjadi inisiator berdirinya perpustakaan public pertama. Selanjutnya 3 tahun kemudian, Khalifah Walid bin Abdul Malik memerintahkan mendirikan rumah sakit dan pusat studi kedokteran pertama. 
    - Masa keemasan Damaskus terjadi saat Sultan Nuruddin berkuasa pada 1154. Ilmu hadits, fiqih, kalam dan sejarah Islam serta aktivitas filologi kesusasteraan Arab menjadi kajian-kajian utama di masjid-masjid dan madrasah, sehingga melahirkan banyak kaum intelektual muslim. Tercatat seperti Ibnu Taimiyah yang ahli fiqih, hadits dan juga hebat saat memimpin peperangan, Ibnu al-Syatir seorang pakar astronom dan ahli matematika. Ibnu al-Syatir adalah peletak dasar teori peredaran planet yang membuat jam matahari raksasa untuk masjid Damaskus.
Sumber foto : ermakvagus.com

Kota  : Aleppo
Negara : Suriah (Syria)
Dihuni pertama : 5.000 SM
Luas wilayah : 190 km2
Jumlah Penduduk  : 1.800.000 jiwa
Keterangan : - Aleppo adalah nama kota yang terletak di Negara Suriah. Kota terbesar kedua yang menjadi pusat industri dan keuangan paling penting bagi Suriah. Aleppo dalam bahasa Arab disebut juga Halab. Merupakan salah satu kota tertua di dunia. Mulai ditinggali manusia sejak 5.000 SM. Dalam beberapa abad lalu, Aleppo pernah menjadi kota terbesar di wilayah Syam dan kota ketiga terbesar pada masa Kesultanan Utsmaniyyah, setelah konstantinopel dan Kairo. Sebagai pusat perdagangan, Aleppo juga menjadi kota penghubung perdagangan Laut Tengah dan Mesopotamia (Irak).
    - Saat terusan Suez dibuka pada 1869, perdagangan pun dialihkan ke laut dan Aleppo perlahan-lahan ditinggalkan. Pasca Perang Dunia Im Aleppo diserahkan kepada Turki Modern untuk kepentingan jalur kereta api . Pada 1940-an, Aleppo kehilangan akses utama menuju laut, Antakya dan Aleksandretta da Turki, sehingga menjadi kota terasing di Suriah. Kemunduran ini belakangan disyukuri karena ternyata kejadian tersebut melindungi arsitektur abad pertengahan  serta warisan tradisionalnya . Pada 2006, Aleppo mendapat anugerah sebagai Ibukota Budaya Islam karena keberhasilannya merestorasi tempat-tempat bersejarah yang terkenal. 
    - Aleppo Sayangnya, anugerah ibukota Budaya Islam tersebut tidak berlangsung lama. Karena pada 2012, Aleppo menderita kerusakan hebat dan menjadi kota paling parah sebagai akibat perang sipil yang terjadi di Suriah. Pada penghujung tahun 2013, pasuka nrezim Nushairiyah melakukan serangan brutal melalui udara dengan menggunakan bom barel. Usaha perebutan Aleppo dalam bentuk serangan bertubi-tubi  dari rezim Nushairiyah yang dibantu pihak Rusia kepada para Mujahidin, menyebabkan tragedy yang memilukan dan menewaskan banyak warga sipil termasuk anak-anak dan wanita.
Sumber foto : middleeasteye.net

Kota  : Byblos
Negara : Lebanon
Dihuni pertama : Tahun 8.800 SM
Luas wilayah : 17 km2 (kota)
Jumlah Penduduk  : 100.000 jiwa
Keterangan : - Byblos diambil dari bahasa Yunani untuk kota Fenisia Gebal. Terletak sekitar 42 km sebelah utara Kota Beirut, Libanon.  Byblos merupakan koloni dan sekutu Mesir selama berabad-abad. Kota ini kemudian  berkembang menjadi kota yang kaya. Makam Firaun dari Dinasti pertama Firaun menggunakan kayu-kayu dari Byblos. Begitu pula kapal Mesir tertua yang mengarungi samudra diberi nama Kapal Byblos. Di Byblos pula ditemukan banyak artefak buatan Mesir. Para penguasa Byblos memelihara hubungan dekat dengan para firaun Kerajaan baru Mesir Kuno dari ditemukannya barang-barang yang menyebut nama raja Neferhotep I juga nama Khasekhemwy, Penguasa dari Dinasti kedua Mesir.
    - Abjad Fenisia yang terdiri dari 22 huruf merupakan salah satu bukti arkeologi bahwa Byblos adalah kota tua yang hingga kini masih dihuni manusia. Sebuah bukti tulisan yang bertarikh sekitar 1.200 SM ini ditemukan pada kotak mayat sarkofagus Raja Ahiram. Menurut sejarahnya, Byblos pernah diinvasi orang-orang Amorite yang membuat kota ii hancur. Tetapi karena kedekatannya dengan Firaun, maka kota ini mendapat perlindungan penuh dari Mesir dan bagian kota yang hancur pun kembali dibangun. Saat ini kota Byblos masuk warisan dunia UNESCO.
    - Kota Byblos kini menjadi kota tujuan para pecinta sejarah. Menyuguhkan bangunan dari batu dan tanah liat dengan dermaga tua dan kapal-kapal yang tertambat di tepiannya memberikan rasa tenang bagi para pelancong. Selain itu, ada Great Temple yang dibangun 2.700 SM.  Biblos Castle, bangunan Romawi terbuat dari batu kapur dan dikelilingi parit,  yang dibangun oleh para Tentara Salib pada abad ke-12 serta ujuan para pecinta sejarah. Medieval City Wall, kawasan tempat berlindung masyarakat dari para Tentara Salib. Serta Byblos Wax Museum, museum patung lilin sebagai display sejarah Bangsa Phoenicia sepanjang jaman.  
Sumber foto : ancient.eu

Kota  : Yerikho atau Jericho
Negara : Palestina
Dihuni pertama : Tahun 9.000 SM 
Luas wilayah : -
Jumlah Penduduk  : 20.300 jiwa
Keterangan : - Jericho atau Yerikho dalam bahasa Ibran sama dengan arti dalam bahasa Arab yakni wangi-wangian.  Yerikho terletak di Tepi Barat Sungai Yordan di kawasan otoritas Palestina. Yerikho merupakan kota tertua di dunia, kaarena manusia telah bemukim di sini sejak 11.000 tahun lalu. Mendapat julukan Kota Pohon Palem, di kota Yerikho mengandung banyak sumber air  sehingga menarik banyak orang di sekitar kota tersebut untuk tinggal di kota ini
    - Yerikho yang letaknya hanya 10 km sebelah Timur Yerusalam ini, merupakan oasis di padang pasir yang panas dan kering. Tidak heran kalau di dalam kota Yerikho banyak sumber mata air. Kota yang berada 244 meter di bawah permukaan laut ini nebjadikan Yerikho sebagai kota terindah di dunia. Tetapi inilah keunikannya, karena faktanya berada jauh di bawah permukaan laut, Yerikho memiliki iklim mikro sendiri. Semula suhu udaranya dingin, bisa tiba-tiba berubah menjadi kota terpanas di dunia.
    - Yerikho juga terkenal karena destinasi wisatanya. Kereta gantung (telepherique) akan menghubungkan para pelancong dari Biara Ortodoks Yunani Pencobaan yang elegan di puncak Gunung Temptation ke Kebun Rusia, taman musim semi oase berdaun kecil Ein as-Sultan, Istana Hisham, Istana Herodes serta Taman Spanyol untuk beristirahat di malam hari yang semuanya berada di pusat kota. Konflik yang terjadi di Israel mengukuhkan Yerikho pada posisi kota teraman dan paling raman dalam dekade terakhir ini. 
Sumber foto : netzarim.co.il

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×