kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Jersey sepakbola termahal di dunia


Rabu, 12 Oktober 2016 / 12:00 WIB
3 Jersey sepakbola termahal di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Sebagai penggemar sepakbola, berburu seragam teranyar dari tim kesayangan saat bertempur di lapangan hijau sangat mengasyikan dan membanggakan. Selera tiap orang tentu saja bisa berbeda. Tetapi pada intinya adalah mengoleksi jersey dengan nilai historis apalagi saat memenangkan trofi bergengsi memiliki nilai tertentu buat penggunanya. Apalagi kalau  jersey tersebut sebelumnya dipakai oleh seorang pemain legendaris. Berikut ada 3 jersey termahal di dunia yang pernah dipakai oleh 3 legendaris sepak bola dunia versi Kontan.


 
Nama : Geoff Hurst
Tim Nasional : Inggris, 1966
Tanggal Lahir : 08 Desember 1941
Tempat Lahir : Ashton-under-Lyne, Britania Raya
Klub Terakhir : Seattle Sounders
Posisi Pemain : Penyerang
Harga Kostum : £ 91.800 (Bila kurs £ 1 = Rp 16.100, maka nilainya setara dengan Rp 1,478 miliar)
Keterangan : - Hurst memulai karier juniornya di klub West Ham United, kemudian memulai karier seniornya di klub tersebut, kemudian bergabung dengan Stoke City pada tahun 1972. Selama bersama Stoke City, Hurst sempat dipinjamkan ke Cape Town City. Dia pernah juga membela klub West Bromwich Albion, Cork Celtic, dan Seattle Sounders.
    - Piala Dunia 1966 merupakan momen yang membahagiakan bagi timnas dan warga Inggris. Pada turnamen tersebut, The Three Lions keluar sebagai juara dengan mengalahkan Jerman 4-2. Salah satu gol dari hattrick yang dipersembahkan oleh Geoff Hurst memang menuai kritik karena diperkirakan tidak melewati garis gawang, akan tetapi teknologi yang digunakan oleh dunia sepak bola eropa akhirnya membuktikan kalau gol Geoff tersebut sah adanya.
    - Kostum Geoff Hurst yang dipakai saat memenangkan pertandingan Piala Dunia 1966 tersebut beberapa puluh tahun kemudian dilelang, dan terjual dengan harga 91.800 pounds. 
Sumber Foto : geoffhurst.com

Nama : Gordon Banks
Tim Nasional : Inggris, 1966
Tanggal Lahir : 30 Desember 1937
Tempat Lahir : Sheffield, Inggris
Klub Terakhir : Fort Lauderdale Strikers
Posisi Pemain : Penjaga Gawang
Harga Kostum : £ 124.800  (Bila kurs £ 1 = Rp 16.100, maka nilainya setara dengan Rp 2,01 miliar)
Keterangan : - Gordon Banks adalah penjaga gawang legendaris Inggris yang membawa tim ini menjuarai Piala Dunia 1966. Ia dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dunia abad ke-20 oleh IFFHS, di bawah Lev Yashin. Banks juga enam kali berturut-turut meraih gelar tahunan FIFA Goalkeeper of the  year pada periode 1966-1971. 
    - Banks menjadi pilihan pertama manajer Inggris Sir Alf Ramsey saat Three Lions menjuarai Piala Dunia 1966. Namun, ia baru menjadi legenda di dunia sepakbola lewat tindakan yang dilakukannya empat tahun kemudian di Piala Dunia Meksiko.
    - Salah satu penyelematannya dan yang akan selalu diingat oleh siapa pun adalah ketika Inggris bertanding melawan Brazil yang saat itu diperkuat oleh Pele. Saat Pele menanduk bola ke tiang jauh gawang Inggris sambil berteriak Goool! Dan saat semua orang berhitung bahwa 99% bola itu masuk, Banks justru berhasil menyentuh bola tersebut dengan sebagian ibu jarinya hingga mental. Pele pun mengatakan kalau itu adalah penyelamatan gol terhebat yang pernah ia saksikan.
Sumber Foto : gordonbanks.org

Nama : Edison Arantes do Nascimento (Pele)
Tim Nasional : Brasil, 1970
Tanggal Lahir : 23 Oktober 1940
Tempat Lahir : Três Corações, Brasil
Klub Terakhir : New York Cosmos
Posisi Pemain : Penyerang
Harga Kostum : £ 157.800 (Bila kurs £ 1 = Rp 16.100, maka nilainya setara dengan Rp 2,541 miliar)
Keterangan : - Pele adalah legenda Brazil bahkan disebut-sebut sebagai pemain bola terbaik  sepanjang masa, mengingat prestasi yang pernah dicapainya dalam bermain bola. Sepanjang karirnya, Pele mencetak lebih dari 1.000 gol, sehingga menjadi penyerang mematikan dan paling ditakuti musuhnya. 
    - Sepanjang karirnya, Pemain yang dijuluki O Rey atau Sang Raja ini sudah mempersembahkan 10 trofi Campeonato Paulista, 4 trofi Torneio Rio-Sao Paulo, 5 trofi Taca Brazil, 1 trofi Recopa Int dan trofi Torneio Roberto Gomes Pedrosa. Santos kemudian berpartisipasi dalam Copa Libertadores, turnamen paling bergengsi di Amerika Selatan, dimana Pelé berhasil membawa Santos meraih trofi tersebut 2 kali pada tahun 1962 dan 1963 dan menjadi Top Skorer turnamen pada 1965.
    - Pada Piala Dunia tahun 1970, Pele berhasil membawa Brazil menjadi juara. Kostum timnas Brazil  berwarna kuning yang dikenakan Pele pada Piala Dunia 1970 inilah kemudian yang menghebohkan dunia, karena laku dijual senilai 157.800 Pounds atau Rp 2,54 miliar pada acara lelang yang diselenggarakan balai Lelang Christie
Sumber Foto : sportingnews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×