kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Al Qur'an terbesar di dunia


Sabtu, 03 Juni 2017 / 12:00 WIB
4 Al Qur'an terbesar di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Al Qur’an sebagai kitab suci ummat Islam, di dalamnya terkandung tuntutan  kehidupan. Sebagai kalamullah, tentu saja kita, ummat Islam tidak ada keraguan dalam meyakini kandungan isinya. Karena kecintaannya kepada Al Qur’an pulalah, sebagian kecil ummat Islam di dunia membuat Al-Qur’an dalam ukuran yang sangat besar. Karena ukurannya yang luar biasa besar ini, media yang digunakannya pun bukan hanya dari kertas, tetapi dari puluhan lembar kulit hewan atau lembaran kayu dengan kualitas super. Berikut Al-Qur’an terbesar di dunia versi Kontan.

Nama : Al Qur'an handmade Mesir
Bahan : Kertas
Ukuran : Panjang 700 meter
Pemilik : Saad Mohammed
Tersimpan di : Koleksi pribadi Saad Mohammed
Keterangan : Seorang seniman Mesir bernama Saad Mohamed berhasil menuliskan mushaf Al-Quran terbesar di dunia dengan tulisan tangan sepanjang 700 meter. Pembuatan Al-Quran tersebut memakan waktu selama 3,5 tahun . Pada Al-Quran tersebut, sang seniman juga melengkapinya dengan kaligrafi yang dihiasi dengan motif khas Islam yang dicat indah. Al-Quran dengan tulisan tangan ini rencananya akan masuk ke dalam Guiness World Records.
Sumber foto : reuters.com

Nama : Al Qur'an di Kazan, Rusia
Bahan : Isi menggunakan kertas Skotlandia, Cover ini terbuat dari perunggu dan batu semi mulia dan bertatahkan phyanite, daun giok, emas dan perak.
Ukuran : Panjang 2 Meter, Lebar 1,5 meter (tertutup), 3 X 2 meter (terbuka), 632 halaman
Pemilik : Masjid Jama di Vadodara, Rusia
Tersimpan di : masjid Qolsharif, kota Kazan, Rusia
Keterangan : - Komunitas Muslim Rusia berhasil membuat Al-Quran terbesar di dunia. Al-Quran tersebut mempunyai berat 800 kilogram dengan total halaman mencapai 632 lembar. Sampul dari Al-Quran ini terbuat dari emas dan perak, serta ditutupi motif dasar perunggu berdiameter 14 sentimeter. Penulisan Al-Quran ini berlangsung selama satu tahun. Sebelumnya Al-Quran ditempatkan di sebuah masjid di Kazan, Tatarstan. Lalu pada akhir 2011, mereka memindahkannya ke Bolgary yang mayoritas berpenduduk Muslim
Sumber foto : matruska.ru

Nama : Al Qur'an di Afganistan
Bahan : Terbuat dari kain dan kertas dan fitur desain skrip emas, sampulnya terbuat dari kulit 21 ekor kambing.
Ukuran : Panjang 7,5 meter X Lebar 5,1 meter , 218 halaman
Pemilik : Pusat Budaya Afganistan
Tersimpan di : Ruangan dan gedung khusus Pusat Kebudayaan di Kabul, Afganistan
Keterangan : Diluncurkan di ibukota Afghanistan, Kabul. Pusat budaya Afganistan menugaskan pekerjaan, dengan maksud ingin menunjukkan kepada dunia bahwa meskipun lebih dari 30 tahun perang, warisan budaya yang kaya di Afghanistan belum dihancurkan. Dirancang oleh Mohammad Sabir Khedri – seorang Muslim yang taat – Qur’an melambangkan ketahanan Afganistan yang luar biasa dalam menghadapi perang berkepanjangan dan kehancuran. Kitab suci raksasa ini beratnya lebih dari 1.000 pound, dan biaya setengah juta dolar AS. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat Quran ini adalah 5 tahun. 
Sumber foto : pulsk.com

Nama : Al Qur'an Al-Akbar
Bahan : Kayu trembesi dengan ukiran khas Sumatera Selatan
Ukuran : Panjang 2 meter, Lebar 1,2 meter
Pemilik : Pemerintah setempat
Tersimpan di : Palembang
Keterangan : - Saat ini Al-Quran Al-Akbar tersimpan di Palembang. Al-Quran 30 juz ini terbuat dari kayu trembesi yang dilengkapi ukiran khas tradisional Palembang. Al-Quran ini mempunyai tinggi 15 meter, dengan 315 potongan papan tembesu berukuran 177 kali 140 sentimeter. Saat ini tersimpan rapi di bait Al-Quran al-Akbar. Selain memiliki 630 halaman, Al-Quran ini juga dilengkapi dengan tajwid dan doa khatam bagi pemula. Al-Quran ini dibuat pada 2002 dan selesai 2009 oleh warga Sumatra Selatan.
Sumber foto : iqna.ir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×