kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Alun-alun terluas di dunia


Sabtu, 17 Juni 2017 / 12:00 WIB
5 Alun-alun terluas di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Alun-alun (citi square) merupakan lapangan terbuka yang luas dan berumput, dikelilingi oleh jalan dan digunakan untuk ragam kegiatan masyarakat. Biasanya alun-alun ini terletak di halaman depan rumah atau pendopo penguasa, bisa raja, bupati, wedana, camat atau bahkan kepala desa. Pada masa sekarang, bisa saja alun-alun ini ada di depan pusat perkantoran. Pada jaman dahulu, alun-alun ini dijadikan pusat kegiatan masyarakat sehari-hari baik pemerintahan, militer, perdagangan, kerajinan dan pendidikan. Berikut, 5 laun-alun terbesar di dunia versi Kontan.

Nama : Tiananment Square
Negara : 400 cities nationwide, Beijing, China
Luas : 440.000 m2
Dibuat : Tahun 1958
Keterangan : - Lapangan Tiananmen terletak di kota Beijing dekat Istana kuno Dinasti Ming dan Qing. Luas sekitar 440 ribu m2 dengan kapasitas 1 juta orang yang membuatnya menjadi satu dari lima alun-alun terbesar di dunia. Dibangun pada tahun 1652 dan terus dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh pemerintah setempat. Alun-alun ini juga terkenal dalam peristiwa sejarah, seperti gerakan Empat Mei pada tahun 1919, Proklamasi Republik Rakyat Tiongkok pada 1 Oktober 1949, gerakan protes di Tiananmen 1976 dan gerakan protes di Tiananmen pada 1989. 
    - Nama Tiananmen sendiri berasal dari nama sebuah gerbang kekaisaran yang dibangun oleh Dinasti Ming pada 1415. Namun, gerbang ini kemudian hacur saat terjadi pertempuran antara pasukan Li Zicheng melawan Kekaisaran Qing. Gerbang Tiannamen dibangun lagi pada tahun 1969 dan kini berdidiri kokoh di utara lapangan. Sedangkan Lapangan Tiananmen dibangun kembali pada 1651 dan pada tahun 1950 diperluas menjadi empat kali lipat.
    - Di sebelah utara tampak foto raksasa Chairman Mao Zedong yang tergantung di gerbang Tiananmen. Di seberang selatan Forbidden City (Meridian Gate). Sebuah garis dari ubin tertata lurus membujur ke utara dan selatan melewati tugu monument pahlawan rakyat yang terletak di tengah lapangan hingga ke mausoleum Mao Zedong. Di alun-alun ini tidak boleh ada papan dan poster reklame, bahkan bus dan kendaraan yang melintasi jalan di depan lapangan juga tidak diperbolehkan memiliki reklame di badan bus maupun kendaraan.
Keterangan foto : amazingchinatrip.com

Nama : Rizal Park
Negara : Roxas Boulevard, Ermita, Manila, Philippines
Luas : 566.560 m2
Dibuat : Tahun 1820
Keterangan : - Rizal Park adalah ruang hijau paling popular di Filipina. Salah satu alun-alun terbesar di Asia ini memiliki luas 566.560 m2 dan sudah ada sejak 200 tahun lalu. Tempat bersantai yang paling disukai oleh warga Manila ini mencakup taman hias, monument, fitur air serta taman bermain untuk anak-anak. Dinamakan Rizal Park, alun-alun dibangun untuk mengenang dan menghormati DR. Jose Rizal. Seorang pembaharu dan pahlawan Filipina.
    - Lokasi taman sangat luas, dengan pintu masuk dari sisi kanan dan kiri. Ditengahnya ada simbol tugu atau monumen yang didalamnya terdapat tulang belulang Jose Rizal dikuburkan. Bendera besar Filipina berukuran kira-kira panjang 4 meter dan lebar 2 meter. Sisi kiri dan kanan jalan taman, dihiasi dengan bunga segar serta sungai kecil. Dan yang paling utama, adalah atraksi air mancur berwarna-warni dengan diiringi lagu-lagu berbahasa Filipina.
    - Rizal Park dikelilingi taman hamparan bunga anggrek, pakis serta tanaman tropis lainnya yang luasnya 1 hektar. Paviliun kupu-kupu yang tempat ratusan kupu-kupu terbang dengan bebas. Warga biasanya menggunakan taman itu untuk bersantai dan menikmati senja/malam, ada juga yang tidur-tiduran bersama pasangan atau keluarga dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Sementara untuk anak-anak disediakan taman bermain dengan patung berwarna-warni dan air mancur.
Keterangan foto : theloophk.com

Nama : Praca Dos Girassois 
Negara : 1, Praça dos Girassóis, 105 - Plano Diretor Sul, Palmas - TO, Brasil
Luas : 570,000 m2
Dibuat : Tahun 1991
Keterangan : - Praça dos Girassóis adalah alun-alun besar yang terletak di pusat kota Palmas, Ibu Kota negara bagian Tocantint di Brasil. Alun-alun yang luasnya mencapai 570.000 m2 dan menjadi salah satu alun-alun terluas di dunia ini, juga dianggap menjadi  bangunan pusat pemerintahan seperti gedung eksekutif, legislative dan yudikatif serta menjadi pusat administrasi negara bagian Tocantins juga pengadilan. 
    - Selain bangunan pemerintah ini, alun-alun yang besar juga merupakan rumah bagi Memorial Luis Carlos Prestes, Monumen Benteng 18, dan Katedral Palms Metropolitan. Tempat wisata lainnya juga termasuk jam matahari, taman bermain, food court buka pada malam hari, air mancur, dan taman untuk menonjolkan sejarah dan budaya. Struktur Praça dos Girassóis dilengkapi oleh puluhan monumen dan karya seni yang menghormati orang-orang dari Tocantins dan membantu menceritakan kisahnya.
Keterangan foto : seden.to.gov.br

Nama : Merdeka Square
Negara : Jln. Taman Silang Monas. Kel. Gambir - Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10110
Luas : 1.000.000 m2
Dibuat : Tahun 1976
Keterangan : - Dibangun pada awal abad ke-19 saat pengembangan wilayah Weltevreden. Tahun 1818 dipergunakan sebagai tempat menggembalakan ternak, membuat batu bata, taman, lapangan olah raga (ketangkasan berkuda para pegawai Hindia Belanda), Kantor Telepon dan stasiun kereta api. 
    - Pembangunan lapangan bergaya Garden City yang langsung dirancang oleh Presiden Pertama Ir. Soekarno, dan dibantu oleh Ir. Roesono ini pernah menjadi arena Pameran Produksi Indonesia (PPI) pertama di tahun 1985 serta sebagai tempat diselenggarakan "Pasar Malam Gambir" yang kemudian dikenal dengan nama Jakarta Fair (sekarang diadakan di JIExpo Kemayoran).
    - Pada tanggal 19 September 1945, di lokasi ini diadakan “Rapat Raksasa Ikada”, guna menggalang kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan RI yang baru diproklamirkan. Pada tahun 1985 di lapangan ini pernah menjadi arena Pameran Produksi Indonesia (PPI) pertama. Sedangkan di bagian bawah Monas terdapat ruang museum sejarah yang keempat sisinya masing-masing menampilkan 12 diaroma sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, mulai dari jaman kehidupan nenek moyang Bangsa Indonesia hingga masa pembangunan Orde Baru.
Keterangan foto : WordPress.com

Nama : Xinghai Square
Negara : China
Luas : 1.760.000 m2
Dibuat : Tahun 1997
Keterangan : - Xinghai Square dibangun untuk memperingati  seratus tahun Kota Dalian. Patung-patung 1000 jejak  kaki dan sebuah buku terbuka yang menghadap ke laut menjelaskan  perubahan sejarah kota. Sedangkan di seberang Teluk Xinghai, akan terlihat dengan indah Jembatan Teluk Xinghai. 
    - Di sekitar alun-alun terdapat apartemen kelas atas, restoran, bank, dealer mobil sport mewah dan taman hiburan. Pantai Teluk Xinghai, Hotel Castle, Museum Sejarah Dalian Morden dan Museum Dalian Shell juga dekat. Di sisi berlawanan dari Kompleks patung terdapat  Xinghai CBD, antara lain Dalian Xinghai Convention & Exhibitions Center, Dalian World Expo Center dan markas Dalian Commodity Exchange.  Setiap akhir Juli hingga awal Agustus, selama sepuluh hari berturut-turut, Xinghai Square mengadakan Festival Bir Internasional tahunan.
    - Sebuah huabiao (tinggi 19,97 meter) pernah berada di tengah alun-alun. Pertama kali dibangun pada tahun 1997 untuk memperingati kedaulatan China atas Hong Kong. Itu adalah Huabiao tertinggi di China, dan itu menjadi salah satu landmark dan simbol Dalian. Kemudian dibongkar diam-diam pada 5 Agustus 2016 tengah malam. Semua hal itu diyakini karena beberapa alasan politis. 
Keterangan foto : thechinaguide.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×